Rumahweb Blog
banner blog - Cara kompres ukuran foto menjadi 100kb dan 200kb

Cara Kompres Ukuran Foto Menjadi 100kb dan 200kb

Kompres ukuran foto menjadi hal yang lazim dilakukan ketika ingin mengunggah foto dengan ukuran yang lebih kecil. Misalnya, ketika Anda ingin mengunggah dokumen secara daring.

Foto yang diambil menggunakan kamera digital biasanya memiliki kualitas yang sangat baik. Semakin tinggi kualitas foto, semakin besar ukuran foto tersebut. Padahal, hampir semua sistem daring memiliki batas ukuran dokumen yang relatif kecil.

Selain menjadi kendala ketika mengunggah foto pada sistem daring, ukuran foto yang besar tentu akan menghabiskan penyimpanan memori dengan lebih cepat. Dampaknya, Anda tidak bisa menyimpan data lain, bahkan perangkat bisa menjadi lemot.

Namun Anda tidak perlu risau, karena ada cara kompres foto yang besar menjadi ukuran yang jauh lebih kecil, misalnya menjadi ukuran 100kB dan 200kB. Bagaimana cara kompres ukuran menjadi 100kB dan 200kB? Simak artikel berikut ini!

Cara Kompres Foto 100Kb menggunakan PicResize

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil kompres ukuran foto menjadi 100kB, salah satunya dengan website compressor yang bisa diakses melalui PC maupun HP.

PicResize adalah salah satu website yang dapat digunakan untuk mengkompres foto. Website ini sangat mudah digunakan, karena Anda tidak perlu melakukan banyak langkah untuk mengkompres ukuran foto.

Berikut cara kompres ukuran foto menjadi 100Kb dengan menggunakan PicResize:

  1. Langkah pertama, buka situs picresize.com.
  2. Setelah itu, klik board berwarna putih seperti pada gambar di bawah. Kemudian, pilih foto yang ingin Anda kompres. Jika sudah, klik tombol Continue to Edit Picture.
Cara Kompres Foto 100Kb menggunakan PicResize image 1
  1. Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan halaman seperti di berikut. Scroll ke bagian bawah, pada section Save As
  1. Anda dapat langsung mengisi ukuran foto 100kb pada kotak bagian kanan, kemudian klik tombol I’m Done, Resize My Picture!.
Cara Kompres Foto 100Kb menggunakan PicResize image 2
  1.  Foto akan secara otomatis tersimpan pada perangkat yang digunakan.

BACA JUGA : Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Kompres Foto 200Kb melalui Lit Photo

Selain 100kB, ukuran yang banyak dibutuhkan adalah 200kB. Anda tidak perlu khawatir, karena cara kompres ukuran foto 200kB tetap sama mudahnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan hasil kompres ukuran foto yang sesuai. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Lit Photo pada Android maupun iPhone.

Lit Photo adalah aplikasi yang bisa membantu Anda mengkompres foto menjadi 200kB dengan sangat mudah. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di Play Store atau App Store HP Anda.

  1. Buka Play Store lalu unduh aplikasi Lit Photo.
  2. Setelah itu buka aplikasi Lit Photo yang sudah diunduh dan jangan lupa untuk izinkan aplikasi untuk akses foto untuk memudahkan Anda saat melakukan kompres foto.
kompres foto 200kb image 1
  1. Langkah selanjutnya adalah dengan klik opsi Compress Photo, lalu pilih foto yang ingin dikompres dari galeri.
cara mengkompres foto 200kb
  1. Selanjutnya, Anda akan menemui tampilan seperti pada gambar di bawah. Klik opsi Size di bagian kanan, dan Anda dapat langsung menyesuaikan sendiri ukuran foto yang diinginkan hanya dengan menggeser kursor yang ada di bagian tersebut.
cara mengkompres foto 200kb
  1. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan klik tombol Start Compressing. Foto yang sudah terkompres dapat Anda unduh dan secara otomatis akan tersimpan di galeri.

BACA JUGA : Aplikasi Kompres Foto Gratis di HP dan PC

Itulah beberapa cara kompres ukuran foto menjadi 100kB dan 200kB. Satu hal yang perlu diingat adalah foto yang dikompres dengan ukuran yang terlalu kecil berpotensi mengubah kualitas foto. Dampaknya, foto menjadi lebih blur, atau istilahnya “kotak-kotak”.

Karena itu, pertimbangkan ukuran foto yang ingin di kompres. Namun jika memang benar-benar butuh foto dengan ukuran kecil, beberapa cara di atas dapat dilakukan untuk kompres ukuran foto dengan lebih mudah. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb