Rumahweb Blog
3 Cara Optimasi Instagram Bisnis Untuk Menaikkan Trafik

3 Cara Optimasi Instagram Bisnis Untuk Menaikkan Trafik

Instagram bukan hanya sekedar media sosial biasa pada saat ini. Tahukah Anda bahwa Instagram menjadi salah satu media yang tepat untuk mengembangkan usaha hingga membangun reputasi dari bisnis Anda? Lalu bagaimana cara optimasi Instagram agar trafik dan reputasi bisnis meningkat?

Nah, Anda dapat melakukan optimasi Instagram sebagai media pendukung, media promosi serta media untuk membangun reputasi bagi usaha Anda.

Namun, membangun atau mengurus akun Instagram tidak semudah yang Anda bayangkan, lho! Memiliki akun Instagram bukan berarti mengenai persoalan asal posting-posting saja. Pelajari cara berikut untuk optimasi Instagram guna meningkatkan bisnis Anda.

1. Gunakan Tools Instagram Business

Instagram telah merilis sebuah alat untuk mengukur statistik dari setiap kegiatan yang telah di posting yakni Instagram Business. Melalui Instagram Business, Anda dapat menganalisis beberapa hal, antara lain:

Melihat Statistik Postingan

Melihat statistik postingan yang terdiri dari impression (berapa kali postingan kita dilihat), reach (berapa akun yang melihat postingan kita), dan engagement (berapa banyak like serta komentar atas foto yang telah kita upload).

Dari perhitungan 3 komponen ini, Anda dapat melakukan optimasi postingan di Instagram untuk meraih atensi followers. Tujuannya untuk lebih mengenal serta menimbulkan keinginan calon pelanggan untuk membeli atau mengakses produk serta jasa yang Anda tawarkan.

Melihat statistik followers

Dari tools ini Anda dapat melihat presentase umur, gender, hingga top location followers. Dari statistik ini Anda dapat mengoptimalkan promosi yang lebih signifikan terhadap target market, untuk mencapai tujuan atau objektif yang diinginkan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat hari yang paling aktif digunakan, hingga waktu atau jam yang paling sering followers gunakan untuk mengakses akun Anda.

Mengatur iklan

Salah satu fitur penting dari Instagram Business adalah untuk mengatur postingan yang ingin kita buat menjadi iklan melalui boost post. Dari situ, konten Anda akan banyak diakses oleh followers maupun non followers dan pada akhirnya akan menghasilkan branding yang memuaskan.

Jangan lupakan pula fitur ads di Instagram Story yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Instagram. Dari konversi ads tersebut maka postingan dan akun Anda akan mendapatkan atensi oleh calon pelanggan atau followers akun tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai ketentuan dan tata cara menggunakan Instagram Business ini dapat di akses melalui link berikut https://business.instagram.com/.

Baca juga artikel : Tips SEO di Instagram Untuk Meningkatkan Hasil Pencarian

2. Atur Schedule Postingan

Salah satu pengaturan untuk optimasi akun Instagram adalah dengan membuat format untuk menjadwalkan postingan-postingan tersebut agar lebih teratur, memiliki tema, dan sesuai dengan perayaan hari-hari tertentu.

Berikut contoh template paling mudah untuk mengatur postingan:

JadwalCaptionPlatform Social Media
Senin, 11 September 2017Halo, apakah kamu sudah tahu list domain terpopuler tahun ini? Lihat dulu di postingan ini ya!Instagram
   

3. Instagram = Visual

Instagram merupakan salah satu channel sosial media yang mengutamakan keindahan gambar atau grafis. Di Instagram, Anda bisa berkreasi untuk mendapatkan gambar yang menarik melalui fotografi, platform stock photo berbayar, ataupun platform stock photo gratis seperti pexel.com.

Dari stock gambar yang telah didapatkan, Anda bisa berkreasi dan menyesuaikan melalui editing di photoshop atau yang paling mudah seperti Canva.

Jika sudah mendapatkan hasil visual yang menarik, jangan lupakan untuk menyertakan CTA atau call to action. Gambar bisa berarti pesan serta tambahkan kalimat sederhana, unik dan persuasif agar followers dapat mudah untuk mengetahui maksud Anda. Gambar akan lebih mudah dicerna dan dimengerti jika ditambahkan text yang menarik & to the point sesuai dengan objektif atau pesan komunikasi yang ingin Anda sampaikan.

Mudah bukan? Sudah saatnya melakukan optimasi pada platform-platform social media untuk menarik quality lead atau customer yang berkualitas serta berpotensial. Yuk, mulai kembangkan ide kreatif Anda di Instagram!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb