Rumahweb Blog
OpenGraph - Mengulas Keunggulan WordPress Sebagai CMS Terpopuler

Mengulas Keunggulan WordPress Sebagai CMS Terpopuler

Ada banyak cara untuk membangun sebuah website. Dulu, sekitar dekade 2000an, kebanyakan website dibangun secara manual menggunakan pemrograman HTML. Kemudian hadirlah aplikasi site builder seperti Adobe Dreamweaver, yang masih mempergunakan pemrograman HTML sebagai basisnya.

Perkembangan desain website mengalami lompatan cukup signifikan ketika lahir CMS (content management system), yang memudahkan orang-orang untuk membuat website yang lebih dinamis dan lengkap, tanpa harus memahami pemrograman secara mendetail.

Sekarang, ada banyak CMS yang lahir dan terus berkembang, dan menjadi alat yang mempermudah siapapun membangun website. Dari semua CMS yang ada, saat ini WordPress menjadi favorit dan menduduki posisi pertama dalam marketshare CMS di seluruh dunia. Berdasarkan statisik dari w3techs, per April 2019, penguasaan pasar WordPress mencapai 60, 4 %, disusul oleh Joomla di posisi kedua dengan presentase yang jauh di bawahnya, yaitu hanya sebesar 5,2 %.

Kenapa WordPress berkembang menjadi CMS yang paling banyak dipergunakan? Ada beberapa poin utama yang menjadikan WordPress menjadi pilihan banyak orang untuk mendesain website. Secara umum, berikut poin-poin utama keunggulan WordPress daripada CMS lainnya :

1. Kemudahan Instalasi

CMS WordPress cukup mudah untuk diinstalasikan, baik di localhost maupun di web hosting. Pada platform hosting cPanel, WordPress tersedia dalam database autoinstaller Softaculous, yang memudahkan orang untuk menginstalasinya. Platform Plesk Panel bahkan memiliki tool khusus yang diperuntukan untuk mempermudah instalasi dan manajemen CMS WordPress.

2. Kemudahan Upgrade

Dari semua CMS yang masih aktif saat ini, WordPress adalah yang paling mudah dalam proses upgrade. Anda bisa melakukannya secara otomatis dari halaman Administrator, maupun secara manual melalui control panel hosting. Tidak seperti CMS yang lain, proses upgrade WordPress benar-benar sederhana dan sangat minim resiko terjadinya kehilangan data atau terjadinya isu kompatibiltas dari satu versi ke versi lain yang lebih baru.

3. Kemudahan Migrasi

Migrasi data adalah proses yang lazim dalam desain website. Entah dalam konteks migrasi dari localhost ke web hosting, maupun migrasi dari satu provider hosting ke provider lain. Dalam hal ini, WordPress adalah CMS yang sangat user friendly dalam proses migrasi.

4. Dukungan Plugin dan Theme Yang Melimpah

Plugin adalah komponen yang sangat vital dalam memperkaya fungsionalitas website. Dengan plugin, Anda bisa membangun website yang sangat lengkap dan dinamis. Dipadu dengan theme yang sesuai, Anda bisa membangun sebuah website yang sempurna, sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini WordPress memiliki dukungan plugin dan theme yang melimpah, baik yang bersifar gratis, maupun yang premium (berbayar).

5. Dukungan Komunitas Yang Besar

Seiring dengan memuncaknya popularitas WordPress, lahir banyak sekali komunitas dan forum-forum yang secara khusus membahas dan mengupas CMS WordPress. Anda tidak akan merasa kesulitan ketika menghadapi masalah, karena ada banyak forum-forum online maupun blog tutorial, yang mengupas tuntas permasalahan-permasalahan yang umum terjadi dalam CMS WordPress.

Demikianlah ulasan mengenai Keunggulan-Keunggulan WordPress Sebagai CMS Terpopuler. Semua keunggulan WordPress tersebut memungkinkan Anda untuk membangun berbagai macam website mempergunakan CMS WordPress, baik yang sederhana seperti blog pribadi, maupun yang kompleks seperti website jual beli online.

Apabila saat ini Anda ingin memulai membuat website, WordPress adalah CMS yang tepat yang bisa Anda pergunakan. Rumahweb Indonesia menyediakan paket WordPress Hosting yang bisa memudahkan Anda membangun website dengan CMS WordPress. Tersedia juga paket trial yang bisa Anda order dari SINI.

 

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi