Rumahweb Blog

Optimasi SEO Dalam Sepuluh Menit

SEO atau search engine optimization bukanlah sesuatu yang sulit namun perlu usaha untuk mengoptimalkannya. Anda hanya perlu meluangkan waktu 10 menit dalam sehari untuk melakukan tips berikut secara rutin. Lakukan dan bersiaplah mendapatkan hasil yang menggembirakan pada web Anda.

Update Konten Blog Anda

Hanya karena Anda telah menerbitkan sebuah postingan setahun yang lalu bukan berarti Anda selesai sampai di situ. Anda telah mempelajari hal-hal baru semenjak itu, atau ada perkembangan baru di bidang yang Anda tekuni sehingga Anda harus membuat bagian konten itu lebih bermanfaat lagi.

Luangkan sedikit waktu untuk membaca konten lama Anda dan lihat mana yang dapat Anda kembangkan atau tambahkan informasi baru yang lebih bermanfaat bagi pembaca.

Promosikan Konten Anda di Media Sosial

Menurut faktor peringkat Google yang terbaru, media sosial tidak memiliki pengaruh besar terhadap rangking Anda. Namun bukan berarti tidak berguna sama sekali.

Media sosial membantu mengirim lalu lintas ke situs Anda. Plus, memiliki counter share sosial yang tinggi yang akan memberi postingan dan otoritas situs Anda lebih banyak di mata pengunjung. Jika postingan Anda memiliki ratusan tautan di media sosial, pembaca akan lebih cenderung mempercayai apa yang Anda tulis. Akibatnya, mereka cenderung membagikannya di akun media sosialnya, keluarga, ataupun teman, sehingga memperkuat jangkauan Anda.

Jadi, luangkan sedikit waktu setiap hari untuk berbagi konten Anda dan terlibat di media sosial.

Perbaiki URL, Judul, dan Meta

Memiliki struktur URL yang membingungkan tidak baik untuk SEO. Cobalah untuk menyederhanakan URL yang ada sehingga lebih relevan dengan topik dan sertakan kata kunci.

Di topik postingan, Anda juga harus perbaiki judul dan deskripsi meta Anda. Dengan membuat judul Anda lebih mudah diklik dan deskripsi meta Anda lebih menarik, akan meningkatkan rasio klik-tayang dari hasil penelusuran.

Periksa Setiap Broken Link

Periksa tautan internal ataupun eksternal situs Anda apabila ada yang rusak karena hal ini sangatlah penting bagi SEO.

Jika situs Anda menggunakan WordPress, Anda bisa memasang plugin seperti Broken Link Checker yang akan memeriksa broken link di situs Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat memasang ekstensi Chrome yang juga disebut Broken Link Checker, yang akan memeriksa halaman dengan broken link.

Penting juga untuk menambahkan tautan internal yang relevan didalam postingan di situs Anda. Apabila artikel di postingan tersebut berhubungan dengan artikel yang pernah Anda tulis, silakan dihubungkan. Hal ini akan menambah pageview .

Luangkan Waktu Menganalisis Pesaing Anda

Dengan layanan seperti Buzzsumo dan SEMRush, Anda cukup mengetikkan URL pesaing Anda dan melihat konten mana yang paling populer dan kata kunci mana yang paling banyak menghasilkan lalu lintas.

Buzzsumo memiliki fitur bagus yang akan menunjukkan orang-orang yang berbagi konten tertentu. SEMRush juga akan memberi Anda data backlink dari artikel pesaing sehingga Anda bisa menjangkau orang-orang yang sama saat mempromosikan konten serupa.

Meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk meneliti pesaing Anda akan memberi ide dan peluang baru untuk mempromosikan konten Anda.

Terlibat dengan Blog dan Situs Besar di Niche Anda

Mengomentari blog bukanlah cara terbaik untuk menambah backlink ke situs Anda. Beberapa blog memang memiliki bagian komentar yang memungkinkan Anda memposting nama dan link, namun tujuan utama berkomentar bukanlah menambah backlink ke situs Anda. Menulis komentar jika dilakukan dengan cara yang benar, bisa membantu membuka peluang meningkatnya lalu lintas yang masuk di situs Anda.

Mudah-mudahan tips di atas membantu Anda meningkatkan peringkat di mesin pencari dalam jangka panjang. Ingat, SEO adalah permainan jangka panjang yang dipengaruhi oleh perubahan-perubahan kecil yang Anda lakukan setiap hari.

Berikan Komentar

RumahWeb