Rumahweb Blog
Peluang Bisnis Mompreneur Untuk Ibu Rumah Tangga Milenial

Peluang Bisnis Mompreneur Untuk Ibu Rumah Tangga Milenial

Perempuan memiliki peran yang sangat vital dalam peradaban manusia. Secara alami, perempuan terlahir dengan kodrat yang sangat agung, menjadi seorang Ibu yang melahirkan generasi penerus umat manusia.

Karena kodrat itulah, dulu, peran perempuan terkesan minor dalam kehidupan manusia, karena berada di belakang layar. Tugas mereka hanya berkutat seputar, menjadi Ibu rumah tangga yang memutar roda kehidupan sehari-hari, kemudian mengandung, melahirkan dan merawat anak. Sedangkan untuk peran yang lebih luas dan bersinggungan langsung dengan wilayah publik, laki-laki lebih banyak mengambil peran.

Seiring perkembangan jaman dan arus modernisasi, paradigma tentang peran perempuan mengalami pergeseran. Tidak sekedar menjadi Ibu rumah tangga, perempuan perlahan mulai masuk ke wilayah-wilayah layanan publik. Dan puncaknya sekarang, sudah menjadi kelaziman seorang perempuan menjalani karir profesional seperti laki-laki. Bahkan saat ini cukup banyak perempuan yang berhasil menduduki jabatan-jabatan publik yang vital, seperti manajer, direktur, bahkan menteri dan presiden.

 

Kendati demikian, secara alami dorongan untuk memenuhi kodratnya sebagai seorang Ibu seringkali menimbulkan konflik batin dalam diri seorang perempuan modern. Apakah mereka harus mengejar karir, atau fokus menjadi seorang Ibu rumah tangga?

Konflik batin tersebut akhirnya melahirkan sebuah tren yang sangat menarik di era digital saat ini, yaitu lahirnya mompreneurship. Sebuah solusi yang ditemukan oleh para perempuan modern, yaitu bagaimana caranya supaya mereka bisa aktif dalam dunia usaha dan produktif secara finansial, tetapi juga tidak meninggalkan peran utamanya menjadi seorang Ibu.

Menjadi Mompreneur yang menjalani 2 profesi adalah hal yang luar biasa. Anda bisa menjalani provesi sebagai Ibu Rumah tangga, sekaligus menjalankan bisnis sebagai enterpreneur ? Apakah itu bisaaa ? Bagaimana caranya ? Artikel dibawah ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda tersebut dan akan mengajak Anda menjadi Ibu Rumah tangga yang sukses.

 

Menjadi Ibu Rumah tangga sekaligus mompreneur adalah dua peran yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh perempuan namun bila Anda mau dan ada keinginan kuat untuk sukses, hal itu tidak mustahil untuk dilakukan. Wirausaha sendiri bila sudah Anda jadikan hobby, bukan soal bagaimana Anda bisa sukses, tapi bisa jadi untuk mengisi waktu. Tapi kalau Anda melakukannya dengan serius, kesuksesan bukanlah menjadi misteri lagi.

 

Baca juga : Hobi yang menghasilkan Uang.

 

Saat ini berwirausaha sudah lebih dimudahkan karena adanya perkembangan digital yang semakin cepat. Bila Anda tertarik untuk menjadi mompreneur, berikut ini peluang ide bisnis di dunia digital  yang bisa Anda kerjakan.

Ohya, tips ini bukan hanya untuk Ibu rumah tangga saja, namun bisa juga untuk Anda wanita Milenial yang sedang libur kuliah, atau Anda karyawati yang masih memiliki waktu cukup luang, Anda juga bisa mencoba tips mompreneur berikut.

 

1. Social Media Manager

Media sosial saat ini sudah hampir bisa dibilang kebutuhan. Terkait kebutuhan pokok atau tambahan, itu tergantung Anda dalam menyikapi. Tua Muda tidak pandang usia, semua menggunakan Media sosial untuk berinteraksi atau tau kabar satu sama lain. Tidak disitu saja, peran media sosial kini sudah menjadi tempat yang cocok untuk berjualan.

Facebook, Twitter, Youtube, hingga Instagram, menjadi beberapa pilihan yang ramai digunakan saat ini. Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi social media manager. Tugas social media manager adalah membantu para pelaku bisnis baik kecil atau pun menengah untuk mengelola media social mereka. Sering terjadi, para pelaku bisnis terlalu sibuk dengan kegiatan produksi sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus media sosial. Ini artinya 1 peluang usaha terbuka untuk Anda, apalagi Anda memiliki pengalaman dibidang media sosial sebelumnya.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan di Rumah. Sambil mengurus keluarga, Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan ini yang nantinya akan menambah penghasilan Anda. Pemilik bisnis yang ingin memanfaatkan media sosial, pasti akan senang dan siap untuk membayar atas keahlian Anda dalam mengurus media sosial ini.

 

2. Penulis Freelance

Menulis adalah hal yang menyenangkan, dan bisa dilakukan dimana saja. Malah dianjurkan untuk menulis di tempat ternyaman yang Anda rasa, sehingga diharapkan nantinya akan muncul ide-ide tulisan yang mengalir.

Ketika menjadi penulis freelance, Anda bisa mengerjakannya di rumah sembari mengawasi anak Anda bermain. Penulis Freelance biasanya dibayar per artikel yang telah dibuat. Ini artinya, semakin banyak artikel yang Anda tulis, akan semakin mengepul asap dapur Anda.

Untuk Anda yang hobi menulis, jangan lewatkan kesempatan ini. Mengingat permintaan menulis konten web yang sangat banyak, ini menjadi kesempatan untuk Anda menjadi penulis freelance.

 

3. Tutor Kursus Online

Bila Anda memiliki kemampuan untuk mengajar dan peduli akan pendidikan, Anda bisa mendaftar untuk menjadi tutor kursus online. Ada banyak ruang untuk menyalurkan ilmu Anda, seperti di Ruangguru, Skillshare, dan Udemy.

 

4. Airbnb

Bila Anda memiliki Rumah yang dekat dengan objek wisata Anda bisa mengubah ruang Rumah Anda yang tidak terpakai untuk dibuat kamar semacam kamar hotel. Nantinya kamar tersebut bisa disewakan pada para pelancong melalui situs Airbnb.

Penyewaan kamar seperti ini sudah sangat populer dikalangan traveller di seluruh dunia. Dengan biaya mulai dari 200.000 hingga jutaan / malam bisa Anda tentukan sendiri tarifnya tergantung dari fasilitas kamar yang diberikan.

 

So, ide bisnis yang mana yang akan Anda coba? Lakukan dan yakinlah bahwa Anda pun bisa melakukannya, sehingga kesuksesan akan menghampiri Anda. Keluarga terurus, bisnis pun maju terus.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi