Rumahweb Blog
banner blog - waktu-waktu terbaik posting di media sosial

Waktu-Waktu Terbaik Untuk Posting di Media Sosial

Media sosial telah berevolusi menjadi platform mainstream di mana orang-orang eksis dan mengekspresikan segala hal yang menjadi minatnya dalam hidup. Media sosial telah menjadi rumah atau dunia kedua di mana orang-orang menghabiskan sebagian besar waktunya. Bahkan tidak sedikit orang yang merasa lebih hidup dan lebih diterima eksistensinya di media sosial, ketimbang di kehidupan nyata.

Oleh karena posisinya yang sangat vital dalam kehidupan manusia moderan, media sosial bisa menjadi tempat untuk yang sangat efektif untuk mempromosikan produk Anda, baik dengan menggunakan jasa Facebook Ads, maupun posting secara mandiri.

Jika media sosial menjadi tempat di mana orang menghabiskan sebagian besar waktunya, kapan kira-kira waktu yang paling efektif untuk memposting konten? Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan membahas tentang Waktu-Waktu Terbaik Posting di Media Sosial. Informasi yang kami sampaikan merupakan data yang kami intisarikan dari Global Social Media Research Summary.

1. Instagram

Secara umum, waktu terbaik untuk posting di Instagram adalah waktu di antara jam istirahat makan siang hingga akhir jam kantor ( pukul 13:00 hingga 17:00 ). Hari terbaik untuk posting di Instagram adalah Hari Jum’at.

2. Facebook

Facebook adalah raksasa media sosial yang kini menjadi pemilik resmi dari Instagram dan Whatsapp. Berdasarkan hasil riset, waktu terbaik untuk posting di Facebook adalah sekitar pukul 09:00 pagi, ketika orang pertama kali membuka komputer di kantor.

Selain itu, berdasarkan riset yang sama, statistik pengunjung Facebook juga meningkat di kisaran pukul 11:00 hingga 12:00 siang. Hari terbaik untuk posting di Facebook adalah Selasa hingga Kamis.

3. Twitter

Waktu yang paling ideal untuk posting di Twitter adalah pukul 8 hingga 10 pagi, dan dilanjut pada pukul 6 hingga 9 malam.

4. LinkedIn

Walau basis penggunanya tidak sebesar Facebook dan Twitter, LinkedIn adalah media sosial yang sangat populer di kalangan profesional. Umumnya, LinkedIn adalah tempat di mana orang menulis resume tentang dirinya, dengan harapan untuk mendapat opportunity dilihat oleh perusahaan pencari tenaga kerja.

Waktu terbaik untuk posting di jejaring LinkedIn adalah antara pukul 10 pagi hingga pukul 01 siang. Hari yang terbaik untuk posting di LinkedIn adalah hari Rabu.

5. Pinterest

Pinterest adalah media sosial yang cukup populer di luar negeri dan kebanyakan basis penggunanya adalah perempuan.

Waktu terbaik untuk posting di Pinterest adalah antara pukul 8 hingga 11 malam, dan antara 2 hingga 4 pagi.

Penutup

Menilik dari basis penggunanya yang sangat besar, dunia bisnis harus memperhitungkan media sosial sebagai sebuah platform yang sangat potensial dan efektif untuk marketing. Semakin sering dan konsisten Anda memposting produk di media sosial, semakin besar peluang untuk dibaca oleh pengguna media sosial.

Informasi yang kami sampaikan di artikel ini bisa menjadi acuan bagi Anda, untuk fokus dan mengutamakan posting di waktu-waktu tersebut. Selebihnya, Anda bisa melakukan upvote konten yang sudah Anda posting sebelumnya, supaya tetap muncul di linimasa orang-orang yang terhubung atau menjadi follower laman media sosial milik Anda.

Semoga artikel blog kali ini bisa memberikan Anda sedikit wawasan baru tentang waktu terbaik untuk posting di media sosial. Semoga bisnis Anda semakin berkembang dan sukses.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi