Rumahweb Blog
Cara Merancang Website Untuk Bisnis Kecil

Merancang Website untuk UKM Agar Lebih Banyak Pengunjung

Sebagai pemilik bisnis kecil menengah yang menggunakan website dalam pemasaran, Anda harus pandai mengatur website anda. Mulai dari mengatur informasi produk, kontak hingga semua aspek yang perlu disampaikan kepada calon atau pelanggan anda. Karena itu, pada panduan ini kami akan berbagi cara merancang website untuk UKM agar terlihat lebih profesional.

Selain tampilan website harus responsive, anda juga perlu memperhatikan aspek-aspek lainnya. Seperti berat halaman atau load page, informasi produk, media sosial, target pelanggan hingga semua yang mendukung penjualan online UKM anda.

Berikut adalah beberapa poin yang dapat diimplementasikan pada rancangan website UKM anda, agar terlihat lebih menarik.

1. Tampilan Desain atau Template

Salah satu elemen penting yang efektif adalah desain yang dapat tampil dengan baik di semua jenis perangkat, terutama smartphone. Hal ini dikarenakan sebagian besar pengunjung kini menggunakan seluler sebagai perangkatnya.

Selain itu, Google telah meluncurkan mobile-first index yang akan memberi peringkat lebih tinggi kepada situs yang telah responsive. Jika dibandingkan situs yang tidak responsive, Google akan memberikan nilai lebih kepada situs yang telah mobile friendly.

2. Elemen Multimedia

Konon gambar bernilai lebih dari seribu kata. Pengguna smartphone cenderung lebih suka menelusuri gambar dan menonton video daripada membaca banyak teks di layar kecil.

Jika tampilan gambar diformat dengan benar, diberi tag, dan dioptimalkan penggunaannya, maka gambar dan video tersebut dapat membantu peringkat situs Anda lebih tinggi di hasil penelusuran. Dengan hal ini, semoga pengunjung betah berada di website anda dan semakin banyak user baru mengunjungi situs anda.

Gunakan favicon khusus (gambar kecil di bagian atas tab browser) yang tidak hanya memberikan pencitraan merek, tetapi juga berguna sebagai bookmark atau toolbar icon untuk memudahkan pelanggan Anda menemukan situs Anda.

Jika website UKM Anda menggunakan WordPress, Anda dapat mengunduh tools dan plugin WordPress untuk membantu melakukan pengoptimalan gambar, skema bookmark, pemasangan video HD, desain favicon, dan banyak lagi.

Bila Anda memutuskan untuk menggunakan website builder, alat tersebut dapat diakses di satu tempat dan siap digunakan.

3. Mudah ditemukan dan dilacak kinerjanya

Penggunaan gambar dan fitur yang mobile-friendly masihlah belum dirasa cukup untuk pengoptimalan desain situs Anda. Ada sejumlah praktik SEO yang harus diikuti, seperti menggunakan keywords yang tepat dan metadata lain untuk membantu pembeli lokal atau calon klien di seluruh negeri menemukan bisnis Anda dengan mudah.

Bagaimana Anda tahu seberapa baik SEO Anda bekerja? Di situlah tugas Google Analytics. Melacak kinerja posting, kampanye media sosial, hasil pencarian kata kunci, dan banyak lagi faktor yang sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari website UKM Anda.

Mudah ditemukan dan dilacak kinerjanya

Anda dapat melakukan tugas ini satu per satu, dengan menggunakan Google Analytics Academy untuk memandu langkah-langkah yang harus Anda ikuti. Anda juga dapat menemukan plugin WordPress untuk membantu Anda menggunakan SEO dan analitik, atau Anda dapat menggunakan website builder untuk menghemat waktu menyediakan semua alat tersebut.

4. Tools Media Sosial

Media sosial penting untuk menjangkau pelanggan baru, mempromosikan layanan dan produk untuk menghasilkan penjualan. Banyak pemilik usaha kecil mulai ambisius dan termotivasi, namun kemudian pada akhirnya kewalahan dengan penggunaan media sosial mereka karena banyak waktu untuk mengelola postingan, komentar, penawaran, dan penjualan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari media sosial, gunakan alat yang tepat. Jika Anda memiliki anggaran, Anda dapat menyewa admin media sosial untuk menangani postingan dan membalas komentar.

Pilihan yang lebih murah adalah menggunakan third-party tool seperti HootSuite atau Buffer untuk memposting konten Anda, sesuai waktu yang Anda tentukan. Ada juga plugin yang akan mengoptimalkan postingan website Anda agar ditampilkan dengan baik di berbagai platform media sosial.

Solusi paling sederhana adalah memilih website builder yang menyediakan semua alat yang Anda perlukan untuk menangani program media sosial Anda.

5. E-commerce

E-commerce meliputi toko online, sistem pelacakan inventaris, keranjang belanja, alat pembayaran populer seperti pembayaran melalui transfer bank maupun kartu kredit dan Paypal, dan cara promosi dengan kode kupon.

Anda dapat menambahkan elemen-elemen yang Anda perlukan satu per satu.  Anda juga dapat menggunakan rangkaian alat e-commerce yang disediakan oleh pengembang website Anda untuk membuat toko Anda lebih lengkap fiturnya.

Merancang website untuk UKM akan membutuhkan waktu, penelitian, dan eksperimen untuk menyiapkan semuanya sesuai keinginan Anda. Namun tentu saja Anda butuh dukungan layanan hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

RumahWeb