Rumahweb Blog
opengraph Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di Tahun 2021

Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di Tahun 2021

Influencer umumnya bisa dikategorikan berdasarkan jumlah followers, tipe konten, dan level keberpengaruhannya. Terkadang, jumlah followers yang tinggi tidak berarti influencer tersebut memiliki level keberpengaruhan yang tinggi juga. Lalu, siapa saja influencer Indonesia paling berpengaruh di tahun ini?

Saat ini kita tentu melihat kecenderungan selebriti yang juga menjadi influencer di media sosial seperti Instagram dan YouTube. Beberapa selebriti ini bahkan tergolong sebagai mega influencer. Meskipun demikian, mereka justru dinilai memiliki level pengaruh yang lebih rendah dibandingkan dengan macro hingga nano influencer.

Baca juga Influencer: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Mengapa demikian? Hal tersebut dapat terjadi karena kebanyakan followers selebriti adalah penggemar yang menyukai karya mereka, baik itu musik, film, sinetron, dan lainnya. Sedangkan, influencer mendapatkan banyak followers karena orang-orang menilai mereka dapat membuat konten menarik yang dapat mempengaruhi audiensnya untuk melakukan hal yang sama.

Contohnya, YouTuber sekaligus selebgram Tasya Farasya yang pernah membuat konten review produk perawatan rambut Lae Sa Luay. Tak lama setelah konten tersebut diunggah, produk ini langsung habis terjual. Dari fenomena ini, terbukti bahwa level keberpengaruhan adalah salah satu hal penting yang harus dicari pada sosok influencer.

Inilah daftar 5 influencer Indonesia paling berpengaruh di tahun 2021 ini:

1. Rachel Vennya

Rachel Vennya-min | Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di Tahun 2021

Rachel Vennya adalah selebriti instagram atau selebgram berusia 26 tahun yang memulai karir sebagai Make Up Artist. Sosoknya mulai dikenal karena ia sering mengunggah foto bersama Niko Al-Hakim sejak berpacaran hingga menikah. Bahkan Rachel kini semakin terkenal berkat kedua anaknya, Xabiru dan Chava, yang menjadi perhatian banyak orang.

Sejak dulu, Rachel dikenal sebagai seorang penikmat fashion dan kecantikan. Selain itu, ia juga sering mengunggah momen bersama kedua anaknya, tentang travelling, serta kuliner. Tak hanya mengandalkan profesi influencer, Rachel kini juga memiliki beberapa bisnis di bidang fashion dan kuliner.

Memiliki 5,4 juta followers Instagram, biaya endorsement yang harus dikeluarkan disinyalir berkisar 5-10 juta rupiah untuk satu kali promosi. Meskipun biaya yang ditetapkan cukup tinggi, namun hal ini berbanding lurus dengan tingginya engagement rate di akun Instagram Rachel. Berdasarkan dua situs analisa, Rachel Vennya memiliki persentase engagement rate sebesar 5,40% – 5,65%.

Tidak hanya menampilkan sisi glamor, Rachel Vennya juga beberapa kali mengunggah foto dan video ketika ia terjun langsung ke berbagai lokasi bencana bersama dengan beberapa influencer Indonesia lain untuk memberikan donasi yang berhasil dihimpun dari situs kitabisa.com.

2. Tasya Farasya

Tasya Farasya | Influencer Indonesia Paling Berpengaruh di Tahun 2021

Hampir sama dengan Rachel Vennya, Tasya Farasya juga memulai karir sebagai Make Up Artist bersama satu temannya. Bedanya, Tasya kemudian membuka akun YouTube dan dikenal sebagai beauty vlogger.

Meskipun awalnya dikenal sebagai vlogger, namun kini ia mengaku bahwa penghasilannya justru didominasi dari review dan endorse yang diunggah di Instagramnya yang memiliki 4,2 juta followers dengan persentase engagement rate sebesar 2,10%.

Nama Tasya Farasya juga dua kali muncul di majalah Forbes Indonesia. Pertama, Tasya menjadi salah satu dari 10 digital content creator tersukses di Indonesia. Kemudian yang kedua,  ia masuk ke dalam  30 under 30 Forbes Indonesia.

Tasya Farasya dikenal sebagai influencer Indonesia yang menjadi pengamat fashion, make up, dan skincare. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Tasya juga dikenal berhasil mempengaruhi followers-nya untuk membeli suatu produk yang sedang  ia gunakan, bahkan menyebabkan produk tersebut habis di pasaran.

Popularitas Tasya Farasya juga terbukti dari banyaknya brand terkenal yang melakukan endorse maupun kerjasama lain dengan Tasya. Beberapa brand tersebut di antaranya, Wardah, Maybelline, Rojukiss, Pomelo Fashion, Somethinc, dan Studio Tropik.

3. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier-min

Siapa yang tidak kenal dengan Deddy Corbuzier? Mengawali karir di dunia hiburan sebagai pesulap, kini Deddy lebih banyak tampil sebagai presenter beberapa acara televisi. Di samping menjadi presenter, Deddy juga aktif menjadi YouTuber, dengan jumlah subscriber sebanyak 14,1 juta.

Program YouTube-nya yang paling terkenal adalah program podcast dengan judul Close The Door. Salah satu video terbaru yang diunggah dan berhasil menarik perhatian masyarakat adalah video live streaming pertandingan catur GM Irene dan Dewa Kipas. Sempat menduduki peringkat teratas trending YouTube, hingga saat ini tercatat ada lebih dari 12 juta orang yang menonton video tersebut.

Dengan jumlah subscriber yang besar, Deddy menjadi salah satu influencer Indonesia yang paling berpengaruh saat ini. Bahkan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pun mengakui pernah menggunakan jasa influencer Deddy Corbuzier!

4. Tanboy Kun (Bara Ilham)

Tanboy Kun (Bara Ilham)-min

Bagi penggemar konten kuliner, nama Tanboy Kun tentu sudah tidak asing lagi. Bara Ilham, atau lebih dikenal sebagai Tanboy Kun adalah food vlogger yang berkarir sejak tahun 2016. Memiliki jumlah subscriber sebanyak 12,2 juta, bisa dikatakan bahwa Tanboy menjadi salah satu influencer Indonesia pertama di bidang kuliner yang berhasil mendulang kesuksesan.

Mengusung konsep mukbang, atau makan dalam porsi besar, tercatat salah satu video terpopulernya adalah ketika Tanboy menyantap nasi padang seberat 2,5 kg. Video inilah yang kemudian turut mengantarkan Tanboy menjadi food vlogger yang terkenal. Tidak hanya di Indonesia, nama Tanboy Kun juga cukup populer di seluruh dunia.

Popularitas Tanboy Kun ini tentunya mengundang berbagai perusahaan besar untuk melakukan endorse. Pada sebuah video yang diunggah, terdapat dua brand besar yang dipromosikan, yaitu Dufan dan Lemonilo:

MUKBANG MIE LEMONILO KOREA PEDAS 11 BUNGKUS!

5. Sisca Kohl

Sisca Kohl-min

Nama Sisca Kohl kini sangat dikenal di media sosial, utamanya TikTok. Sisca adalah salah satu selebriti TikTok yang sering mengunggah video review makanan dan produk mewah. Berkat kekhasannya ini, Sisca berhasil mendapatkan 5,1 juta followers di TikTok.

Selain review produk atau makanan dengan harga mahal, Sisca juga dikenal karena selalu menggunakan nada bicara yang khas, serta kalimat “mari kita coba” pada setiap kontennya. Kebanyakan konten review milik Sisca dibuat secara sederhana bersama dengan adiknya, Aliyyah Kohl.

Keberhasilan Sisca menjadi salah satu influencer Indonesia yang paling berpengaruh ini diakibatkan karena personal branding yang dilakukannya sangat kuat. Bukti keberhasilannya sebagai influencer bisa dilihat dari beberapa kontennya yang mempromosikan berbagai produk kecantikan maupun makanan dari brand terkenal, seperti Soyjoy, Aice, Somethinc, dan Chocolatos.

Berikut tadi 5 nama influencer Indonesia paling berpengaruh di di tahun 2021. Sebagai influencer yang berpengaruh, kelima nama tersebut tentu dikenal dapat mendatangkan keuntungan berupa engagement, bahkan peningkatan penjualan pada produk yang dipromosikan.

Meskipun demikian, ingat bahwa salah satu tips dalam menggunakan influencer marketing adalah dengan memilih influencer yang relevan dengan industri bisnis Anda agar konten yang diinginkan dapat sampai ke target audiens yang tepat.

Untuk mencari dan memilih influencer yang relevan dari banyaknya influencer yang ada, Anda tentu harus melakukan riset pasar mengenai target audiens yang ingin disasar, konten seperti apa yang disukai, dan platform apa yang biasanya digunakan. Informasi-informasi ini nantinya yang dapat digunakan untuk bisa menemukan influencer yang relevan. 

Selanjutnya, pastikan juga Anda telah menentukan budget yang ingin dikeluarkan untuk membayar jasa influencer. Perlu diingat bahwa semakin besar jumlah followers dan level keberpengaruhan seorang influencer, maka akan semakin tinggi harga yang mereka tentukan.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Agnes Sony Tianinda