Rumahweb Blog
Banner - Ulasan Google Review

Google Review: Fungsi, Contoh, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Google Review adalah salah satu fitur yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi Anda yang memiliki usaha atau bisnis. Fitur ulasan Google ini sangat penting karena dapat memengaruhi reputasi bisnis menjadi lebih positif atau malah negatif.

Apa itu Google Review, apa fungsi dan manfaatnya untuk bisnis, serta bagaimana cara agar mendapatkan review yang baik? Jawaban untuk semua pertanyaan tersebut akan Anda temukan dalam artikel Rumahweb Indonesia yang satu ini. Simak sampai habis, ya!

Apa Itu Google Review

Bagi pemilik bisnis atau usaha, Google Review adalah salah satu fitur yang dapat meningkatkan reputasi bisnis. Reputasi ini dapat meningkat dari umpan balik atau feedback yang diberikan oleh pelanggan.

Google Review adalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengunggah ulasan atau review pengalaman mereka mencoba produk layanan layanan terkait. Ulasan ini akan muncul di di bagian Google Review dan dapat dibaca oleh siapa pun. 

Karena merupakan fitur dari Google, Google Review tentu sudah terintegrasi dengan Google My Business (GMB) dan Google Maps. 

Jadi, misalnya Anda ingin mencoba warung bakso “A” untuk pertama kali. Tentu Anda akan mencari tahu informasinya melalui Google. Mulai dari lokasi, jam operasional, hingga ulasan dari orang-orang yang telah mencobanya. Google Review sedikit banyak juga akan memengaruhi keputusan Anda untuk mencobanya atau tidak.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Semakin bagus ulasan pelanggan, semakin tinggi keinginan calon pelanggan untuk mencobanya, begitu pun sebaliknya. Seperti itulah kekuatan Google Reviews dalam memengaruhi reputasi sebuah bisnis.

BACA JUGA: Jurus Jitu Agar Pelanggan Memberikan Ulasan

Fungsi Google Review

Dari pengertian Google Review di atas, sebenarnya sudah cukup tergambarkan fungsi fitur ini untuk bisnis: untuk menciptakan reputasi bisnis yang baik serta meningkatkan peringkat di mesin pencarian.

Agar lebih memahami berbagai fungsinya, berikut kami rangkum fungsi dari ulasan Google:

1. Menghasilkan Star Rating

Dengan mengaktifkan Google Review di Google My Business, pelanggan bisa memberikan rating bisnis Anda. Rating atau peringkat ini biasanya menggunakan 1-5 bintang.

Bintang yang didapatkan dari ulasan-ulasan pelanggan akan dirata-rata dan menjadi rating bisnis Anda. Semakin tinggi rating tersebut, tentu peluang bisnis Anda muncul di pencarian teratas semakin besar pula.

2. Menambah Jumlah Review

Selain mendapatkan rating, fungsi lain Google Review adalah untuk mendapatkan jumlah review sebanyak mungkin. Semakin banyak review yang didapatkan, menunjukkan bahwa Anda memiliki semakin banyak pelanggan pula, terlepas dari rating yang mereka berikan.

Namun jangan khawatir, Anda juga bisa menyaring ulasan yang memang dianggap tidak pantas dibaca atau bersifat spam oleh calon pelanggan lain.

3. Alat Promosi Gratis

Review positif dari pelanggan tentu sangat berarti bagi bisnis yang Anda kelola. Oleh karena itu, ulasan Google bisa menjadi media promosi gratis. Dengan berbagai ulasan positif dari pelanggan, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat meningkatkan citra baik bisnis.

Anda juga bisa memanfaatkan ulasan positif tersebut untuk meyakinkan calon pelanggan. Jadi, mereka tak akan ragu dan ingin merasakan pengalaman yang sama dengan pelanggan lama.

4. Bahan Evaluasi

Google Review adalah ulasan atau pengalaman murni pelanggan. Karena itulah, sudah sepantasnya ulasan yang masuk juga menjadi bahan evaluasi bisnis ke depannya.

Fungsi Google rating yang satu ini penting untuk membuat bisnis Anda terus maju dan berkembang.

Jika ulasan positif, Anda harus terus mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas bisnis Anda. Begitu pula jika terdapat ulasan negatif. Itu artinya Anda perlu memperbaiki kualitas bisnis ke depannya.

5. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Tak hanya melalui rating, banyak calon pelanggan yang memilih membaca ulasan yang ditinggalkan pelanggan lain sebagai bahan pertimbangan apakah mereka akan mencoba produk atau layanan bisnis Anda.

Tak hanya ulasan yang baik, mereka juga akan membaca dan mempertimbangkan ulasan yang jelek. Itulah mengapa, Google Review juga memengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan. Semakin banyak ulasan positif, semakin yakin dan percaya para pelanggan untuk menjajal produk atau jasa Anda.

Manfaat untuk Bisnis 

Selain beberapa fungsi di atas, ada berbagai manfaat lain Google Review untuk bisnis, di antaranya:

1. Memperbaiki peringkat di Google

Selain untuk referensi calon pelanggan, Google Review adalah tool yang dapat digunakan untuk memperbaiki peringkat bisnis Anda di mesin pencarian Google. 

Ulasan yang masuk akan berpengaruh terhadap peringkat bisnis di mesin pencari. Semakin banyak ulasan yang didapat, semakin besar pula peluang bisnis Anda muncul di halaman pertama pencarian.

2. Memperluas Paparan Bisnis

Ketika bisnis muncul di pencarian teratas Google, atau setidaknya berada di halaman pertama hasil pencarian, prospek bisnis tentu akan semakin luas. Banyak orang yang awalnya tidak tahu keberadaan bisnis Anda, akhirnya tahu berkat Google Review yang muncul. 

3. Mengonversi Lebih Banyak Pelanggan

Google Review dipercaya sebagai ulasan murni atau jujur dari pelanggan yang telah merasakan pengalaman menjajal produk atau layanan bisnis Anda.

Karena itulah, Google Review turut mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. Hal ini berkat ulasan yang sudah ada memengaruhi keyakinan calon pelanggan untuk mencoba produk yang sama.

4. Mengurangi Biaya Promosi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Google Review adalah media promosi gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mempromosikan produk Anda,  karena calon pelanggan sudah mengetahuinya dari ulasan yang ada.

Apalagi, jika ada banyak ulasan positif di halaman Google Review, tentu reputasi bisnis juga akan semakin bagus.

BACA JUGA: Tips dan Strategi Cara Merespon Review Negatif

Contoh Google Review

Agar lebih mudah dipahami, berikut Rumahweb berikan contoh Google Review yang dapat memengaruhi peringkat bisnis di Google serta menunjukkan reputasi bisnis di mata pelanggan.

Ketika Anda mengetik “Rumahweb” pada mesin pencarian, di sebelah kanan akan muncul ulasan singkat seputar Rumahweb. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat rating dan jumlah ulasan yang didapatkan Rumahweb dari pelanggannya.

Google Review Rumahweb

Anda juga bisa mengakses dan membaca seluruh ulasan tersebut dengan mengklik bagian ulasan. Pada bagian ini, Anda dapat melihat apa saja yang menjadi nilai plus Rumahweb atau yang diunggulkan oleh pelanggan. Misalnya, domain, respon CS, hingga server.

ulasan google Rumahweb

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaring ulasan yang ingin Anda baca berdasarkan waktu terbaru, paling relevan, hingga ulasan dengan rating tertinggi atau terendah.

Cara Agar Usaha Anda Bisa Direview di Google

Melihat berbagai fungsi dan manfaat yang didapat dari Google Review, tentu Anda tak ingin menyia-nyiakan peluang ini untuk bisnis Anda, bukan? Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapat ulasan di Google Review.

1. Meminta Pelanggan secara Langsung

Sebenarnya, tanpa diminta pun, pelanggan biasanya akan memberikan ulasan di Google Review, ketika pengalaman yang mereka dapatkan sangat menyenangkan atau sebaliknya.

Tapi tidak ada salahnya jika Anda meminta langsung kepada pelanggan untuk memberikan feedback di halaman Google Review bisnis Anda.

Anda perlu memintanya dengan baik agar para pelanggan mau meluangkan sedikit waktunya untuk menulis ulasan di Google Review. Misalnya dengan. alasan untuk meningkatkan kualitas bisnis, ingin mengetahui kebutuhan pelanggan, dan lain sebagainya. Hal ini biasanya akan mendorong pelanggan untuk membuat ulasan. 

Car lainnya adalah dengan menawarkan merchandise eksklusif bagi pelanggan yang sudah menulis ulasan di Google Review. 

2. Menggunakan Software Review

Selain meminta langsung kepada pelanggan, Anda juga bisa mendapatkan ulasan di Google Review melalui software review. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapat ulasan dari pelanggan yang telah melakukan transaksi.

Mereka hanya perlu mengklik link yang Anda sertakan, dan permintaan tersebut akan dikirim melalui Google.  Beberapa software review yang bisa digunakan misalnya, Trust Pilot, Yotpo, dan BirdEye.

BACA JUGA: Apa Itu Feedback? Arti, Manfaat, dan Strateginya

Cara Mendapatkan Review Baik

Ulasan di Google Review berpengaruh besar terhadap reputasi bisnis. Karena itu, sudah seharusnya Anda berusaha mendapatkan review yang baik dari pelanggan.

Semakin banyak review positif yang didapatkan, semakin bagus pula reputasi bisnis Anda. Untuk mendapatkan review yang positif atau baik dari pelanggan, simak beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, mulai dari pembelian, layanan, hingga permintaan feedback. Usahakan pelanggan ini merasa puas dan senang setelah mencoba produk ataau layanan Anda. 
  2. Jika perlu, berikan reward kepada pelanggan yang sudah memberikan ulasan untuk bisnis Anda. Misalnya dengan memberikan merchandise atau diskon khusus.
  3. Tetap jaga hubungan baik dengan pelanggan. Jika ada ulasan yang menunjukkan ketidakpuasan, Anda bisa memberikan respons dan menghubungi mereka untuk menindaklanjuti pengalaman kurang menyenangkan tersebut. Dengan begitu, mereka tahu bahwa Anda benar-benar serius menanggapi feedback dari pelanggan.

Dapat disimpulkan bahwa Google Reviews adalah salah satu fitur dari Google yang dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis. Jangan sampai Anda mengabaikan kesempatan ini untuk membuat bisnis Anda lebih baik. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb