Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu Domain Pengertian, Manfaat dan Cara Membelinya

Apa itu Domain? Pengertian, Manfaat dan Cara Membelinya

Domain adalah nama unik yang digunakan agar pengunjung dapat mengakses website Anda dengan lebih mudah. Lebih sederhananya, domain adalah alamat website yang Anda ketik pada URL bar di browser dengan akhiran seperti .co, .com, .co.id, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin membuat sebuah website, domain adalah elemen penting yang membuat website akan lebih mudah diakses oleh orang lain. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai domain dari Rumahweb Indonesia!

Apa Itu Domain?

Domain adalah alamat yang dapat digunakan untuk mengakses sebuah website. Domain dapat membantu Anda untuk menemukan alamat website dengan lebih mudah. Tanpa adanya domain, maka Anda perlu menulis IP server untuk bisa mengakses sebuah website.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah domain pada website adalah Anda perlu menggunakan kata yang unik dan juga menggambarkan isi website.

Pada dasarnya, domain memiliki 2 unsur utama. yaitu nama website dan ekstensi. Contohnya seperti rumahweb.com. Pada domain ini kata rumahweb adalah nama website dan .com adalah ekstensi yang digunakan. 

Ekstensi Domain

Hal selanjutnya yang harus dipelajari pada domain adalah jenis ekstensinya. Pasti Anda sudah familiar dengan ekstensi domain yang populer digunakan, seperti .com, .org, atau .net.

Ketiga ekstensi ini adalah domain yang paling banyak digunakan pada website di seluruh dunia. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus memiliki ekstensi yang serupa. Faktanya, ada cukup banyak ekstensi domain yang bisa digunakkan sesuai dengan kebutuhan dan identitas website.

Berikut kami rangkum jenis-jenis ekstensi domain:

1. Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain adalah tipe ekstensi domain yang paling sering digunakan oleh para pemilik website

Seperti namanya, jenis ekstensi domain ini menjadi tipe paling atas pada sistemnya. Saat ini, tersedia berbagai TLD yang bisa digunakan, misalnya seperti .com, .org, .edu, dan lainnya.

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Country Code Top Level Domain adalah tipe ekstensi yang merupakan keterangan asal negara.

Biasanya ccTLD ini hanya menggunakan 2 huruf singkatan, seperti EU, ID, US, dan sebagainya, sebagai penanda website tersebut dibuat untuk wilayah tertentu saja. Di Indonesia ccTLD-nya adalah .id.

3. Generic Top Level Domain (gTLD)

Generic Top Level Domain adalah ekstensi domain yang dapat digunakan untuk sebuah organisasi atau bidang tertentu.

Jika diamati, biasanya website pemerintahan akan menggunakan ekstensi domain .gov, atau .mil pada lembaga militer, sebagai tanda pada bidang apa website tersebut ditujukan.

4. Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain adalah jenis domain yang memiliki unsur ccTLD (Country Code Top Level Domain) dan gTLD (Generic Top Level Domain). Contohnya seperti .go.id, .co.us, dan sejenisnya.

5. Third Level Domain (TLD)

Third Level Domain adalah tipe domain yang biasanya juga disebut dengan subdomain. Biasanya Anda menemui TLD ini pada bagian depan sebuah website seperti (www).

Contohnya seperti pada www.rumahweb.com, (www) pada bagian depan dinamakan subdomain atau TLD.

Cara Cek Domain

Untuk membuat sebuah website, Anda harus memastikan jika domain yang ingin digunakan belum terdaftar, atau belum dipakai oleh orang lain. Berikut ini adalah cara untuk cek domain dengan mudah di Rumahweb:

  1. Buka situs pencari domain dari Rumahweb Indonesia, atau klik Cek Domain.
  2. Masukkan nama domain yang ingin Anda buat.
  3. Terakhir, Anda bisa langsung klik tombol Cek Domain untuk memastikan domain masih tersedia. 

Cara Membeli Domain

Domain adalah unsur yang sangat penting dalam sebuah website agar bisa dikunjungi oleh banyak orang. Oleh karena itu, setelah Anda sudah menentukan nama website yang ingin digunakan, selanjutnya Anda harus segera mendaftarkan domain tersebut sebelum digunakan oleh orang lain!

Rumahweb Indonesia menyediakan berbagai ekstensi domain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan lebih dari 400 ekstensi domain yang ditawarkan, pastikan Anda memilih ekstensi yang unik dan sesuai dengan isi website.

Setelah Domain Aktif, Apa yang Bisa Anda Lakukan?

Setelah domain dinyatakan aktif, selanjutnya Anda dapat menggunakan domain tersebut untuk berbagai hal, di antaranya seperti:

1. Domain Forwarding

Domain forwarding adalah proses membelokkan atau mem-forward URL domain ke alamat website atau link tertentu. Hal ini membuat siapapun yang mengakses domain anda, akan diarahkan ke link yang telah disetting.

Misalnya, Anda memiliki domain rumahweb.xyz dan ingin mengarahkan pengunjung ke akun Instagram, atau blogspot Anda, maka Anda bisa mengaktifkan fitur domain forwarding ini. Nantinya pengunjung yang mengakses domain tersebut akan otomatis diarahkan ke halaman yang sudah disetting sebelumnya.

Fitur Domain forwarding dapat anda temukan di halaman Clientzone (bagi pemesan domain saja) maupun di control panel (bagi pengguna domain dan hosting).

Simak panduan berikut ini untuk mengetahui cara setting domain forwarding di Rumahweb.

2. Membuat Website

Hal lain yang dapat Anda lakukan setelah domain aktif adalah membuat sebuah website. Anda dapat membuatnya dengan bantuan berbagai platform, seperti WordPress, Weebly, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat website dengan CMS seperti WordPress, Weebly atau SitePro misalnya, pastikan Anda sudah memesan layanan hostingnya terlebih dahulu.

Tutorial lebih lengkap mengenai cara membuat website, bisa anda pelajari melalui artikel berikut :

3. Membuat Email

Fasilitas lain yang bisa Anda manfaatkan adalah membuat email dengan nama domain sendiri. Penggunaan email dengan domain ini akan sangat bermanfaat, terutama bila Anda mengelola sebuah bisnis. Dengan email tersebut, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional sekaligus meningkatkan branding usaha Anda.

Untuk membuat email dengan nama domain anda sendiri, anda perlu memesan layanan tambahan berupa hosting atau email profesional seperti Google Workspace, Titan Mail hingga Alimail.

Setelah domain dan hosting atau domain dengan layanan Email profesional telah aktif, Anda bisa membuat email dengan panduan sebagai berikut :

Itu dia penjelasan mengenai domain dari Rumahweb Indonesia. Segera daftarkan domain Anda sekarang dan dapatkan penawaran terbaik dari Rumahweb!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents