Rumahweb Blog

Klarifikasi atas Fitnah @KakekGaulBijak alias @KakekDetektif

Pada tanggal 25 Mei 2018 kami mendapati Twitter post dari @KakekGaulBijak (sekarang berganti nama menjadi @KakekDetektif) yang isinya mengklaim bahwa Rumahweb Indonesia dan Yusuf Nurrachman selaku CEO mendukung gerakan #2019gantipresiden karena nama Rumahweb Indonesia terdapat dalam WHOIS 2019gantipresiden.net sebagai Registrar.

Untuk itu kami perlu mengklarifikasi beberapa hal sebagai berikut:

  1. Bahwa Rumahweb Indonesia adalah perusahaan yang sudah beroperasi dari tahun 2002 dan telah menjadi ICANN Accredited Registrar, sebuah akreditasi yang mencerminkan reputasi dan standard kelaikan operasi sehingga diperkenankan beroperasi sebagai Registrar domain.
  2. Sebagai Registrar, Rumahweb memberikan layanan registrasi domain kepada publik, menyimpan data pendaftaran, mengelolanya, dan siap untuk mempertanggungjawabkannya kepada pihak-pihak yang berwenang termasuk pihak penegak hukum apabila didapati ada domain yang melanggar hukum dan perundangan yang berlaku.
  3. Domain 2019gantipresiden.net adalah benar didaftarkan oleh salah satu pelanggan dari Rumahweb, namun tentu saja ini TIDAK mencerminkan sikap politik dari Rumahweb maupun Yusuf Nurrachman selaku CEO.
  4. Layanan 2019gantipresiden.net telah disuspend / dibekukan pada tanggal 9 Mei 2018, jauh sebelum ada twitter post dari @KakekGaulBijak. Akun tersebut disuspend karena melanggar salah satu AUP (Acceptable Usage Policy) Rumahweb dan BUKAN karena adanya posting Twitter.
  5. Tweet @KakekGaulBijak (sekarang berganti nama menjadi @KakekDetektif) dengan tanpa dasar mengaitkan Rumahweb dan CEO Rumahweb dengan gerakan #2019gantipresiden hanya karena pada WHOIS 2019gantipresiden.net terdapat nama Rumahweb sebagai sponsoring registrar. Jelas tuduhan ini tidak memiliki dasar dan juga tidak benar karena Rumahweb sebagai perusahaan tidak memiliki afiliasi politik apapun.
  6. Tweet @KakekGaulBijak(sekarang berganti nama menjadi @KakekDetektif) juga mengajak publik untuk memboikot Rumahweb dengan memposting tagar #BoikotRumahWebCom. Hal ini jelas sudah sangat merugikan kami.
  7. Dalam percakapan berikutnya melalui DM dan Twitter post yang lain @KakekGaulBijak mendesak agar Rumahweb memberikan data pelanggan untuk domain 2019gantipresiden.net. Meski demikian kami tidak akan memberikan data pelanggan kami kepada siapapun juga kecuali jika diminta oleh pihak yang berwajib. Sikap kami ini sesuai dengan kebijakan privasi pelanggan

Manyikapi hal ini kami menghimbau kepada pemilik akun @KakekGaulBijak (sekarang berganti nama menjadi @KakekDetektif) agar menghapus posting-posting terkait pencemaran nama baik perusahaan Rumahweb dan Yusuf Nurrachman selaku pribadi.

Tidak menutup kemungkinan Rumahweb akan mengambil langkah hukum atas hal ini apabila fitnah ini terus berlanjut.

Referensi:

Berikan Komentar

RumahWeb