Rumahweb Blog
banner blog - Memahami Siklus Masa Aktif Domain (Domain Life Cycle)

Memahami Siklus Masa Aktif Domain (Domain Life Cycle)

Domain adalah sebuah alamat yang berfungsi menampilkan konten dari sebuah server, yang bisa diakses melalui web browser. Domain umumnya terdiri dari karakter huruf dalam bentuk kata yang mudah diingat. Seperti halnya nomor handphone, domain juga bersifat unik sehingga hanya ada satu alamat domain tertentu di dunia.

Ketika Anda sudah mengaktifkan sebuah alamat domain, maka orang lain di seluruh dunia tidak bisa lagi mengaktifkan domain dengan nama yang sama. Selain unik, domain juga memiliki siklus masa aktif. Apabila Anda pernah mengaktifkan sebuah alamat domain dan lupa tidak melakukan perpanjangan masa aktif, maka domain akan expired.

Kalau tidak segera melakukan perpanjangan, domain akan terhapus dari sistem dan bisa diaktifkan ulang oleh orang lain. Artinya, jika Anda lupa atau terlambat menyadari kalau domain Anda sudah expired, maka alamat domain Anda yang unik itu bisa saja diambil alih oleh orang lain.

Supaya insiden tersebut tidak sampai terjadi, Anda harus memahami tentang siklus masa aktif domain berdasarkan ketentuan yang dibuat oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Berdasarkan ketentuan dari ICANN, urutan siklus hidup domain adalah sebagai berikut:

  1. Domain Available

Domain available adalah status default dari sebuah alamat domain yang berarti alamat domain bisa didaftarkan. Status domain available menandakan alamat domain sama sekali belum pernah didaftarkan, atau bisa juga pernah didaftarkan, tetapi sudah terhapus dari sistem karena tidak diperpanjang.

Baca juga artikel Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Domain

  1. Domain Terdaftar

Alamat domain dalam status terdaftar apabila seseorang telah mengaktifkan alamat domain melalui reseller domain (perusahaan domain dan hosting). Masa aktif domain yang bisa didaftarkan adalah 1-10 tahun.

  1. Domain Expired

Apabila masa aktif alamat domain sudah habis dan belum dilakukan perpanjangan, maka domain akan masuk dalam status Expired. Status domain expired berlangsung selama 45 hari dihitung sejak masa aktif layanan habis. Selama tenggang waktu 45 hari, domain masih bisa diperpanjang.

  1. Redemption Period

Apabila tenggang waktu domain expired sudah habis, maka domain akan masuk ke status redemption period dengan tenggang waktu selama 30 hari. Ketika masuk status redemption period, domain masih bisa di-restore dengan harga khusus (untuk detailnya bisa menghubungi tim billing support).

  1. Pending Delete

Setelah masa redemption period terlewati, domain masuk ke status pending delete. Tenggang waktu dari status pending delete adalah 5 hari, sebelum akhirnya terhapus dari sistem. Ketika domain sudah masuk ke status pending delete, domain tidak bisa lagi diperpanjang. 

  1. Domain Available

Setelah masa pending delete terlewati, maka domain akan terhapus dari sistem dan statusnya akan kembali menjadi domain available dan bisa diaktivasi kembali. Total tenggang waktu untuk alamat domain masuk ke status domain available adalah sekitar 90 hari, terhitung dari tanggal jatuh tempo layanan domain. 

Untuk memudahkan Anda dalam memahami siklus masa aktif domain, Anda bisa melihat ilustrasi berikut :

 

Kesimpulan

Layanan Rumahweb Indonesia mengirimkan pemberitahuan secara otomatis mengenai masa aktif layanan domain dan hosting ke email pelanggan, 14 hari sebelum masa aktif layanan jatuh tempo (due date). 

Apabila Anda rajin memantau email kontak layanan yang digunakan untuk mendaftarkan layanan di Rumahweb, layanan domain dan hosting akan selalu aktif secara berkelanjutan karena akan Anda perpanjang sebelum jatuh tempo. 

Demikian artikel mengenai memahami siklus hidup domain. Semoga bisa memberikan Anda pengetahuan mengenai siklus masa aktif domain, sehingga domain kesayangan Anda bisa selalu online untuk menyajikan konten-konten terbaik. 

Rumahweb menyediakan ratusan pilihan ekstensi domain murah yang bisa Anda gunakan. Lengkapi website Anda dengan ekstensi lainnya, untuk meningkatkan branding website Anda.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi