Rumahweb Blog
banner artikel - Contoh Tulisan Estetik yang Benar dan Cara Membuatnya

Contoh Tulisan Estetik yang Benar dan Cara Membuatnya

Sebuah desain visual tentu tidak akan lengkap tanpa kehadiran font. Bagi Anda pengguna media digital atau media sosial, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah font. Setiap aplikasi biasanya memiliki font atau tulisan yang berbeda mulai dari yang basic sampai tulisan estetik.

Contohnya, pada fitur Instagram Story di mana pengguna dapat menambahkan tulisan estetik pada foto maupun video yang ingin diunggah untuk menambah kesan menarik.

Selain font yang sudah disediakan di platform, sebenarnya Anda juga bisa membuat tulisan estetik sendiri yang dapat disesuaikan dengan style Anda sendiri. Bagaimana cara membuatnya? Simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Tulisan Estetik

Sebelum memahami tulisan estetik, Anda perlu mengetahui makna tulisan atau font terlebih dahulu. Font adalah istilah yang dipakai untuk menyebut bentuk huruf dalam dunia komputer. Sedangkan kata estetik, berasal dari bahasa Inggris “aesthetic” yang bermakna keindahan.

Jika digabungkan, tulisan estetik adalah suatu huruf yang terbentuk dari susunan bentuk yang memiliki nilai keindahan. Sesuai dengan pengertiannya, setiap tulisan estetik biasanya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing yang membedakannya antara satu dengan yang lain.

Contoh Tulisan Estetik

Berikut ini beberapa contoh tulisan estetik yang dapat Anda unduh melalui situs DaFont.

1. Bebas Neue

Bebas Neue - Contoh Tulisan Estetik

Font ini cocok untuk Anda yang membutuhkan tulisan basic dan bold. Desainnya sedikit mengingatkan Anda dengan Arial Bold pada Microsoft Word, namun dengan bentuk lebih ‘ramping’.

2. Better Yesterday

Better Yesterday - Contoh Tulisan Estetik

Font Better Yesterday ini lekat dengan kesan feminin dan sangat cocok digunakan jika Anda membutuhkan font bertema tulisan bersambung.

3. Ancient

Ancient - Contoh Tulisan Estetik

Ada juga berbagai font yang memiliki tema gothic, salah satunya font Ancient ini. Tulisan bertema gothic ini lebih cocok disandingkan dengan desain yang “dark”.

4. The Brooklyn

The Brooklyn

Tampilan font ini sangat simpel, dengan goresan tipis namun tegas. Font ini cocok untuk produk-produk fashion dan kecantikan. Penggunaannya dapat menimbulkan kesan berkelas dan elegan.

5. Sketch Block

Sketch Block

Sesuai namanya, font ini menampilkan kesan goresan pensil atau sketch yang dapat membuat tampilan desain jadi lebih menarik. Selain itu, font ini juga dapat memberi kesan tegas.

6. Cheeky Rabbit

Cheeky Rabbit

Bila Anda mencari font yang cocok untuk buku atau produk anak-anak, fontl Cheeky Rabbit ini bisa menjadi opsi Anda. Font ini menampilkan kesan childish namun tetap menarik.

7. Game of Squids

Game of Squids

Font terakhir yang bisa digunakan adalah Game of Squids, yang sangat lekat dengan kesan techno. Font ini cocok dengan desain yang berhubungan dengan futuristik dan sci-fi.

BACA JUGA: Cara Mengubah Font di Bio Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Tulisan Estetik

Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan untuk bisa membuat tulisan estetik, salah satunya pemilihan font yang tepat. Berikut kami rangkum langkahnya untuk Anda!

1. Tentukan Tema

Sebelum membuat tulisan estetik, bagaimanapun bentuknya, Anda perlu menentukan tema yang ingin digunakan terlebih dahulu.

Misalnya, Anda ingin membuat tulisan yang relate dengan wanita karir, maka desain secara keseluruhan harus merepresentasikan wanita karir tersebut, misalnya elegan, tegas, dan sebagainya.

2. Masukkan Sisi Emosional di Dalamnya

Tips satu ini seringkali luput dari perhatian. Padahal, memasukkan sisi emosional, baik di desain visual maupun di bagian teks, dapat menjaring engagement yang lebih tinggi karena audiens yang melihat akan merasa dekat.

3. Buat Coretan Konsepnya

Setelah tema ditentukan, sebaiknya Anda membuat coretan konsepnya di kertas terlebih dahulu untuk meminimalisir terjadinya kesalahan saat desain tulisan estetik dibuat versi digitalnya.

4. Tentukan Font dan Aplikasi yang Tepat

Tema sangat menentukan pemilihan font dalam sebuah desain. Misalnya, desain bertema masa depan membutuhkan font yang berbau futuristik atau sci-fi, desain fashion atau kecantikan akan membutuhkan font yang memiliki kesan elegan, berkelas, dan masih banyak lagi.

5. Pahami Keseimbangan Unsur Desain

Hal lain yang tidak boleh luput adalah soal keseimbangan unsur desain. Ada 2 aspek yang perlu mendapat perhatian. Pertama gunakan hanya 2 variasi font di setiap konten. Kedua, pastikan juga white space (bagian desain yang tidak berisi apapun) memiliki porsi yang  seimbang dengan ukuran tulisan.

BACA JUGA: Download Font Aesthetic RP (Role Play) Gratis

Membuat tulisan estetik memang cukup menantang, apalagi jika Anda baru pertama kali mencobanya. Namun seiring waktu, membuat desain tulisan ini akan terasa menyenangkan, karena Anda bisa mengekspresikan gaya Anda dengan bebas. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb