Rumahweb Blog
Pentingnya Kesadaran Hak Atas Kekayaan Intelektual Untuk Menunjang Keberlanjutan Bisnis Online

Pentingnya Kesadaran HAKI Untuk Bisnis Online

Sebelum era gadget, internet cafe (warnet) dan game center pernah menjadi bisnis yang sangat berkembang dan menjamur di seluruh penjuru tanah air. Di setiap sudut kota-kota bisa dijumpai warnet atau game center dengan jumlah pengunjung yang tidak pernah sepi selama 24 jam. Popularitas warnet dan game center mulai menurun ketika bisnis ini tersandung masalah yang sangat vital : legalitas perangkat lunak yang dipergunakan.

Banyak warnet-warnet kecil yang terpaksa gulung tikar karena terbukti mempergunakan perangkat lunak ilegal, yang merupakan pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Insiden semacam ini tentu tidak perlu terjadi, apabila pelaku bisnis sadar akan pentingnya menggunakan perangkat lunak yang legal dan resmi.

Belajar dari kasus bisnis warnet, sebagai pelaku bisnis online, Anda juga harus sadar pentingnya menggunakan perangkat lunak yang legal dan resmi untuk menunjang keberlangsungan bisnis Anda di masa mendatang. Apa saja yang harus Anda lakukan, untuk memastikan bisnis Anda tidak terjerat masalah Pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual? Artikel kali ini Rumahweb ingin membahas secara singkat tentang pentingnya kesadaran akan Hak Atas Kekayaan Intelektual, hubungannya secara langsung dengan keberlanjutan bisnis online Anda.

1. Penggunaan Sistem Operasi Legal

Perangkat komputer merupakan peralatan utama untuk membangun bisnis online. Pastikan Anda mempergunakan sistem operasi yang legal di dalam perangkat komputer yang Anda pakai untuk membangun bisnis online.

Sebagai pengguna rumahan, kecil kemungkinan pihak berwajib akan datang ke rumah Anda dan melakukan razia. Walaupun demikian, penggunaan sistem operasi yang legal dan resmi tetap memiliki banyak keuntungan, baik dari aspek legalitas maupun teknis. Salah satu keuntungan utama yang akan Anda dapatkan adalah dukungan update yang teratur yang akan meningkatkan aspek keamanan.

Apabila Anda benar-benar memiliki dana yang terbatas untuk membeli lisensi sistem operasi berbayar seperti Microsoft Windows, Anda bisa mempergunakan sistem operasi terbuka yang legal dan free seperti Ubuntu GNU / Linux.

2. Penggunaan Perangkat Lunak Pendukung Yang Legal

Setelah sistem operasi, Anda masih memerlukan perangkat lunak pendukung di perangkat komputer Anda. Sebagai contoh, Anda masih membutuhkan perangkat lunak pengolah gambar untuk mendesain gambar-gambar yang akan Anda unggah di website.

Saat ini ada banyak pilihan perangkat lunak terbuka dan free yang bisa Anda manfaatkan untuk mengolah gambar. Anda bisa mempergunakan GIMP sebagai pengolah bitmap dan Inkscape untuk menggambar vector. Tentu saja, apabila memiliki dana yang cukup, Anda bisa membeli lisensi perangkat lunak pengolah gambar berbayar seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw.

3. Penggunaan Template dan Plugin Yang Legal

Di artikel sebelumnya, kami pernah membahas bahaya penggunaan template atau plugin nulled untuk mendesain website. Selain potensi keamanan, aspek legalitas juga sangat vital untuk branding website Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, penggunaan template dan plugin yang legal merupakan keharusan, apabila Anda ingin website toko online berkesinambungan dalam jangka waktu yang panjang.

4. Penggunaan Konten Gambar Yang Legal

Di internet Anda bisa mencari dan menemukan konten gambar dalam jumlah yang melimpah. Tapi Anda harus tahu, bahwa sebagian konten-konten itu memiliki copyright atau hak cipta dari pembuatnya. Mengambil konten gambar dari internet secara serampangan dari internet, lalu menggunakannya di website Anda adalah tindakan yang keliru.

Pastikan konten gambar yang Anda ambil dari internet merupakan konten yang didistribusikan dengan lisensi bebas dan tidak memiliki copyright. Kalau ragu, membuat sendiri gambar yang akan dipakai di website merupakan pilihan yang paling tepat. Kurang berbakat dalam desain gambar? Pergunakan jasa desain profesional.

5. Orisinalitas Artikel

Plagiarisme artikel merupakan tindakan yang wajib Anda hindari tanpa kompromi. Sekali Anda terdeteksi melakukan plagiarisme artikel, maka website Anda akan dibuang dari index pencarian mesin pencari Google. Gunakan jasa penulis artikel profesional apabila Anda kurang berbakat dalam menulis.

Demikian artikel kami tentang Pentingnya Kesadaran Hak Atas Kekayaan Intelektual Untuk Menunjang Keberlanjutan Bisnis Online. Semoga artikel ini memberikan Anda wawasan baru supaya bisnis online Anda semakin berkembang dan maju. Salam sukses dari Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi