Rumahweb Blog
banner blog - Contoh Digital Marketing Yang Sukses di Indonesia

Contoh Digital Marketing Yang Sukses di Indonesia

Apakah Anda pernah melihat berbagai idol group menjadi brand ambassador marketplace? Atau Anda sering membeli produk setelah melihat review seseorang di TikTok? Keduanya adalah contoh digital marketing yang terbukti sukses dan semakin digandrungi perusahaan. 

Contoh digital marketing seperti ini terbukti sangat efektif dan efisien, apalagi karena menyasar target pasar tertentu. Seperti yang sudah dibahas pada artikel pengertian digital marketing, melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh digital marketing, tak sedikit perusahaan yang akhirnya beralih ke pemasaran melalui media digital ini. 

Terbukti, berbagai perusahaan mengalami perkembangan pesat dan tentunya meraup konsumen yang lebih banyak lagi setelah mulai menerapkan berbagai strategi digital marketing pada bisnis mereka.

Bagi Anda yang penasaran dengan contoh digital marketing yang telah membawa perusahaan-perusahaan pada kesuksesan, berikut kami ulas selengkapnya.

Contoh-Contoh Digital Marketing yang Sukses

1. Netflix

Saat ini, Netflix tentu bukan hal asing di telinga kita. Perusahaan yang bergerak di layanan streaming film ini memang menunjukkan perkembangan yang sangat pesat beberapa tahun terakhir.

Percayakah Anda bahwa perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1997? Awalnya, Netflix adalah perusahaan yang menyewakan film DVD dengan durasi tertentu. Melihat perkembangan internet di Amerika kala itu, Netflix pun memulai layanan digitalnya pertamanya di tahun 2007.

Netflix telah melalui berbagai proses digital marketing untuk bisa mencapai kesuksesan seperti saat ini. Contoh digital marketing yang pernah mereka lakukan tidak hanya sebatas menayangkan iklan di mesin pencarian, atau berkolaborasi dengan perusahaan produksi film.

Netflix juga melakukan aktivasi media sosial dengan berbagai konten lucu, atau meme, terkait berbagai film dan serial yang ditayangkan. Hal ini tentunya menarik perhatian audiens.

Contoh Digital Marketing yang Sukses - Netflix

Hasilnya, belasan tahun kemudian, Netflix menjadi perusahaan streaming film dengan jumlah pengguna yang tak sedikit, yaitu sekitar 167 juta pengguna di tahun 2020.

2. Tokopedia

Salah satu marketplace di Indonesia yang menunjukkan kesuksesan yang luar biasa adalah Tokopedia. Perusahaan yang bergerak sebagai wadah transaksi jual beli ini juga telah menjalankan berbagai strategi digital marketing

Diluncurkan pada tahun 2009, Tokopedia berupaya agar perusahaannya dapat dikenal oleh masyarakat luas, baik pembeli,  maupun penjual.

Hasilnya, kini Tokopedia berhasil meraih posisi sebagai salah satu startup bergelar Unicorn dan digadang-gadang akan menjadi Decacorn setelah melakukan merger dengan perusahaan Gojek.

Selain mengoptimalkan Search Engine Marketing dan Social Media Advertising, salah satu contoh digital marketing yang diterapkan oleh Tokopedia dan menuai kesuksesan besar adalah dengan menggandeng figur publik dan selebritas untuk mempromosikan perusahaan mereka. 

Awalnya, Tokopedia menarik figur publik dalam negeri untuk menjadi brand ambassador. Kini, perusahaan ini pun mulai menggandeng figur publik luar negeri. Sebut saja idol group asal Korea Selatan, BTS. Tokopedia sangat memahami bahwa Korean Wave di Indonesia adalah peluang yang besar.

Contoh Digital Marketing yang Sukses - Tokopedia

Tak hanya menjadikan BTS brand ambassador, Tokopedia juga menyediakan “hadiah” bagi para pengguna Tokopedia dalam bentuk merchandise BTS, yang tentu saja menarik minat konsumen, khususnya penggemar idol group tersebut. 

3. Erigo

Besarnya peluang pemasaran di dunia digital juga dimanfaatkan oleh salah satu brand fashion lokal, yaitu Erigo. Bahkan bisnis satu ini berhasil bersaing dengan berbagai brand fashion ternama lainnya dalam waktu sekejap. 

Awalnya, Erigo melancarkan strategi digital marketing-nya melalui website dan media sosial Instagram. Mereka bekerja sama dengan sejumlah figur publik untuk melakukan endorsement. Salah satu kerja sama yang paling besar dan terkenal adalah bersama Raffi Ahmad.

Contoh digital marketing dengan menggandeng pesohor seperti Raffi Ahmad ini tentu membuahkan hasil, mengingat popularitas Raffi yang begitu besar. Penjualan dan perkembangan perusahaan Erigo pun meningkat tajam.

Contoh Digital Marketing yang Sukses - Erigo

Semakin menunjukkan taringnya di dunia internasional, baru-baru ini iklan Erigo bahkan terpampang di Times Square New York. Tak hanya itu, Erigo juga berhasil melenggang di New York Fashion Week 2022 yang tentunya akan semakin membuat brand fashion ini terkenal.

4. Maicih

Bagi anda pecinta makanan pedas, tentu sudah tidak asing lagi dengan keripik satu ini. Keripik pedas Maicih juga menjadi salah satu contoh digital marketing yang sukses.

Awalnya, Maicih hanya menjajakan produknya di tempat-tempat keramaian, seperti kampus, Sunday market, dan lainnya. Namun mereka tidak selalu berjualan di satu tempat yang sama, sehingga banyak yang penasaran dan menanti-nantikan di mana lokasi mereka berikutnya.

Maicih

Strategi ini ternyata berhasil. Pengikut akun Twitter Maicih pun meningkat drastis karena mereka akan mengabarkan lokasi melalui akun media sosial tersebut. Tepat di hari mereka berjualan, bukan pemandangan yang mengherankan lagi jika pembeli berbondong-bondong bahkan antri untuk bisa membeli produk mereka. 

Kini setelah bisnis mereka semakin berkembang, produk Maicih bisa didapatkan secara lebih mudah. Baik melalui marketplace, supermarket, maupun minimarket terdekat.

5. Scarlett Whitening

Brand kecantikan satu ini juga telah berhasil menjalankan strategi digital marketing-nya. Bukan karena pemiliknya adalah seorang artis, namun strategi digital marketing yang dilakukan lah yang membuat Scarlett Whitening semakin dikenal oleh masyarakat. 

Memanfaatkan media sosial, Scarlett Whitening dapat menjadi salah satu contoh digital marketing yang bisa anda tiru. Strategi utama mereka adalah menggandeng influencer untuk mengulas produk mereka.

Tak hanya di-endorse oleh artis-artis terkenal, namun Scarlett Whitening juga mengandalkan micro influencer dalam mengulas produk mereka.

Dengan strategi ini, Scarlett Whitening tidak hanya dapat meminimalkan budget marketing. Strategi affiliate marketing seperti ini juga lebih dipercaya oleh masyarakat karena dianggap memberikan ulasan dan testimoni asli.

Setelah bisnisnya berkembang pesat, Scarlett Whitening mulai melebarkan bisnisnya dan menggaet sejumlah figur publik dunia untuk mempromosikan produk mereka. Terbaru, Scarlett Whitening menggandeng Song Joong Ki dan Twice sebagai brand ambassador mereka.

Scarlett Whitening image 1
Scarlett Whitening image 2

Berikut lima contoh digital marketing yang sukses diterapkan di Indonesia dan membawa perusahaan-perusahaan tersebut pada kesuksesan. Sesuaikan budget pemasaran dengan menyontek contoh digital marketing di atas untuk mengantarkan bisnis Anda pada kesuksesan.

Demikian artikel contoh digital marketing dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing