Rumahweb Blog
banner blog Bahaya Menggunakan Plugin atau Theme Nulled

Bahaya Plugin atau Theme Nulled Untuk Website Anda

Penggunaan plugin atau theme nulled sangatlah berbahaya. Nulled adalah istilah yang sering digunakan pada plugin atau theme yang sebenarnya berbayar, namun Anda mendapatkannya secara gratis dengan mendownload dari sumber tidak resmi. Hal ini sangatlah tidak direkomendasikan oleh Rumahweb karena dapat menimbulkan dampak negatif yang besar. Adapun dampak atau bahaya ketika Anda menggunakan plugin atau theme nulled ini antara lain:

    1. Plugin atau Theme Nulled Sering Disertai Malware

      Sering ditemui malware atau virus yang diselipkan di versi nulled ini. Malware ini akan membuat tampilan website Anda berantakan sewaktu-waktu dan mengambil data-data penting dari website Anda. Konsekuensi yang paling berat adalah dihapusnya website Anda dari halaman pencarian Google karena adanya virus ini.

    2. Pengaruh ke SEO

      Penggunaan plugin atau theme nulled bisa mempengaruhi SEO pada website Anda. Ketika pada versi nulled ini didapati link-link yang tidak jelas, hal ini akan membuat website Anda tidak bersaing di search engine. Biasanya link seperti ini menjadi benalu di website Anda, yang akan memberikan lalu lintas atau mengirimkan data penting sesuai yang dikehendaki hacker.

    3. Bahaya Spam

      Spam merupakan salah satu dampak berikutnya bila website Anda terserang malware.  Spam disini biasa terjadi dengan cara mengirim email sebanyak-banyaknya ke orang yang tidak Anda kenal. Efek dari spam ini mungkin saja Anda akan mendapatkan peringatan dari pihak hosting karena menimbulkan load yang berasal dari hosting Anda.Dampak lain, melalui email spam penyebar malware menggunakan nama Anda untuk melakukan tindak penipuan yang mengatasnamakan diri Anda. Hal ini sungguhlah sangat merugikan bukan ?

    4. Tidak Up to Date Dan Tidak Mendapatkan Fitur terbaru

      Dengan menggunakan versi nulled ini, pastinya Anda tidak bisa mendapatkan fitur atau update yang terbaru dari plugin atau theme tersebut. Sehingga bilamana terjadi kerusakan pada website Anda, solusinya ganti theme atau plugin yang lain yang lebih aman.Padahal fitur-fitur baru dari tema atau plugin bisa meningkatkan performa website secara signifikan. Sekali lagi, kerugian ada pada pengguna plugin dan tema bajakan.

    5. Tidak Mendapatkan Support

      Ketika Anda memilih untuk menggunakan versi nulled, ini artinya Anda sudah siap untuk menerima segala konsekuensi tadi, dan pastinya Anda tidak mendapatkan support dari developernya.Support ini sangat membantu para pengguna khususnya pengguna baru, supaya bisa memaksimalkan fitur atau tampilan dari plugin atau theme yang digunakan. Karena seringkali para pengguna lama pun masih perlu mendapatkan support dari developer aslinya.

    6. Tidak Menghargai Developer

      Dengan menggunakan plugin atau theme versi nulled, ini sama artinya dengan Anda tidak menghargai pembuatnya. Seorang developer telah mengorbankan waktu, pikiran, tenaganya untuk menghasilkan theme atau plugin yang bagus, namun usahanya tersebut tidak dihargai.Menggunakan versi nulled sama artinya Anda telah mencuri dari pembuat scriptnya.

Dari pada menggunakan plugin atau theme nulled, alangkah baiknya Anda menggunakan versi gratis yang sudah dipercaya.

Untuk pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan versi gratis dengan mendownloadnya di http://wordpress.org/themes. Apabila Anda memiliki dana lebih, silakan menggunakan versi yang berbayar supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikan Komentar

RumahWeb