Rumahweb Blog
opengraph - Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Domain

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Domain

Bagi pemilik bisnis baru, membeli domain website bisa jadi salah satu tahap yang menyenangkan. Namun, membeli domain tak hanya sekedar perkara memilih nama yang sempurna. Sebelum mantap membeli domain, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Harus diketahui bahwa tidak semua registrar (perusahaan yang menjual domain) itu sama. Beberapa ada yang memakai taktik untuk menyembunyikan biaya-biaya tambahan atau menjual informasi Anda untuk meraup untung, yang tentunya akan berdampak pada keberlangsungan bisnis Anda. Dengan lima tips di bawah ini, sekarang Anda tahu apa yang perlu diwaspadai sebelum memutuskan membeli domain.

1. Jeli terhadap biaya-biaya tersembunyi

Sama halnya ketika membeli barang lainnya, harga sudah pasti jadi pertimbangan utama. Mudah sekali untuk tergoda oleh domain yang dibanderol dengan harga miring. Tapi jangan lengah: beberapa registrar menawarkan harga promo yang kelewat murah, tapi menyembunyikan berbagai biaya tambahan di kontrak, untuk kemudian memberikan tagihan yang jauh lebih mahal ketika melakukan perpanjangan. Secara umum, ada beberapa trik yang biasa dipakai registrar untuk meraup keuntungan secara maksimal dari pelanggan:

  • Menambahkan biaya-biaya tak kasat mata. Banyak penjual domain website yang sadar bahwa kebanyakan orang malas membaca informasi secara utuh. Sebelum Anda membeli domain, baca dan review kembali bagian “Terms of Service,” dan coba cari tahu istilah-istilah yang membuat Anda bingung, serta pahami betul apa saja kewajiban dan biaya yang nantinya dibebankan pada Anda. Pastikan bahwa Anda hanya membeli yang benar-benar Anda butuhkan dan inginkan.
  • Membuat Anda membayar untuk mengedit WHOIS atau listing RDAP. Perincian dari setiap registrasi domain harus ditampilkan di direktori publik WHOIS dan RDAP. Registrar sudah seharusnya membuat Anda bisa mengubah detail yang ditampilkan ini tanpa adanya tambahan biaya. Waspada akan registrar yang membebankan “administration fee” ketika Anda hendak mengedit informasi di WHOIS dan RDAP.
  • Add-ons dan extras. Beberapa registrar ada yang mencoba menjual kepada Anda sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Contohnya, mereka kemungkinan akan menyarankan Anda membeli tambahan ekstensi domain yang kemungkinan besar akan mubazir (seperti .info atau .co). Atau, mungkin mereka akan menawarkan paket-paket yang disertai dengan berbagai servis yang justru nantinya tidak akan Anda pakai atau memanfaatkan. Di Rumahweb Indonesia, dengan berlangganan domain hosting paket Medium atau Large, Anda sudah mendapatkan domain Unlimited yang Anda bisa atur dan manfaatkan sesuai kebutuhan.

Menambahkan biaya transfer domain. Memindahkan domain Anda ke registrar lain adalah kemungkinan yang bisa saja Anda lakukan di kemudian hari. Pastikan bahwa di bagian “Terms of Service” mereka tidak memiliki biaya “transfer-out” jika sewaktu-waktu Anda berniat untuk memindahkan domain ke registrar lain. Penambahan biaya ini selain merugikan pelanggan, juga sebenarnya melanggar regulasi yang telah ditetapkan ICANN (lembaga non-profit yang bertugas meninjau penggunaan domain internet di seluruh dunia). Disamping biayanya yang biasanya mahal, beberapa registrar juga membuat proses pemindahan ini rumit dan susah dilakukan. Sebaiknya, tinjau juga seberapa mudah proses transfer domain bisa dilakukan sebelum memutuskan membeli domain di registrar pilihan.

2. Prioritaskan keamanan privasi

Dikarenakan detail sebuah domain merupakan informasi yang bisa diakses oleh publik melalui WHOIS dan RDAP direktori, banyak pemilik bisnis yang memilih untuk tidak menampilkan informasi personal mereka. Data yang tidak dilindungi rentan dimanfaatkan oleh spammers dan penipu. Carilah registrar domain yang menawarkan jasa perlindungan privasi gratis. Waspadalah terhadap registrar yang membebankan biaya “privacy service” dengan kedok layanan premium.

3. Pastikan data aman

Tak hanya gagal melindungi data personal Anda dari akses publik, beberapa registrar bahkan ada yang menjual data-data pribadi pelanggannya ke pihak ketiga, yang biasanya merupakan organisasi marketing. Bahkan sempat ditemukan kasus dimana registrar mengeruk database WHOIS dan mengirimkan invoice palsu perpanjangan domain. Pastikan Anda memilih registrar yang telah berkomitmen dan sudah punya reputasi tidak pernah menyalahgunakan data-data pelanggan untuk kepentingan marketing.

4. Fokus pada transparansi

Tak hanya soal biaya-biaya, transparansi juga harus tercermin dalam pelayanan dan akses informasi umum. Contohnya, pelanggan sudah seharusnya bisa dengan mudah menemukan biaya perpanjangan langganan, dan panduan langkah per langkah proses pemindahan domain atau pembatalan registrasi domain. Ada registrar yang menawarkan harga registrasi yang murah saat transaksi di awal, hanya untuk kemudian memberikan biaya selangit untuk memperpanjang sewa domain di tahun-tahun berikutnya. Ada pula registrar yang mempersulit calon pelanggan untuk membatalkan pemesanan mereka. Pilihlah registrar yang menampilkan harga dan “Terms of Service” yang apa adanya di muka untuk menghindari “kejutan” di kemudian hari.

5. Bedakan “support” dengan “sales”

Tidak semua registrar memiliki staf support. Alih-alih, mereka menggunakan staf sales yang seolah-olah menawarkan customer support, padahal sebenarnya menggiring Anda untuk memilih add-on service yang mungkin sebenarnya tidak Anda butuhkan. Rajin-rajinlah membaca ulasan tentang support team registrar yang hendak Anda pilih, atau bisa dengan cara menelpon support line mereka sebelum memutuskan untuk membeli. Carilah registrar yang menawarkan pelayanan yang jujur dan profesional, bukan yang menyikapi pelanggannya semata-mata hanya sebagai dompet berjalan yang bisa dirogoh sedalam-dalamnya.

Bagi yang baru merintis bisnis dan hendak menjamah dunia online, membeli domain merupakan proses yang menyenangkan sekaligus penuh tantangan. Namun, bila didahului dengan riset yang penuh kehati-hatian sebelum memilih registrar domain, Anda bisa menghindari trik-trik curang yang kerap menjebak, dan memastikan bahwa bisnis dan domain Anda berada di tangan yang terpercaya.

Di Rumahweb Indonesia, keamanan, privasi dan transparansi selalu menjadi prioritas kami. Saat memilih Rumahweb Indonesia, Anda akan memperoleh servis dan bantuan gratis dari tim teknis, perlindungan data pribadi, dan tanpa adanya biaya-biaya tersembunyi. Silakan mampir ke website Rumahweb Indonesia untuk cari tahu berbagai pilihan domain murah yang kami tawarkan. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Catra Wardhana

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb