Rumahweb Blog
banner artikel - Cara Membuat Reels di Instagram Step by Step

Cara Membuat Reels di Instagram Step by Step

Instagram kini sudah berkembang menjadi aplikasi media sosial yang memiliki berbagai fitur, salah satunya Reels, yang digunakan pengguna untuk mengunggah video-video menarik. Berikut cara membuat Reels di Instagram step by step paling mudah!

Pada fitur Reels, Anda bisa melakukan edit video dengan menggunakan tools yang sudah disediakan oleh Instagram. Tidak hanya mengedit video, Anda juga bisa membuat Reels berupa kompilasi foto yang ada di galeri.

Lantas, bagaimana cara membuat Reels di Instagram yang menarik, sehingga ditonton oleh banyak audiens? Berikut ini adalah cara membuat Reels di Instagram step by step dari Rumahweb Indonesia!

Cara Membuat Reels di Instagram 

Sebelum membuat video Reels, Pastikan Anda sudah mengetahui jenis atau konsep konten yang ingin dibuat. Caranya bisa dengan menentukan jenis video yang saat ini sedang populer, agar video Anda nanti bisa ditonton oleh banyak orang.

Jika sudah mengetahui konsep video yang akan dibuat, selanjutnya, Anda dapat langsung mengikuti tutorial membuat reels di Instagram step by step berikut ini:

  1. Buka aplikasi Instagram pada smartphone > geser ke kanan pada halaman utama Instagram > pilih fitur Reels.
Cara Membuat Reels di Instagram Step by Step
  1. Langkah selanjutnya, Anda bisa merekam video yang akan digunakan dalam Reels, atau bisa juga memasukkan kompilasi video yang sudah tersimpan di galeri.
  2. Anda bisa menambahkan latar musik, mengatur durasi video, atau menggunakan fitur-fitur lain yang disediakan oleh Instagram Reels. Klik tombol Preview untuk melihat hasil video Reels yang dibuat.
Klik tombol Preview
  1. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan stiker, tulisan, hingga filter Instagram pada video Reels.
filter Instagram
  1. Sebelum diunggah, pilih cover atau tampilan yang akan dimunculkan pada video Reels, serta tambahkan tag lokasi dan tag akun jika diinginkan.
opsi share
  1. Jangan lupa untuk menuliskan caption yang menarik, agar banyak audiens yang tertarik dengan video Anda. Selain itu, Anda bisa mengatur apakah reels ini akan masuk ke dalam Feeds di profil Instagram Anda, atau hanya masuk di bagian Reels saja.
  2. Jika sudah melakukan semua langkah di atas, Anda bisa langsung mengunggah video tersebut dengan klik Share.
menu share button

Sampai tahap ini, Reels sudah berhasil diunggah! Selanjutnya, Anda bisa membagikan Reels  melalui unggahan pada Instagram Story, atau membagikan link video Reelsdi platform social media yang lain sebagai ajang promosi.

Itulah cara membuat Reels di Instagram step by step langsung melalui aplikasi Instagram. Selain cara di atas, Anda juga bisa mengedit video Reels menggunakan aplikasi editing video lain, dan langsung mengunggahnya di Reels.

Cara kedua ini sering dilakukan oleh banyak creator Reels profesional, karena fitur editing pada platform Instagram masih sangat terbatas.

Baca juga artikel : Cara Mengubah Instagram Menjadi Website

Tips agar Reels Masuk ke Explore

Setelah memahami cara membuat Reels di IG step by step, berikutnya simak tips berikut untuk bisa mendapatkan banyak penonton dalam video Reels yang diunggah:

  1. Gunakan lagu yang sedang trending.
  2. Unggah saat memasuki jam “prime time”.
  3. Jangan buat durasi video yang terlalu panjang.

Ketiga hal ini dinilai cukup efektif dalam menaikkan jumlah penonton dan membuat audiens tertarik dengan konten video Anda.

Terakhir, hindari resolusi video yang rendah, untuk menjaga kualitas video. Tentu, Anda lebih menyukai video dengan gambar yang tajam dibandingkan dengan video berkualitas rendah, bukan?

Itulah penjelasan singkat dari Rumahweb Indonesia mengenai cara membuat Reels di Instagram step by step yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Tehcnical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.