Rumahweb Blog
banner blog - Menggunakan Live Streaming untuk Promos

Menggunakan Live Streaming untuk Promosi

Live streaming dapat menjadi salah satu alternatif pemasaran, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Tren live streaming sebagai upaya promosi mulai muncul sejak beberapa tahun lalu. Hasil survei yang dilakukan oleh IAB tahun 2018 menyatakan bahwa terdapat peningkatan audiens yang mengakses live streaming sebanyak 47%.

Di tahun 2019, Livestream merilis hasil survei yang menyatakan bahwa sebanyak 82% audiens lebih memilih konten berupa live streaming daripada konten post biasa. Diprediksi pada tahun 2020 tidak kurang dari 82% traffic internet digunakan untuk mengakses live streaming.

Berdasarkan hasil survei tersebut, sudah sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan siaran langsung atau live streaming sebagai salah satu upaya promosi bisnis.

Berikut kami rangkum 4 ide penggunaan live streaming untuk promosi:

1. Perilisan Produk Baru

Perilisan produk baru menjadi salah satu momen paling umum yang dapat dilakukan melalui live streaming.

Jika dibandingkan dengan konten pre-recording, live streaming dapat memberikan kesan hangat dan akrab, karena Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan audiens.

2. Webinar

Webinar adalah kependekan dari web-seminar, yang dapat diartikan sebagai seminar online. Opsi ini dapat dipilih, terutama karena pandemi yang mengharuskan orang menjaga jarak.

Anda dapat menyelenggarakan talkshow, seminar, workshop, maupun diskusi yang mengedukasi peserta webinar secara online, sekaligus melakukan promosi brand Anda.

3. Interview

Interview dapat meningkatkan brand awareness produk Anda, terlebih jika Anda berkolaborasi dengan pembicara yang sudah terkenal dalam menyelenggarakannya.

Salah satu kelebihan interview yang dilakukan dengan live streaming adalah Anda tidak perlu direpotkan dengan proses take dan editing. Cukup siapkan jaringan internet yang stabil, platform live streaming yang akan digunakan, dan webcam.

4. QnA

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki agenda peluncuran produk baru ataupun webinar dalam waktu dekat. Kesempatan melakukan live streaming tidak terbatas ketika ada event atau pengumuman saja. 

Anda dapat melakukan live streaming untuk sesi tanya jawab, atau QnA, dengan audiens. QnA merupakan salah satu cara termudah dan tercepat untuk meningkatkan brand awareness.

Anda dapat membagi sesi QnA per tema. Misalnya, mengenai pengembangan produk, proses produksi, dan sebagainya.

5. Kolaborasi dengan Influencer atau Ambassador

Mengadakan live streaming dengan influencer atau brand ambassador adalah langkah yang cukup sering dilakukan oleh pelaku bisnis. Salah satu alasannya adalah karena influencer dapat menarik audiens yang lebih luas dan beragam. 

Selain itu, influencer biasanya memiliki kemampuan public speaking yang baik, sehingga Anda tidak perlu khawatir pesan tidak tersampaikan dengan baik.

Saat ini banyak platform yang bisa digunakan untuk melakukan live streaming dengan influencer atau ambassador. Namun salah satu platform sosial media yang paling sering digunakan adalah instagram. Anda dapat memberikan influencer akses ke akun instagram Anda, atau melakukan duet Instagram Live.

Kelima momen tersebut dapat Anda manfaatkan untuk melakukan live streaming. Meskipun Anda dapat melakukan live-streaming hanya dengan berbekal webcam dan jaringan internet, namun pastikan untuk mempersiapkannya dengan baik dan berikan pengumuman melalui post di media sosial agar followers mengetahui kapan Anda akan melakukan siaran langsung.

Demikian tips dari Rumahweb tentang menggunakan Live Streaming untuk promosi, semoga bermanfaat.

Baca Juga artikel : Tips Live Streaming Yang Sukses

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda