Rumahweb Blog
banner - Cara Screenshot di Laptop Dengan Cepat dan Mudah

Cara Screenshot di Laptop Dengan Cepat dan Mudah

Baik bagi mahasiswa maupun pekerja, laptop dan PC merupakan gawai yang sudah tentu sering digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Di antara begitu banyaknya fungsi yang ditawarkan, tangkapan layar atau screenshot merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan. Namun, jika Anda belum tahu cara screenshot di laptop, baca artikel ini untuk mengetahui tujuh cara untuk melakukannya.

Pada dasarnya, fitur screenshot sudah tersedia dalam sistem operasi bawaan di setiap unit laptop. Namun, Anda pun juga bisa melakukan screenshot dengan menggunakan berbagai macam aplikasi screenshot laptop yang tersedia.

Setelah mengetahui cara screenshot di laptop, berbagai pekerjaan pun makin mudah untuk diselesaikan!

7 Cara Screenshot di Laptop

Setiap laptop dengan sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 10, secara umum memiliki cara melakukan screenshot yang sama. Kendati demikian, setiap sistem operasi Windows terkadang juga memiliki caranya masing-masing, yang tidak bisa dilakukan pada sistem operasi yang lain. Berikut ini adalah tujuh cara screenshot di laptop Windows yang bisa Anda praktikkan.

1. Dengan Satu Tombol

Cara screenshot di laptop pertama, sekaligus yang paling mudah, yaitu cukup dengan menekan tombol PrtSc.

  • Pertama, buka layar yang akan di-screenshot
  • Tekan tombol PrtSc pada keyboard, yang biasanya terletak di sisi kanan keyboard laptop (beberapa laptop menempatkannya di sisi bawah, beberapa lagi di pojok atas)
  • Buka aplikasi Paint bawaan Windows, lalu paste atau tekan Ctrl + V
  • Hasil screenshot layar laptop akan langsung tampil di Paint. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan dengan memilih menu File > Save As > JPEG. Selain format JPEG, Anda pun dapat memilih format gambar lainnya sesuai kebutuhan.

Selain Paint, Anda bisa menggunakan aplikasi lain seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot.

2. Tombol Windows + Prt Sc

Cara screenshot di laptop yang satu ini sudah mulai dilakukan sejak kemunculan Windows XP. Meskipun sudah tidak di-update lagi, cara screenshot di laptop Windows XP ini juga masih bisa dilakukan pada Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10. Begini caranya:

  • Tekan logo Windows + PrtSc secara bersamaan pada keyboard 
  • Jika layar laptop sudah berkedip sepersekian detik, maka artinya proses screenshot sudah selesai.
  • Gambar hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder Picture laptop, tepatnya di C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots. 

3. Snip & Sketch

Cara screenshot di laptop dan PC menggunakan Snip & Sketch juga terbilang salah satu metode yang cukup mudah. Anda hanya perlu menekan tombol Windows + Shift + S. Setelah itu, akan muncul jendela baru, tempat layar yang ditangkap ditampilkan.

Untuk melakukan screenshot, silakan gerakkan kursor bersimbol + dan letakkan pada bagian layar laptop atau pc yang ingin disimpan. Metode ini hampir serupa dengan proses cropping atau memotong gambar.

Bagian layar yang tertangkap kemudian akan berubah warna menjadi terang. Setelah selesai, hasil screenshot akan muncul pada sudut kanan bawah layar laptop atau PC.

Klik untuk melihat hasil screenshot pada clipboard. Anda pun bisa mengedit gambar dengan menambahkan atau mengurangi bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon bergambar disket untuk menyimpan hasil screenshot dan memilih folder untuk menyimpannya.

4. Snipping Tool

Jika Anda memiliki laptop dengan sistem operasi Windows baru, maka Anda bisa memanfaatkan sebuah aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan screenshot dan membuat anotasinya.

Cara screenshot di laptop menggunakan aplikasi ini, Anda perlu membukanya dengan cara memanggil melalui Cortana (Windows 10) atau klik Start dan mengetik “snipping tool” di search bar.

Setelah aplikasi terbuka, klik New, dan pilih area screenshot yang ingin direkam. Setelah itu, Anda bisa langsung menyimpannya atau melakukan screenshot ulang jika dirasa masih perlu.

Fitur Snipping Tools ini pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista, dan hingga kini dianggap sebagai salah satu cara screenshot di laptop dan PC yang paling praktis.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

5. Tombol Windows + G

Cara screenshot di laptop juga bisa Anda lakukan melalui game bar, dengan cara menekan tombol Windows + G. Setelah tombol ditekan, akan muncul tampilan game bar, di mana Anda tinggal klik Capture untuk menangkap gambar layar laptop. Selain dapat melakukan screenshot, game bar juga dapat dimanfaatkan untuk merekam layar, dan melakukan live streaming ketika bermain game.

Cara screenshot layar laptop dan PC menggunakan metode ini juga cukup sederhana. Setelah Anda menekan tombol Windows + G, maka akan muncul jendela baru. Pilih ikon bergambar kamera untuk melakukan screenshot.

Hasil screenshot akan muncul pada jendela Gallery, dan Anda bisa membukanya dengan cara klik Open File Location yang terletak pada pojok kanan bawah.

Satu hal yang menarik dari metode ini, selain bisa melakukan screenshot layar laptop dan PC, Anda juga bisa membagikan hasil screenshot melalui Twitter, menyimpannya dalam clipboard, bahkan membuat meme untuk diunduh ke internet.

6. Tombol Alt + Prt Sc

Cara screenshot yang satu ini bisa dilakukan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Caranya hampir mirip dengan metode-metode sebelumnya, di mana Anda cukup menekan tombol alt + Prt Sc.

Setelah itu, buka aplikasi Paint atau Microsoft Word, dan tinggal paste hasil screenshot yang telah diambil. Selain tombol yang berbeda, cara screenshot ini juga memiliki perbedaan pada hasilnya. Perbedaan cukup tampak terlihat pada hasil screenshot, di mana hanya jendela aktif saja yang akan tertangkap. Sementara, bagian taskbar dan yang lain tidak turut terambil screenshot-nya.

7. Tombol Windows + Volume Down

Cara terakhir ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Windows Surface. Cara, cukup dengan menekan tombol Windows + Volume Down secara bersamaan. Untuk mencari hasil gambar screenshot, Anda bisa menemukannya pada folder Screenshot, dimana gambar tersebut akan disimpan secara otomatis.

Tadi itu tujuh cara screenshot yang bisa Anda lakukan di laptop, mulai dari yang hanya menggunakan satu tombol, hingga yang memanfaatkan aplikasi bantuan. Ketujuh cara screenshot di laptop yang telah dijelaskan di atas sudah sangat lumrah dilakukan, tinggal Anda memilih paling nyaman menggunakan cara yang mana. Selamat mencoba!

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda