Rumahweb Blog

Butuh Hosting Untuk Ujian Online? Ini Rekomendasinya

Dalam era digital seperti sekarang, ujian secara online menjadi solusi yang efektif dan efisien. Demi kelancaran ujian online, Anda juga harus pintar memilih hosting untuk yang stabil, kapasitas besar, hingga jaminan keamanan data.

Temukan tips memilih paket hosting untuk ujian online atau CBT (Computer Based Test) untuk memenuhi kebutuhan Anda melalui artikel ini!

Kenapa memilih hosting untuk ujian online itu penting?

Seperti namanya, β€œUjian Online” yang artinya ujian dilaksanakan secara online, sehingga seluruh prosesnya akan mengandalkan kinerja server atau hosting yang digunakan. Bayangkan jika spesifikasi hosting untuk ujian online yang dipilih tidak sesuai kebutuhan Anda, tentunya gangguan teknis akan lebih sering dialami. 

Berbagai macam gangguan teknis tersebut seperti website down ketika ujian berlangsung, murid tidak bisa membuka situs ujian, pengajar tidak bisa melakukan rekap nilai, dan beberapa gangguan lain yang akan sangat membuang waktu.

Oleh karenanya, pemilihan hosting untuk ujian online tentu juga harus yang berkualitas demi menghindari situs ujian online mengalami down karena akses yang overload.

Di Rumahweb, kami menyediakan beberapa jenis hosting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun, jenis hosting seperti apa yang cocok digunakan untuk cbt?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Kenapa layanan Shared Hosting tidak cocok untuk ujian online?

Sebagai situs yang memiliki jumlah akses tinggi dalam satu waktu dan mungkin juga memiliki beberapa fitur dan script yang rumit, memilih hosting yang sudah dedicated akan jauh lebih baik dalam menjaga performa situs ujian online dibandingkan dengan menggunakan shared hosting. 

Dalam hal ini, shared hosting tidak direkomendasikan sebagai hosting untuk ujian online karena beberapa alasan, antara lain : 

  1. Sumber daya server (resources) pada layanan shared hosting dibagi (shared) ke beberapa pengguna dalam satu server yang sama. Oleh karenanya, ada kemungkinan website akan menjadi lebih lemot ketika banyak pengunjung mengakses situs dalam waktu bersamaan.
  2. Shared hosting biasanya memiliki beberapa batasan yang diberlakukan untuk memberi kenyamanan bagi user lainnya yang masih dalam satu server yang sama. Tentunya hal ini akan membatasi kebebasan Anda untuk upload file ataupun mengoptimalkan situs ujian online yang dimiliki, 
  3. Pembuatan script atau fitur yang kompleks mungkin saja akan membebani server sehingga membuat server menjadi kurang stabil. 

Tips memilih hosting untuk ujian online

Setelah memahami pentingnya hosting untuk ujian online, selanjutnya Anda perlu mengetahui kriteria hosting seperti apa yang sesuai kebutuhan. Pada point ini, kami akan membahasnya untuk Anda. Adapun tipe hosting yang dapat dipilih adalah: 

1. Dedicated Resource

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah dedicated resources (Kapasitas, CPU, dan RAM). Pilihlah hosting yang menawarkan dedicated resources, sehingga Anda bisa mendapatkan sumber daya sesuai kebutuhan.

Saat ujian online berlangsung, resource pada hosting atau server biasanya akan meningkat secara signifikan. Dengan dedicated resources, server mampu memproses lebih banyak permintaan tanpa mengalami penurunan performa.

2. Server yang stabil dan cepat 

Selanjutnya, Anda perlu memilih hosting yang stabil dan cepat ketika diakses. Tentunya hal ini untuk kenyamanan peserta ujian online dalam mengakses website ujian online. Jangan sampai server yang Anda gunakan tiba-tiba lemot dan akhirnya mengganggu keberlangsungan ujian online yang dilaksanakan!

Dalam hal ini, Anda bisa memilih hosting dengan alokasi resources yang dedicated, sehingga akan lebih optimal untuk memproses data. Selain itu, resource yang besar dapat memenuhi jumlah traffic yang tinggi, sehingga akses ujian online tetap stabil. Semakin tinggi resources hosting untuk CBT, semakin cepat website diakses.

3. Keamanan

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan keamanan server yang digunakan. Hal ini tentunya penting demi keberlangsungan ujian online. Anda dapat memilih hosting untuk ujian online yang sudah memberikan fasilitas keamanan seperti SSL, firewall, anti DDOS dan lainnya untuk menjaga keamanan data peserta ujian. 

Di Rumahweb, Anda akan mendapatkan fasilitas keamanan tersebut di setiap pembelian hosting, sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk menjaga keamanan data peserta ujian online Anda.

4. Skalabilitas

Kemudahan untuk menambah spesifikasi hosting juga penting untuk dipertimbangkan. Pastikan bahwa provider hosting yang Anda tuju memberikan kemudahan untuk meningkatkan spesifikasi hosting sewaktu-waktu terutama ketika ujian sedang berlangsung sebagai antisipasi masalah yang akan ditemukan. 

Rumahweb dalam hal ini memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin meningkatkan spesifikasi hosting yang dimiliki tanpa harus melakukan setting ulang data yang tersimpan dan prosesnya bisa dilakukan kapan saja ketika dibutuhkan. 

5. Backup data

Adanya fasilitas backup data secara yang dilakukan secara rutin juga sangat penting dalam pemilihan hosting ujian online. Dalam hal ini backup data menjadi hal penting karena mampu membantu Anda untuk terhindar dari kehilangan data peserta ujian online termasuk data seluruh nilai.

Selain itu, adanya backup data mampu membantu Anda memulihkan data secara cepat apabila terjadi gangguan pada hardware yang digunakan, koneksi, dan juga sebagai antisipasi kehilangan data akibat serangan siber yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. 

6. Dukungan Teknis

Tips terakhir, pastikan bahwa provider tujuan yang akan digunakan memberikan dukungan teknis yang profesional dan solutif untuk membantu Anda menangani masalah yang terjadi ketika ujian online dilaksanakan. Dalam hal ini, Anda tak perlu meragukan lagi atas support yang diberikan dari Rumahweb. 

Rumahweb Indonesia memberikan support teknis yang profesional 24/7 yang siap membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan hosting atau server yang Anda gunakan.

Rekomendasi Hosting Untuk Ujian Online

Setelah memahami pentingnya hosting ujian online hingga tips memilih hosting ujian online yang baik. Selanjutnya, kami akan membahas rekomendasi hosting atau server yang cocok digunakan untuk kebutuhan CBT. 

1. Cloud Hosting

Seperti yang disampaikan pada pemaparan sebelumnya, bahwa hosting ujian online membutuhkan alokasi resources yang dedicated, sehingga tidak disarankan dijalankan pada layanan shared hosting. Dalam hal ini, Cloud Hosting di Rumahweb yang sudah memberikan jaminan alokasi space dan resources dedicated adalah solusinya. 

Selain memberikan jaminan alokasi space dan resources yang dedicated, Cloud Hosting juga memberikan jaminan backup dan free SSL untuk keamanan data peserta CBT Anda. Menggunakan Cloud Hosting tak perlu keterampilan teknis khusus, layanan ini mudah dikelola karena sudah include cPanel didalamnya. 

Dengan biaya mulai Rp120.000/bulan, Anda bisa hosting dengan kapasitas 10GB (dedicated) serta mendapatkan segala kemudahan pengelolaan hosting dan fitur-fitur pendukung untuk optimasi website ujian online Anda. 

2. VPS

Selain Cloud Hosting, Anda juga bisa memilih opsi lain untuk pelaksanaan ujian online dengan menggunakan VPS. Dengan layanan yang sama-sama memberikan space dan resources yang dedicated, namun pada layanan VPS Anda bisa bebas melakukan kustomisasi dari sisi server untuk disesuaikan dengan kebutuhan ujian online Anda. 

Dari segi pengelolaan server, pada layanan VPS dibutuhkan keahlian teknis dalam mengelolanya. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena pada layanan VPS Rumahweb memberikan fasilitas cPanel Solo gratis untuk memudahkan Anda mengelola server yang dimiliki. 

Dedicated Server sebagai alternatif untuk Ujian Online

Jika ujian online akan melibatkan ribuan peserta, Dedicated Server bisa menjadi solusi yang lebih baik dibandingkan cloud hosting atau VPS. Dedicated server adalah server fisik yang disewakan pada pelanggan dengan resource dan bandwidth yang dedicate.

Dengan resource yang lebih besar dan performa yang optimal, dedicated server mampu menangani ribuan permintaan secara simultan. Solusi ini sangat cocok untuk ujian online skala besar, di mana stabilitas dan kecepatan akses sangat penting untuk mencegah masalah teknis selama ujian berlangsung.

Setelah membaca artikel ini, jangan salah pilih hosting untuk ujian online Anda, ya! Pastikan bahwa Anda menggunakan hosting dengan space dan resources yang mumpuni, dedicated, dan memberikan fasilitas untuk keamanan data Anda. Semoga artikel ini membantu.πŸ™‚

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb