Rumahweb Blog
banner blog - Ekstensi Terbaik, .com atau .id

.COM vs .ID – Mana Yang Lebih Baik?

Beberapa ekstensi domain yang populer saat ini adalah .com dan .id. Keduanya pun memiliki kelebihannya masing-masing. Lalu mana yang lebih baik antara .com vs .id? Pada artikel ini, kami akan mengulasnya untuk Anda.

Website adalah salah satu komponen utama untuk mempromosikan bisnis di internet. Jika Anda baru akan mulai membuat website, salah satu pertanyaan yang muncul adalah, apa ekstensi terbaik untuk digunakan?

Walaupun sebenarnya ekstensi domain tidak memengaruhi peringkat website di mesin pencari, seperti Google, tapi domain memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses website, sekaligus dapat digunakan untuk branding bisnis Anda. Maka dari itu, Anda harus memilih domain yang menarik dan mudah diingat. 

Saat ini, ada dua ekstensi yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu .COM dan .ID. Lalu dari keduanya, mana yang lebih baik saya pilih?

Domain .COM

Ekstensi .com terdengar lebih umum dan mudah diingat. Kebanyakan orang awam tidak mengetahui bahwa, selain.com, ada banyak ekstensi domain yang bisa digunakan sesuai dengan peruntukan website. Sebagai contoh, website yang digunakan untuk promosi bisnis dapat menggunakan .store, atau yang lebih spesifik seperti .coffee, .clothing, dan sebagainya. 

Orang lebih familiar dengan ekstensi .com sehingga mereka akan terlebih dahulu mengakses (nama perusahaan).com dibandingkan dengan (nama perusahaan).co.id, atau (nama perusahaan).store.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Popularitas .com dibuktikan dengan lebih dari 50% website yang ada saat ini menggunakan ekstensi .com. Hal ini membuat ketersediaan domain .com semakin terbatas. Karena itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan ekstensi lain, salah satunya .id.

Domain .ID

Kebanyakan domain ID memang membutuhkan verifikasi seperti upload scan KTP (Kartu Tanda Penduduk), surat keterangan terkait, atau sertifikat tertentu, seperti SIUP atau TDP untuk domain .co.id. 

Kabar baiknya, Anda tidak membutuhkan verifikasi apa pun untuk domain .id. Ekstensi ini sudah mulai ‘dilirik’ sebagai alternatif ekstensi domain selain .com, terutama untuk bisnis.

Dengan menggunakan ekstensi .id, website Anda akan terlihat lebih resmi. Selain itu pada website untuk bisnis, domain .id dapat menunjukkan pada pengunjung website bahwa bisnis Anda berasal dari Indonesia, atau hanya melayani untuk wilayah Indonesia.

Domain .COM vs .ID, Pilih yang mana?

Ekstensi .com vs .id memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, apabila Anda baru merintis bisnis yang terfokus pada wilayah Indonesia, Anda dapat mencoba menggunakan domain .id.

Jika Anda tertarik untuk memiliki domain .id, Anda dapat melakukan pemesanan melalui Rumahweb Indonesia cukup dengan harga Rp199.000/tahun. Klik ‘Beli Domain‘ untuk melanjutkan pemesanan. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Agnes Sony Tianinda

banner Pop Up - Hosting 99K