Rumahweb Blog
og - Optimasi Website Menjelang Liburan Panjang

Optimasi Website Menjelang Liburan Panjang

Akhir tahun menjadi momen yang paling menyita banyak waktu dan kegiatan oleh kebanyakan orang. Seiring dengan libur panjang yang terjadi di kebanyakan negara dan termasuk di Indonesia, kebanyakan orang disibukkan dengan banyak agenda di akhir tahun. Tak terkecuali dengan para pelaku bisnis online yang menggunakan masa liburan ini untuk meraih untung berlipat.

Tips Optimasi Website

Di penghujung tahun seperti ini adalah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Bila Anda pelaku bisnis online, pasti Anda tidak ingin melewatkan momen ini begitu saja. Lalu bagaimana tips optimasi website untuk mewujudkan keuntungan yang berlipat tersebut? Berikut ini jurus untuk meningkatkan SEO website Anda di musim liburan.

  1. Membuat Halaman Sitemap

Agar halaman di website Anda dapat muncul di penelusuran Google, crawler mesin telusur harus mengidentifikasinya terlebih dahulu. Anda dapat mempercepat proses ini dengan mengirimkan sitemap website Anda melalui Google Search Console. Cara ini adalah langkah sederhana untuk memastikan Google memiliki semua halaman web Anda di dalam indeksnya, termasuk halaman baru yang telah Anda tambahkan ke website selama musim liburan.

  1. Optimalkan Title Tag di Halaman Website

Jika Anda sudah paham dasar-dasar SEO atau sering mengamalkan artikel kami sebelumnya tentang optimasi SEO dalam 10 menit , Anda mungkin sudah melakukan ini di setiap halaman yang ada. Selanjutnya lakukan juga tag judul ini ke setiap halaman yang Anda buat khusus untuk produk dan promosi selama musim liburan.

Sebelum itu, lakukan riset untuk memilih keyword terbaik, yang berkaitan dengan liburan sebagai langkah optimasi website. Anda bisa menggunakan Rumahweb ranking coach untuk melakukan riset tersebut. Kemudian tambahkan ke title tag pada halaman website Anda.

Pertimbangkan juga untuk membuat halaman khusus edisi liburan, agar mudah ditemukan oleh pengunjung. Misalnya, buatlah halaman khusus diskon saat liburan, atau halaman cashback jika belanja di saat liburan, dan sebagainya.

  1. Optimalkan Semua Gambar Edisi Liburan

Setiap gambar yang Anda tambahkan ke website adalah peluang bagi SEO. Biasanya, demi mempercantik edisi di musim liburan, Anda akan menambahkan banyak gambar untuk menciptakan tampilan website yang menarik bagi pengunjung.  Optimalkan setiap gambar baru yang Anda tambahkan ke website dengan cara :

  • Kostumisasi nama file untuk memasukkan keyword tentang liburan
  • Isi tag alt gambar Anda dengan keyword target yang Anda miliki
  • Tambahkan gambar ke sitemap yang Anda kirimkan pada langkah 1
  • Pilih rasio quality-to-size yang tepat untuk memastikan gambar Anda terlihat bagus, tetapi tidak memperlambat waktu pemuatan website.
  1. Mensponsori Acara Amal

Ini adalah salah satu tips yang memberi peluang bagi Anda melakukan sesuatu yang baik selama musim liburan, menampilkan sisi goodwill dengan pelanggan Anda, yang pada akhirnya akan berdampak baik bagi SEO.

Carilah informasi beberapa acara amal, dan jadilah salah satu sponsornya. Jika memungkinkan, cobalah mencari acara yang sejalan dengan brand Anda atau target pengunjung. Misalkan Anda menjual produk-produk hewan peliharaan, maka carilah acara yang berhubungan dengan hewan seperti donasi tempat penampungan hewan liar, dsb. Dengan begini, orang-orang yang ada di sekitar acara tersebut menjadi target audiens yang Anda butuhkan bagi website Anda.

  1. Tambahkan Beberapa Topik Musiman ke Dalam Konten Anda

Jika toko Anda membawa nama kota tertentu, Anda bisa menyoroti  event-event liburan, tempat wisata di daerah tersebut. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan variasi keyword yang Anda gunakan untuk website Anda.

  1. Buat Kategori Blog Liburan yang Relevan

Jika Anda membuat konten liburan yang cukup banyak, Anda dapat menampilkannya dalam penelusuran dengan membuat kategori atau tag yang relevan di blog menggunakan kata kunci utama. Cara ini memberi sinyal ke Google bahwa blog Anda menyertakan banyak konten di keyword.

  1. Promosikan Lagi Konten Liburan Tahun Lalu

Jika ini bukan tahun pertama melakukan pemasaran konten, maka Anda bisa gunakan konten lama untuk liburan kali ini. Caranya yaitu dengan membagikannya di jejaring sosial, atau kirimkan ke daftar email, atau promosikan dengan layanan iklan berbayar.

  1. Tambahkan Link di Konten Liburan Baru ke Konten Liburan Sebelumnya

Konten liburan lama Anda lebih banyak memiliki otoritas daripada konten yang baru. Anda bisa membuat tautan, lalu lintas, dan peringkat kata kunci dengannya.

Pilih konten yang paling populer dan memiliki backlink terbanyak dari website lain. Kemudian cari peluang alami untuk menambahkan link ke konten liburan baru Anda.

  1. Upgrade Web Hosting Anda untuk Lalu Lintas di hari libur

Jika Anda mengharapkan peningkatan lalu lintas selama musim liburan, maka Anda memerlukan paket web hosting yang cukup kuat untuk mendukung lonjakan lalu lintas saat liburan. Untuk kebutuhan ini, Anda bisa menggunakan VPS Rumahweb.

  1. Cari dan Perbaiki Tautan yang Rusak

Dengan alat pemindai broken link gratis seperti Broken Link Check, Anda dapat mengidentifikasi semua tautan yang rusak di website Anda dalam hitungan detik. Hapus dan ganti semua tautan rusak, demi meningkatkan kenyamanan pengunjung saat menjelajah website Anda.

Demikian  artikel Rumahweb tentang optimasi website menjelang liburan panjang. Semoga dengan mengikuti tips-tips meraih untung di musim liburan ini, akan membuat penjualan Anda meningkat pesat.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi