Rumahweb Blog
banner blog - Cara Membuat Marketing Campaign yang Sukses

Cara Membuat Marketing Campaign yang Sukses

Dibutuhkan perencanaan yang matang untuk dapat memasarkan produk Anda dengan sukses. Hal tersebut tidak serta merta bisa diraih dengan sekadar membuat website dan akun media sosial saja. Salah satu kunci esensial untuk meraih kesuksesan promosi adalah dengan membuat marketing campaign.

Berikut beberapa cara membuat marketing campaign yang baik untuk bisnis Anda:

1. Cari Konsep yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat marketing campaign adalah membuat marketing plan yang berisi keseluruhan tujuan kampanye, serta strategi yang akan digunakan untuk mempersuasi target pasar Anda.

Ketika Anda mengetahui konsep marketing campaign yang cocok untuk keseluruhan rencana, maka Anda dapat dengan mudah menemukan strategi terbaiknya.

2. Tentukan Tujuan dan Parameter

Dalam membuat marketing campaign, akan lebih baik jika parameter dan tujuan dibuat secara terperinci. Dibutuhkan parameter yang spesifik agar Anda dapat menilai seberapa efektif kampanye yang dilakukan.

Formula dasar yang biasa digunakan sebagai tujuan marketing campaign adalah target yang ingin dicapai + berapa lama kampanye akan dilakukan.

Contoh penerapan formula tersebut, misalnya pada bisnis produksi sepatu, menjadi: “target penjualan sepatu akan meningkat sebanyak 20% dalam kurun waktu 3 bulan”.

3. Tolok ukur kesuksesan

Tentukan parameter kesuksesan dari kampanye Anda. Angka tersebut akan menentukan apakah campaign yang dilakukan berhasil atau tidak. Jika tidak, maka Anda dapat merencanakan ulang atau menghentikan kampanye tersebut.

Pastikan Anda menggunakan metode tolok ukur yang sesuai. Misalnya, jika tujuan Anda adalah meningkatkan ranking website di mesin pencari, maka gunakanlah Google Analytics untuk mengukurnya.

4. Menentukan budget

Jumlah pengeluaran untuk kampanye akan memengaruhi pemilihan media yang akan digunakan. Misalnya, iklan di televisi akan membutuhkan lebih banyak biaya dibandingkan dengan beriklan di media sosial.

Saat ini banyak kegiatan promosi yang bisa dilakukan secara gratis, tapi bisa jadi, cara paling efektif untuk menyasar target baru Anda membutuhkan media beriklan yang tidak murah. Dengan demikian, lebih baik jika Anda tetap mempertimbangkan pengeluaran untuk promosi atau iklan. 

5. Menentukan channel marketing campaign

Pilihlah channel kampanye yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan email, Google Ads, media sosial, majalah, dan sebagainya. Pilih channel yang sesuai dan dapat menyasar target pasar Anda. 

6. Membuat Timeline dan Action Plan

Catat apa saja yang harus dilakukan untuk kampanye Anda, serta kapan langkah tersebut dilakukan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi ketika kampanye telah usai.

Marketing campaign dapat membantu bisnis Anda lebih dikenal, sekaligus mendapatkan konsumen sesuai dengan target Anda. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setelah kampanye berakhir, kemudian meng-update rencana selanjutnya agar lebih efektif.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda