Rumahweb Blog
Cara Memperbesar Resolusi Foto tanpa Kehilangan Kualitas

Cara Memperbesar Resolusi Foto tanpa Kehilangan Kualitas

Memperbesar gambar melebihi ukuran aslinya akan otomatis berakibat menurunkan kualitasnya. Penurunan kualitas ini biasanya berupa  gambar menjadi buram dan pecah-pecah, atau biasa disebut blur.

Pada artikel ini kami akan memperkenalkan pada Anda, tools yang biasa digunakan untuk memperbesar gambar tanpa menghilangkan kualitasnya. Penasaran? Langsung saja simak artikelnya sampai selesai.

Ada banyak pilihan tools yang dapat digunakan untuk mempertajam kualitas gambar. Berikut  ini adalah tools yang biasa kami gunakan, beserta penjelasan masing-masing  fitur serta kelebihannya.

1. GIMP

Adalah tools gratis alternatif dari Photoshop, jika  Anda enggan untuk  membayar lisensi Photoshop. GIMP merupakan aplikasi open Source yang dilengkapi dengan fitur-fitur keren yang bisa digunakan untuk memperbesar resolusi foto Anda.

Berikut ini beberapa fitur utama GIMP yang telah kami rangkum;

  • Untuk memperbesar foto, Anda hanya cukup klik tombol handful yang telah disediakan. 
  • Tampilan pengaturan interface akan muncul dan Anda bisa melakukan penyesuaian ukuran foto serta kualitasnya.
  • Setelah puas dengan hasil edit Anda, silahkan simpan dengan pilihan format sesuai yang dikehendaki dan gambar pun siap untuk dicetak.

Harga: Gratis

2. UpscalePics

UpscalePics menawarkan kemudahan dalam memperbaiki kualitas gambar Anda. Tersedia secara online, sehingga Anda tidak perlu repot menginstallnya di device Anda. Tools ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik karena tersedia gratis meski ada juga yang versi premium untuk bisa  mengakses fasilitas yang lebih lengkap . 

Fitur dan kelebihan yang ditawarkan;

  • Tidak perlu melakukan instalasi, untuk menggunakannya Anda cukup menggunakan browser.
  • Tools ini menggunakan artificial intelligence dalam pengolahan gambarnya, sehingga mendapatkan hasil dengan kualitas yang tinggi.
  • Ketika gambar diunggah, tekstur dan kualitasnya akan ditingkatkan secara otomatis oleh tools ini. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan edit-nya untuk mendapatkan hasil yang lebih paripurna.
  • Merupakan salah satu tools yang bisa digunakan untuk memperbesar resolusi gambar tanpa menghilangkan kualitasnya.

Harga : Gratis editing untuk 10 gambar pertama. Untuk selanjutnya, akan dikenakan biaya sesuai dengan banyaknya gambar yang akan di-edit serta kualitas tambahan yang bisa didapatkan.

Baca juga artikel : Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan dan Tanpa Aplikasi

3. On1 Resize

Tools selanjutnya yang bisa digunakan untuk memperbesar resolusi gambar tanpa menghilangkan kualitasnya adalah On1 Resize. Tools ini digunakan di desktop dan hanya tersedia versi premium.

Segudang fitur bisa Anda nikmati bila Anda menggunakannya sebagai pilihan. Anda bisa melakukan pengeditan gambar dengan hasil yang siap cetak.

Fitur yang ditawarkan;

  • Pilihan untuk memperbesar gambar hingga 1000% dari ukuran aslinya. 
  • Fitur soft-proofing akan memberikan simulasi hasil cetakan gambar melalui tangkapan layar desktop sehingga ketika dicetak akan mendapatkan hasil yang sama.  
  • Pengeditan gambar RAW.
  • Pemrosesan Batch.
  • Memungkinkan integrasi dengan perangkat edit gambar lain, sebagai contoh Photoshop.
  • Bisa juga diintegrasikan ke beberapa tools lain seperti video editor, mobile editor, dan masih banyak lagi. 

Harga: Uji coba gratis ke perangkat Anda, selanjutnya tersedia pilihan harga sebagai berikut

  • $49.99 untuk instal On1 Resize ke 5 komputer. Sebagai tambahan, Anda juga akan mendapatkan aplikasi Lightroom dan Photoshop.
  • $99.99 untuk On1 dan paket efek Pano, Layers, Developing, Portrait dan HDR.

4. ImageEnlarger.com 

Apabila Anda lebih suka dengan tampilan yang sederhana, Anda bisa menggunakan ImageEnlarger.com. Secara cuma-cuma Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu tools pilihan untuk memperbesar resolusi gambar. 

Walau tampilannya sederhana, tools ini dilengkapi fitur wajib seperti pemilihan format, dimensi dan beberapa pengaturan lain yang bisa Anda sesuaikan saat upload file gambar.

Fitur:

  • Pengunggahan gambar yang dilakukan hanya dalam hitungan detik
  • Dilakukan secara online, sehingga tidak perlu melakukan instalasi pada perangkat Anda.
  • Dapat mengunggah gambar dengan pilihan hasil dieksport ke format JPG dan PNG.
  • Memperbesar gambar dilakukan dengan cara pengaturan persentase dari ukuran awal. Bisa juga Anda tentukan lebar atau tinggi gambar yang diinginkan.

Harga : Gratis. Anda bisa melakukan donasi bilamana puas dengan layanan ini.

5. Reshade

Ini merupakan perangkat desktop gratis selain GIMP yang bisa Anda coba dan cek ketangguhannya. Perangkat ini ringan ketika dijalankan, dan tidak ada batasan banyaknya gambar yang bisa diunggah secara masal. 

Fitur:

  • Meningkatkan ukuran gambar berkali-kali lipat dari ukuran aslinya tanpa mengurangi kualitasnya.
  • Anda dapat melakukan crop dan menyempurnakan hasil edit gambar. 
  • Hasil edit gambar dapat di ekspor ke format JPG, TIFF, dan PNG.

Harga: Gratis, tapi masih terbatas untuk pengguna Windows.

Saat ini semua sudah dimudahkan dengan adanya berbagai pilihan aplikasi.Di masa mendatang, bukan tidak mungkin teknologi ini akan berkembang kian maju lagi. Ada banyak pilihan tools yang bisa membantu pekerjaan Anda khususnya dalam memperbesar resolusi foto tanpa menghilangkan kualitas aslinya. 

Lantas, mana yang terbaik?

Tiap aplikasi menawarkan kelebihan masing-masing. Beberapa diantaranya menampilkan hasil yang bagus pada hasil animasi atau grafis. Beberapa yang lain bagus untuk gambar landscape namun bukan untuk animasi (seperti  untuk keperluan membuat logo).

Berikut ini rekomendasi peringkat yang kami tawarkan mempertimbangkan fitur yang ditawarkan masing-masing aplikasi tersebut. 

🥇 Reshade

🥈 GIMP

🥉 UpscalePics

👏 ImageEnlarger.com, On1Resize

Apabila optimasi gambar sudah dilakukan sedemikian rupa yang pastinya akan ramah SEO, selanjutnya Anda perlu memikirkan optimasi pada website. Dari pada bingung, Anda bisa menggunakan tools SEO dari Rumahweb yang bernama RankingCoach yang bisa Anda coba gratis. Bila dirasa cocok, jangan ragu untuk lanjut berlangganan secara penuh.

Demikian tips memperbesar resolusi foto tanpa kehilangan kualitas dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Anggit Puguh