Rumahweb Blog
banner blog - Menggunakan Twitter untuk Promosi Bisnis Anda

Menggunakan Twitter untuk Promosi Bisnis

Twitter adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang masih terus bertambah setiap tahunnya. Dengan jumlah pengguna aktif harian tak kurang dari 166 juta pengguna pada tahun 2020, Anda dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan Twitter sebagai sarana promosi bisnis Anda.

Dalam menggunakan Twitter untuk mempromosikan bisnis, sangat penting untuk dapat tampil menonjol. Berikut tips menggunakan Twitter secara efektif untuk mempromosikan bisnis Anda:

1. Profil yang up-to-date dan menarik perhatian

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat profil perusahaan yang menarik. Pastikan Anda mengunggah gambar untuk foto profil dan header yang sesuai.

Jika Anda baru membuat akun twitter dengan nama perusahaan, namun username yang diinginkan tidak tersedia, Anda dapat menambahkan CTA (Call to Action) pada awal username. Contohnya seperti @klikBCA.

Selain itu, ganti Pinned Tweet secara rutin dengan informasi terbaru, promosi, diskon, dan sebagainya. Hal ini penting dilakukan, mengingat Pinned Tweet adalah post yang akan pertama kali dilihat ketika seseorang mengunjungi profil twitter bisnis Anda.

2. Optimasi Konten

Agar konten Anda bisa dilihat oleh sebanyak-banyaknya orang, perlu untuk dilakukannya optimalisasi pada tweet yang hendak diunggah.

Cara yang paling umum  digunakan agar tweet dilihat oleh lebih banyak orang adalah dengan menggunakan tanda pagar, atau hashtag. Tapi ingat, terlalu banyak menambahkan hashtag pada unggahan juga tidak baik secara estetika.

Cukup gunakan satu atau dua hashtag yang paling relevan dengan tweet. Terlalu banyak menggunakan hashtag juga akan membuat tweet Anda terlihat seperti spamCara lain yang bisa dilakukan, adalah dengan memerhatikan seberapa sering Anda harus berkicau . Kebanyakan perusahaan akan mengunggah setidaknya satu tweet per hari.

Cobalah untuk bereksperimen dengan waktu pengunggahan agar Anda tahu kapan waktu yang paling efektif  untuk mengunggah tweet agar lebih banyak dilihat oleh audiens. Misalnya, pada jam makan siang, atau sore hari, ketika kebanyakan orang sedang beristirahat dan membuka media sosialnya.

3. Berinteraksi dengan Audiens

Melibatkan audiens dalam unggahan Anda. Caranya dapat dengan aktif membalas mention, melakukan kuis atau aktivitas lainnya yang  memicu interaksi dengan  followers

Baca juga : Waktu Terbaik Untuk Posting di Media Sosial

4. Menganalisis Hasil

Dalam berpromosi, Anda harus memiliki patokan tujuan yang terperinci yang berfungsi sebagai pegangan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menilai apakah strategi promosi yang dilakukan sudah efektif atau belum.

Rajin-rajinlah mengakses  Twitter Analytics untuk mencari tahu perkembangan dari tweet yang selama ini telah Anda buat. Lihat berapa jumlah klik yang didapatkan dari link yang anda unggah, atau berapa banyak orang yang berinteraksi dengan tweet Anda. Hasil analisis tersebut akan membuat Anda memahami jenis konten yang disukai oleh audiens Anda.

5. Paid Promote

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan paid promote atau promosi berbayar melalui twitter. Dengan cara ini, tweet Anda akan dilihat oleh pengguna twitter pada feeds atau hasil pencarian mereka.

Beberapa tips tersebut akan memudahkan untuk mulai menggunakan twitter untuk promosi bisnis Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat website pada profil twitter Anda agar bisnis terlihat lebih kredibel dan audiens dapat dengan mudah mengaksesnya.

Jika belum memiliki website, Anda dapat melakukan pemesanan domain dan hosting melalui Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda