Rumahweb Blog
Nama Server-server Rumahweb

Nama Server-server Rumahweb

Tokoh Yunani
diambil dari Google Image Search

Nama adalah sebuah harapan

Setidaknya kami membeo untuk mengamininya. Tapi kali ini bukan nama untuk anak yang baru lahir, tapi nama untuk server.

Entah bagaimana ceritanya, meskipun sebagian besar dari kami berasal dari suku Jawa, kami menganggap bahwa nama khas Jawa kurang keren untuk menamai sebuah server. Dengan pertimbangan jaim dan sok-sokan, kami menganggap bahwa nama-nama tokoh Yunani itu keren sehingga server-server kami dulu dinamai dengan nama tokoh-tokoh cerita Yunani (bukan Yu Nani – red).

Dari mulai hermes, aphrodite, zeus, athena, dan seterusnya. Sampai pada suatu saat kami merasa kehabisan koleksi nama tokoh baik dalam epic Yunani tersebut. Apesnya lagi ternyata belakangan baru tahu bahwa cerita tokoh Yunani itu selalu berimbang, punya sifat baik dan buruknya masing-masing.

Pernah suatu ketika kami ingin menamai server dengan ares.rumahweb.com dimana Ares adalah dewa perang. Mungkin maksudnya biar kelihatan gagah, kuat, dan handal. Tapi ternyata Ares itu pernah selingkuh dengan Aphrodite. Padahal salah satu server sebelumnya sudah diberi nama Aphrodite 🙁
Kami takut mereka nanti selingkuh lagi 🙁 Kalau cuma selingkuh dan nggak ketahuan sih masih oke. Tapi kalau sampai beranak-pinak di datacenter, bisa jadi kami dikenai biaya listrik dan rack tambahan dari anak-anak kedua server itu.

Akhirnya di kisaran tahun 2010 kami mulai memberi nama server dengan lokasi dan angka 😀
Kenapa kok pakai lokasi?
Lha saking banyaknya server, kami ini sampai lupa dimana lokasinya, apalagi kalau namanya tidak spesifik.
Kenapa kok pakai angka?
Singkatnya karena nama server tidak boleh sama, jadilah angka sebagai pembedanya. Juga terkandung sebuah doa bahwa semakin lama server kami akan semakin banyak dan angka tak mengenal batasan jumlah 🙂
Kenapa kok namanya nggak heroik lagi?
Karena nama server tidak perlu sangar, yang penting bagaimana kami mengoperasikannya.

Apalah artinya sebuah nama

adminisasi