Rumahweb Blog
banner blog - panduan awam untuk customer targeting

Panduan Awam Untuk Customer Targeting

Pemasaran yang paling efektif adalah pemasaran yang mampu menjangkau langsung audience atau calon pelanggan yang tepat, yang membutuhkan produk yang Anda jual. Dalam bahasa marketing, pemasaran tersebut dikenal dengan istilah Customer Targeting. Pertanyaannya, mungkinkah hal itu bisa tercapai?

Meskipun tidak ada rumus yang 100 persen menjamin keberhasilan sebuah proses pemasaran, ada formula-formula atau tips yang memiliki peluang tinggi untuk mencapai customer targeting secara optimal. Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia ingin berbagi tips tentang Panduan Awam Untuk Customer Targeting.

1. Identifikasi Customer

Ketika Anda ingin memasarkan sebuah produk, langkah pertama yang paling logis untuk Anda lakukan adalah mengidentifikasi calon customer. Identifikasi customer yang keliru akan menyebabkan produk Anda kurang atau bahkan tidak laku. Contoh : Adalah keliru, jika Anda memasarkan produk kecantikan kepada audience berjenis kelamin laki-laki.

2. Riset Keyword Populer

Pemasaran online adalah media primer yang menjadi tumpuan para penjual di era teknologi informasi. Untuk bisa masuk dalam jaring samudera mesin pencari, Anda harus melakukan riset keyword populer yang terkait dengan produk Anda.

Pengetahuan akan keyword populer sangat bermanfaat, khususnya untuk SEO dan meningkatkan kemungkinan produk Anda ditemukan oleh customer yang tepat.

3. Komunikasi Dua Arah

Buatlah akun media sosial sebanyak mungkin, dan lakukan komunikasi dua arah yang efektif dengan customer. Komunikasi dua arah yang efektif akan meningkatkan kepercayaan dari calon customer untuk membeli dan menjadi loyal dengan produk Anda.

4. Iklan Yang Spesifik

Bagi kebanyakan customer, bagian pertama yang ingin mereka ketahui dari sebuah produk adalah harga. Buatlah iklan yang spesifik mengenai produk Anda, mulai dari spesifikasi teknis hingga harga, layanan pelanggan, dan seterusnya.

Informasi yang tidak spesifik akan membuat calon pelanggan tidak berminat membeli produk Anda.

5. Menggunakan Jasa Influencer

Influencer adalah fenomena baru dalam dunia pemasaran di era teknologi informasi. Para selebriti media sosial menjadi sosok sentral yang menjadi pusat perhatian, dan akhirnya bisa dimanfaatkan untuk membantu mempromosikan produk Anda melalui skema endorse.

Kesimpulan

Customer targeting adalah tentang usaha-usaha yang layak untuk dicoba supaya pemasaran yang Anda lakukan tepat mengenai sasaran dan menghasilkan output yang optimal. Tentu saja ada effort yang harus Anda lakukan, untuk mencapai hasil itu. Apabila dilakukan dengan konsisten dan optimis, pemasaran yang efektif akan mampu tercapai.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi