Rumahweb Blog
banner blog - Menggali Sumber-Sumber Pendapatan dari Internet

Menggali Sumber-Sumber Pendapatan dari Internet

Dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0, peradaban manusia mengalami pergeseran yang dramatis. Seperti halnya revolusi industri yang terjadi di Eropa sekitar dua abad yang silam, revolusi industri 4.0 juga membawa disrupsi yang mengubah cukup banyak cara hidup manusia, termasuk bagaimana mencari uang dan bekerja.

Dulu orang mencari uang dengan bekerja secara konvensional seperti menjadi pegawai, berjualan di pasar, bercocok tanam, menjual jasa, dan seterusnya. Kini, sumber-sumber pendapatan dari internet, yang akhirnya banyak ditekuni oleh generasi milenial dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Uang yang bisa didapat dari internet jumlahnya tidak sedikit, dan bahkan banyak yang akhirnya menjadikan pendapatan dari internet sebagai sumber finansial utama rumah tangga.

Apa saja sumber-sumber pendapatan dari internet yang bisa Anda tekuni dan menjadi sumber penghasilan?

1. Iklan

Kalau Anda memiliki website dengan jumlah pengunjung yang banyak, Anda bisa memasang iklan di website Anda dan akan memperoleh penghasilan darinya. Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk memasang iklan di website :

    • Menyediakan plot / ruang khusus di halaman website Anda, dan menyewakannya kepada pengiklan. Iklan yang ditampilkan bersifat statis dan hanya menampilkan produk dari pengiklan saja.
    • Menggunakan jasa periklanan online seperti Google Adsense. Konten iklan yang tampil akan berganti-ganti sesuai konteks dari algoritma penyedia iklan seperti Google Adsense.

2. Jual Beli Online

Jual beli online telah menjadi tren dan menjadi lapangan pekerjaan baru yang banyak ditekuni oleh generasi milenial. Kebutuhan modal yang kecil serta fleksibilitas waktu menjadi alasan utama kenapa generasi milenial banyak yang akhirnya terjun dalam bisnis jual beli online. Tidak sedikit juga yang akhirnya sukses dan bisa merekrut karyawan dari bisnis jual beli online.

Baca juga : Peluang Bisnis Mompreneur Untuk Ibu Rumah Tangga Milenial

3. Endorse Produk

Pada prinsipnya endorse produk adalah jasa periklanan. Anda dibayar oleh produk tertentu, lalu Anda diberikan sampel produk gratis, memakainya dan lalu memberikan review positif di laman media sosial milik Anda (lazimnya Instagram).

Supaya bisa mendapatkan order untuk melakukan endorse produk, anda harus memiliki laman media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak.

4. Monetisasi Saluran Youtube

Youtube saat ini menjadi media mainstream yang posisinya hampir menggantikan televisi. Orang bisa mencari media apapun di Youtube, mulai dari video musik, dokumentari, komedi, tutorial, pendidikan hingga rekaman aktivitas terbaru yang sedang terjadi.

Selain itu, orang-orang juga bisa mengunggah konten video mereka dan membuat saluran Youtube sendiri kemudian menjadi terkenal dan mendapatkan uang. Kalau Anda memiliki minat, hobi atau keahlian tertentu yang bisa dibagian, Anda bisa mencoba membuat konten video dan mengunggahnya di Youtube. Apabila jumlah penonton dan pengikut saluran Youtube Anda sudah cukup banyak, Anda bisa melakukan monetisasi saluran Youtube anda dan akan mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan di video-video yang Anda unggah di saluran Youtube milik Anda.

Demikian beberapa sumber-sumber pendapatan dari internet yang bisa Anda manfaatkan. Semoga bisa memberikan Anda inspirasi untuk bisa menghasilkan uang dengan lebih kreatif dan fleksibel, sehingga bisa menaikkan kualitas hidup Anda. Salam sukses dari Rumahweb Indonesia.

 

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi