Rumahweb Blog
Banner - Artikel Aplikasi kompres Foto Gratis di HP dan PC

Aplikasi Kompres Foto Gratis di HP dan PC

Aplikasi kompres foto menjadi incaran untuk memperkecil ukuran foto. File foto dengan ukuran yang cukup besar tentu akan lebih lama diunggah dan dapat membuat penyimpanan pada HP atau PC menjadi lebih cepat penuh.

Cara termudah untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan mengompres foto agar ukurannya menjadi lebih kecil. Sayangnya mengkompres foto terkadang dapat mempengaruhi kualitasnya menjadi lebih rendah.

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini terdapat berbagai jenis aplikasi kompres foto yang dapat digunakan di HP maupun di PC yang dapat digunakan untuk mengompres ukuran foto menjadi lebih kecil, dengan tetap mempertahankan kualitasnya.

Berikut daftar aplikasi yang dapat Anda coba melalui HP atau PC:

Aplikasi Kompres Foto di HP

1. PicTools Batch

Aplikasi Kompres Foto di HP - PicTools Batch

PicTools Batch adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan melalui HP. Menariknya, aplikasi ini juga dapat langsung mengompres beberapa foto sekaligus. Interface pada aplikasi ini juga sangat simple dan jelas, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan kompres foto.

2. Lit Photo

Aplikasi Kompres Foto di HP - Lit Photo

Lit Photo atau yang biasa dikenal dengan Photo Compress & Resize adalah aplikasi kompres foto yang mampu mengompres sebuah foto hingga berukuran 100 Kb. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di Play Store dan juga App Store, belum lagi ukuran aplikasi yang hanya 3,5 MB tidak membutuhkan banyak penyimpanan yang pada HP Anda.

3. Video & Image Compressor

Aplikasi Kompres Foto di HP - Video & Image Compressor

Video & Image Compressor adalah aplikasi yang dapat mengkompres foto dan video berukuran besar. Aplikasi ini menjadi lebih compact dibandingkan dengan aplikasi lainnya, karena Anda hanya memerlukan 1 aplikasi saja untuk dapat memiliki fungsi yang lebih beragam.

Ditambah lagi ukuran aplikasi ini hanya 12 MB sehingga tidak akan memakan terlalu banyak penyimpanan HP Anda. Aplikasi ini sudah diunduh oleh 500 ribu pengguna dan mendapatkan rating 4,2 pada Play Store.

4. Reduce Photo Size

Aplikasi Kompres Foto di HP - Reduce Photo Size

Reduce Photo Size menjadi salah satu aplikasi kompres foto lainnya yang dapat digunakan untuk mengurangi ukuran foto yang Anda miliki. Aplikasi ini memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan aplikasi kompres lainnya yaitu hanya 1,5 MB saja. Reduce Photo Size ini juga sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna Play Store dengan rating 3,9.

5. Q Reduce Lite

Aplikasi Kompres Foto di HP - Q Reduce Lite

Q Reduce Lite menjadi aplikasi kompres foto yang harus Anda coba untuk membuat ukuran foto yang Anda miliki menjadi jauh lebih kecil. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dan mendapatkan rating 4,6 dari banyak penggunanya.

Aplikasi ini terbukti dapat mengompres foto yang Anda miliki sampai ukuran di bawah 100 Kb. Selain itu, interface aplikasi yang simple dan rapi membuat aplikasi ini banyak mendapatkan review baik oleh penggunanya.

Terlebih, aplikasi ini bisa Anda gunakan secara offline maupun online  sehingga tidak membuat Anda kerepotan lagi untuk mengompres foto.

Aplikasi Kompres Foto di PC

1. Microsoft Paint

Aplikasi Kompres Foto di PC - Microsoft Paint

Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini? Paint adalah salah satu aplikasi yang mudah digunakan dan terbilang sangat sederhana. Dengan menggunakan Paint, Anda dapat mengompres foto secara offline dengan mudah.

Aplikasi ini sangat praktis digunakan, serta memiliki fitur-fitur lain yang membuat Paint tidak hanya dapat digunakan untuk mengompres foto, tetapi juga dapat untuk memotong foto, hingga menambahkan berbagai objek pada foto.

2. ImBatch

ImBatch

ImBatch merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan melalui PC. Meskipun memiliki ukuran file yang cukup besar untuk sebuah aplikasi kompres foto, yakni 31 MB, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi ini.

Hal ini karena ImBatch memiliki tampilan atau interface yang tidak sulit untuk dipahami, sehingga penggunanya dapat melakukan kompres foto dengan sangat mudah. 

3. Caesium Image Compressor

Caesium Image Compressor

Caesium ini menjadi salah satu aplikasi yang memiliki versi portable, sehingga Anda tidak perlu meng-install aplikasi ini untuk dapat mengompres foto.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui website mereka, saerasoft.com/caesium dengan ukuran yang cukup ringan, hanya sekitar 20 MB saja.

4. Compress JPEG

Compress JPEG

Compress JPEG adalah salah satu aplikasi kompres foto yang bisa Anda coba hanya dengan mengakses situs compressjpeg.com. Melalui websitenya, Anda bisa melakukan kompres dengan mudah.

Tanpa perlu menunggu lama, foto Anda akan terkompres dengan sendirinya setelah diunggah, dan siap untuk diunduh kembali ke komputer yang digunakan.

5. FastStone

FastStone

Aplikasi terakhir adalah FastStone, yang menjadi salah satu aplikasi kompres foto dengan ukuran paling kecil, hanya 8 MB saja. Selain digunakan untuk mengkompres foto, FastStone juga memiliki beberapa fungsi lain, misalnya sebagai penampil gambar pada PC.

Selain itu, mengompres foto menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah karena FastStone dapat membaca berbagai format gambar, mulai dari JPG, JPEG, PNG, BMP, GIF, TIF, dan masih banyak lagi.

Itu dia beberapa aplikasi kompres foto gratis di HP dan PC. Perlu Anda ingat, mengkompres foto dengan ukuran yang terlampau jauh tentu akan berpengaruh pada kualitas foto Anda yang menjadi lebih turun dari sebelumnya.

Tetapi, jika Anda memang memerlukan ukuran foto yang kecil, beberapa aplikasi di atas dapat menjadi salah satu solusinya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb