Rumahweb Blog
Banner - Konten Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Jasa Pembuatan Website

Konten Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Jasa Pembuatan Website

Mempersiapkan konten website adalah bagian penting dan perlu diperhatikan sebelum membangun sebuah website. Konten yang baik dan berkualitas dapat meningkatkan minat pengunjung, untuk mengetahui dan menggunakan produk yang Anda tawarkan. Selain itu dengan konten yang baik, engagement pengunjung juga akan meningkat.

Konten website adalah konten tekstual, visual hingga audio yang ditemui pada bagian dari sebuah website. Pada umumnya, konten website dibagi menjadi 4 macam, yaitu;

  1. Text
    Teks adalah konten paling penting yang perlu Anda siapkan. Teks digunakan untuk menjelaskan profil perusahaan, deskripsi produk, tagline, dan penjelasan lainnya yang akan ditampilkan di website.
  1. Gambar
    Pada umumnya, konten ini digunakan sebagai slider/banner, gambar produk, galeri, maupun ilustrasi tentang perusahaan Anda.
  1. Video
    Video dapat digunakan sebagai konten tambahan untuk meningkatkan minat pengunjung website. Contohnya, konten video profil perusahaan, proses produksi, proses packaging, dan sebagainya.
  1. Fitur Tambahan
    Konten tambahan seperti Google Maps, link Instagram, WhatsApp, atau media sosial lain.

Konten yang perlu Anda persiapkan

Di bawah ini penjelasan lebih detail yang dapat memudahkan Anda dalam mempersiapkan konten-konten yang dibutuhkan untuk layanan Jasa Pembuatan Website:

1. Teks

Agar teks website dapat ditampilkan secara optimal dan memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang dibutuhkan, Anda perlu mempersiapkan konten teks berdasarkan halaman website yang ingin ditampilkan.

Misalnya halaman Home, Tentang, Galeri, dan Kontak. Silakan membuat file Home-materi.DOCX yang berisi konten-konten yang ditampilkan dihalaman home, baik konten teks, gambar, dan lainnya. Begitu juga untuk halaman lain, Tentang-materi.DOCX, Galeri-materi.DOCX, dan seterusnya.

Pada setiap halaman kami membatasi jumlah konten teks yang ditampilkan, yaitu 4 halaman DOCX (diluar konten gambar). Agar informasi didalam website ringkas dan informatif.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

2. Gambar

Konten gambar yang perlu Anda siapkan adalah gambar-gambar yang ingin ditampilkan di dalam website. Contohnya seperti gambar banner/slider di halaman Home, gambar latar perusahaan di halaman Profil atau Tentang, gambar produk-produk, dan sebagainya.

Karena konten gambar sangat mempengaruhi kualitas dan dapat mempengaruhi minat pengunjung website, kami menyarankan agar Anda sebaiknya gambar dengan resolusi tinggi.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan ukuran gambar yang sama, untuk gambar produk, serta memakai gambar sendiri. Jika Anda ingin menggunakan gambar dari halaman photo stock, pastikan Anda menggunakan gambar license-free.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai konten gambar yang perlu dipersiapkan:

Gambar Banner/Slider

Konten gambar ini akan ditampilkan di halaman Home untuk memberi gambaran pengunjung terhadap website, perusahaan, maupun produk Anda. Contohnya seperti pada situs ndalemnuriyyat.com.

contoh konten gambar banner atau slider untuk jasa pembuatan website

Agar tampilan gambar optimal, disarankan memakai resolusi gambar banner/slider antara 1280x500px sampai dengan 1280x720px, dengan ukuran file maksimal 1MB. Jika lebih dari 1MB, maka lakukan kompresi gambar melalui situs seperti TinyPNG 

Apabila Anda tidak memiliki banyak gambar untuk dijadikan slider, maka Anda bisa mengirim satu gambar saja untuk dijadikan sebagai banner. Namun jika tidak menginginkan tampilan banner/slide, maka ANda tidak perlu melampirkan konten jenis ini.

Gambar Produk

Konten gambar produk biasanya menggunakan bentuk rectangle (kotak) atau portrait (memanjang). Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan bentuk gambar yang sama (semua rectangle atau portrait), agar tampilan di halaman produk menjadi bagus dan rapi.

Berikut contoh pemakaian gambar produk bentuk rectangle (kotak)

contoh konten gambar produk untuk jasa pembuatan website

Berikut contoh pemakaian gambar produk bentuk portrait (memanjang).

contoh lain konten gambar produk untuk jasa pembuatan website

Sama seperti gambar banner, ukuran maksimal gambar produk adalah 1MB. Apabila lebih dari 1MB silakan melakukan kompresi gambar melalui situs seperti TinyPNG.

Gambar Galeri

Gambar pada halaman galeri dapat menggunakan ukuran yang berbeda-beda. Nantinya, gambar dapat diatur dengan layout Masonry, seperti berikut:

contoh gambar gallery

Ukuran maksimal untuk gambar galeri juga sebesar 1MB. Apabila lebih dari 1MB, silakan melakukan kompresi gambar melalui situs seperti TinyPNG .

Sedangkan untuk konten gambar yang memiliki deskripsi (biasanya foto Produk), kami membatasi 16 foto produk dengan deskripsi.

Baca juga artikel: Cara Kompres Foto Terbaik Tanpa Perlu Ribet

3. Video

Konten video dapat dikirimkan sebagai konten tambahan yang berkaitan dengan website perusahaan, produk, atau layanan yang Anda tawarkan. Seperti video company profile, proses produksi atau pengemasan, maupun konten video lainnya.

contoh video

Untuk mengirimkan konten video, silakan upload video tersebut ke situs video streaming, seperti YouTube, terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda dapat melampirkan link bersama dengan dokumen lainnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemasangan dan perubahan tata letak video di kemudian hari.

4. Konten tambahan

Konten lain yang dapat Anda lampirkan di antaranya seperti link Google Maps (tidak berupa screenshot), Instagram (tidak berupa username), channel Youtube, nomor WhatsApp, maupun link media sosial lainnya.

Kesimpulan

Mengirimkan konten secara lengkap dengan resolusi bagus dan rapi akan memudahkan kami dalam memroses layanan Jasa Pembuatan Website sesuai dengan harapan Anda.

Tampilan website yang rapi dan menarik tentu akan membuat pengunjung semakin tertarik mencari tahu tentang profil perusahaan, produk, atau jasa yang Anda tawarkan di dalam website.

Apabila memiliki pertanyaan, silakan menghubungi kami melalui LiveChat atau mengirim email ke info[at]rumahweb.com. Kami dengan senang hati membantu Anda.

Demikian artikel kami tentang apa saja yang perlu Anda siapkan, untuk melengkapi konten pada Jasa pembuatan website Terima Jadi di Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 8

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Yeni Setiawan

banner Pop Up - Hosting 99K