Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Kalkulator TikTok dan Bagaimana Cara Menghitungnya

Apa itu Kalkulator TikTok dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Menjadi aplikasi non-gaming paling banyak didownload pada 2021, TikTok menjadi salah satu media sosial paling populer di dunia. Tak hanya sebagai hiburan, TikTok juga bisa menjadi ladang penghasilan baru. Penghasilan ini dapat dihitung melalui kalkulator TikTok.

Apa itu kalkulator TikTok? Bagaimana cara menghitung penghasilan lewat tool ini? Bagi Anda yang berniat, atau bahkan sudah terjun sebagai content creator di TikTok, simak ulasan artikel ini sampai habis ya!

Apa itu Kalkulator TikTok?

TikTok adalah aplikasi paling populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Platform ini mewadahi para kreator untuk membuat berbagai konten. Tak sedikit dari mereka yang akhirnya mendulang popularitas dari aplikasi ini.

Bukan sekadar popularitas, TikTok juga dimanfaatkan sebagian orang untuk menghasilkan uang. Misalnya untuk melakukan promosi produk sendiri atau milik orang lain. Tak hanya itu, banyak juga fitur menarik lain seperti pay out coins atau donasi dari penonton. Biasanya para penonton akan memberi donasi saat kreator yang disukai melakukan live streaming.

Penghasilan yang diperoleh dari TikTok tentu saja tidak tertera dalam bentuk uang. Oleh karena itu, Anda memerlukan kalkulator TikTok untuk menghitung jumlah pendapatan dalam rupiah. 

Kalkulator TikTok adalah aplikasi yang digunakan untuk menghitung keuntungan atau penghasilan dari akun TikTok Anda. Sebelum memahami lebih lanjut tentang tool ini, satu hal yang perlu diingat adalah kalkulator TikTok tidak memberi hitung-hitungan pasti.

Hal ini berarti kalkulator TikTok hanya memberikan informasi tentang perkiraan penghasilan yang bisa diraih oleh pemilik akun. Potensi penghasilan tersebut sangat bervariasi. Besar kecilnya pendapatan pemilik akun juga bergantung pada niche, jenis konten yang sedang booming, dan negara si pemilik akun.

Kalkulator TikTok memang bukanlah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak TikTok. Kalkulator TikTok merupakan sebuah ekstensi dari Google Chrome yang bisa ditemukan melalui situs-situs tertentu, misalnya Influencer Marketing Hub atau Likigram.

Tapi tenang saja, meski tak dikeluarkan oleh pihak TikTok resmi, perkiraan penghasilan yang dihitung oleh kalkulator TikTok ini dinilai cukup akurat dan membantu marketer.

Baca juga artikel : Apa itu Snaptik TikTok? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Manfaat Kalkulator TikTok

Selain membantu dalam menghitung penghasilan, ternyata kalkulator TikTok juga memiliki sejumlah manfaat, di antaranya adalah:

1. Membantu Memahami Audiens

Aplikasi kalkulator TikTok akan menguraikan minat audiens terhadap konten pengguna. Jadi Anda akan tahu detail kebutuhan audiens sehingga konten yang dibuat juga bisa disesuaikan, demi mencapai hasil yang didapat juga memuaskan.

2. Membuat Akun Konsisten dalam Memproduksi Konten

Penghasilan yang didapat dari TikTok dipengaruhi oleh seberapa sering Anda mengunggah konten. Oleh karena itu, kalkulator TikTok dapat menjadi pendorong untuk membuat konten secara lebih konsisten, agar penghasilan yang didapat juga semakin banyak.

3. Memvalidasi Akun TikTok 

Jika akun TikTok Anda memiliki penghasilan yang memuaskan, tentu hal ini bisa menjadi portofolio, sehingga Anda bisa “menjual” popularitas akun untuk keperluan marketing, seperti endorsement, afiliasi, dan lainnya.

Tak sabar untuk mengetahui penghasilan Anda melalui penghitungan kalkulator TikTok? Ada beberapa platform yang menyediakan kalkulator TikTok. Berikut Rumahweb ulas beserta dengan cara menggunakannya. 

Cara Menghitung Penghasilan dengan Kalkulator TikTok

Hingga saat ini, terdapat sejumlah situs atau platform yang menyediakan kalkulator TikTok untuk menghitung penghasilan dari akun Anda. Berikut dua rekomendasi kalkulator TikTok dari Rumaweb.

1. Exolyt

Salah satu kalkulator TikTok yang populer digunakan adalah Exolyt. Situs ini membantu kreator, marketer, hingga influencer untuk melakukan analisis agar akun TikTok mereka bisa dimanfaatkan secara optimal. Berikut langkah menggunakannya:

Kalkulator TikTok dengan Exolyt - image 1
  • Akan muncul pop-up seperti berikut. Klik Yes pada dua pilihan, > klik Continue.
terms of service Exolyt
  • Tunggu hingga hasilnya keluar, seperti gambar berikut.
hasil kalkulator tiktok dengan Exolyt

2. Feed Pixel

Kalkulator TikTok lain yang bisa Anda coba adalah Feed Pixel. Berikut cara atau langkah-langkah dalam menggunakannya:

Feed Pixel
  • Tunggu hingga hasil penghitungannya muncul.
Menghitung kalkulator tiktok Feed Pixel

itulah pengertian dari kalkulator TikTok serta rekomendasi platform yang bisa digunakan. Tidak hanya untuk menghitung penghasilan dari akun TikTok, kalkulator TikTok juga bisa membantu Anda untuk membuat konten yang lebih baik dan menarik sehingga lebih banyak mendatangkan cuan. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing