Rumahweb Blog
Banner - Cara Cek Backlink pada Website

Cara Cek Backlink pada Website Paling Mudah

Sebagai pemilik website, tentu Anda ingin website muncul di halaman pertama pencarian. Backlink adalah salah satu bagian penting dalam SEO yang dapat membantu website muncul di halaman pertama. Berikut kami rangkum cara cek backlink paling mudah yang dapat dilakukan.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai pengertian backlink, berbagai jenis tools yang dapat digunakan, hingga cara cek backlink pada website. Simak, ya!

Backlink adalah link yang dicantumkan pada sebuah website yang mengarah ke website lain. Ketika seseorang menautkan link pada website Anda,  dapat dikatakan bahwa Anda ada penerima backlink dari pihak terkait. Begitu juga sebaliknya, jika Anda menautkan link pada website orang lain, mereka mendapatkan backlink dari Anda.

Backlink pada website dapat diartikan sebagai “sinyal baik: oleh Google untuk mengukur relevansi sebuah konten website dengan topik tertentu. Kehadiran backlink meningkatkan kemungkinan website berada di peringkat pertama, karena website dinilai berkualitas dan menjadi rujukan website lain. 

Semakin banyak backlink yang ditautkan pada website, semakin tinggi penilaian search engine terhadap kualitas konten website Anda.

Namun, tidak semua backlink dapat berimbas positif pada peringkat website di hasil pencarian. Anda perlu mengecek dan memastikan bahwa backlink website sudah relevan.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Selain itu, backlink juga dapat meningkatkan trafic pengunjung secara organik. Hal ini karena besar kemungkinan seseorang mengunjungi website Anda melalui backlink yang ditautkan pada website lain.

BACA JUGA : Pengaruh Nama Domain Terhadap Hasil Pencarian Google

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa backlink adalah salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan. Anda perlu mengetahui cara cek dan memastikan bahwa backlink di website Anda sudah relevan, bukan sekadar spam, namun memang relevan dengan topik website Anda.

Ada berbagai tools untuk cek backlink yang dapat membantu Anda melakukan pengecekan backlink dengan lebih mudah. Tak hanya itu, Anda juga dapat memonitor link yang masuk pada website. 

Berikut kami rangkum beberapa tools backlink checker yang dapat Anda gunakan:

Google Search Console

Google Search Console adalah tools cek backlink website gratis yang dikembangkan oleh Google untuk menganalisis perkembangan website dalam pencarian organik.

Dengan Google Search Console Anda dapat menemukan keyword, mengetahui halaman yang perlu di optimasi, mengidentifikasi backlink, mengecek broken link, dan masih banyak lagi. 

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk cek backlink website menggunakan tools satu ini, yaitu verifikasi DNS melalui cPanel dan upload html.

Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu tools digital marketing yang sangat mudah digunakan untuk optimasi website Anda, termasuk cek backlink website yang terindeks.

Beberapa manfaat lain tools Ahrefs yang perlu diketahui antara lain: 

  1. Mengecek backlink kompetitor.
  2. Memberi daftar backlink secara real time.
  3. Membantu mengetahui traffic dari pencarian Google ke halaman backlink.
  4. Mengidentifikasi backlink yang rusak atau hilang.

Anda dapat menikmati berbagai fitur menarik ini dengan membayar biaya berlangganan mulai dari $99 atau sekitar Rp1.528.911 per bulan.

Namun Ahrefs juga menawarkan fitur free trial selama 7 hari, agar pengguna dapat mencoba fitur yang disediakan terlebih dahulu. Caranya, cukup daftarkan akun ke Ahrefs Webmaster Tools.

SEMRush

SEMRush dapat membantu Anda melakukan pengecekan halaman, link, dan masalah terhadap HTML yang rusak. Selain itu, SEMRush juga bisa digunakan untuk mendeteksi masalah SEO, crawling, dan optimasi website. 

Keunggulan lain yang bisa dapatkan dengan tools cek backlink SEMRush di antaranya: 

  1. Mengetahui backlink, ads campaign, dan keyword kompetitor dengan akurat.
  2. Menyediakan fitur tambahan, seperti keyword research, rank tracking, report to PDF, dan lainnya.
  3. Fitur disavow untuk menolak backlink.
  4. Melacak halaman yang memiliki banyak backlink.
  5. Melakukan deteksi backlink dofollow dan nofollow.
  6. Mengidentifikasi backlink yang masuk ke domain, subdomain, atau URL lainnya.
  7. Memiliki database yang besar.

SEMRush memiliki dua opsi keanggotaan, gratis atau berbayar. Pada versi gratis, Anda hanya dapat mengelola satu project serta mengecek 10 keyword dan mendapat maksimal 10 laporan analisis setiap harinya. Cukup terbatas, bukan?

Opsi lain yang dapat dipilih adalah membayar biaya berlangganan dengan harga mulai dari $129.95 per bulannya. Tak perlu khawatir jika masih ragu, karena Anda pun dapat mencoba versi trial-nya terlebih dahulu.

UberSuggest

Tools cek backlink selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah layanan dari Neilpatel, yaitu UberSuggest. Beberapa fitur menarik yang ditawarkan UberSuggest antara lain, review, rekomendasi keyword, traffic analyzer, SEO analyzer, hingga informasi organic monthly traffic

Keunggulan lain dari tools UberSuggest ini antara lain: 

  1. Menampilkan laporan backlink secara real time.
  2. Memberikan informasi top traffic page dan menampilkan hingga 100 daftar backlink yang mengarah ke website.
  3. Melihat backlink kompetitor.
  4. Menyediakan filter untuk mengecek backlink dari berbagai aspek. Seperti wilayah geografis, teks backlink, score domain, dofollow dan nofollow, score halaman, dan lainnya. 

Sama seperti SEMRush, UberSuggest dapat digunakan secara gratis atau berbayar. Dengan versi gratisnya, Anda hanya dapat melakukan tiga kali pencarian keyword dengan fitur yang terbatas.

Namun, UberSuggest menawarkan biaya berlangganan yang relatif lebih murah dibanding beberapa tools lainnya. Hanya dengan $12 per bulan, Anda sudah bisa menikmati berbagai fitur premium untuk satu akun.

BACA JUGA : Ubersuggest: Fitur, Tutorial, dan Cara Menggunakannya

BuzzSumo

Salah satu pembeda sekaligus keunggulan BuzzSumo dibanding tools backlink checker lainnya adalah adanya fitur analisis social media engagement. Lalu, apalagi keunggulan lain yang ditawarkan BuzzSumo yang perlu diketahui? 

  1. Mudah digunakan, alias user friendly.
  2. Memberikan informasi konten yang trending, termasuk konten kompetitor.
  3. Memiliki banyak informasi terkait social media engagement, seperti facebook, twitter (X), dan lainnya.
  4. Notifikasi setiap ada tautan baru dari pihak eksternal. 

Kabar baik lainnya, Anda bisa mencoba versi gratis tools ini hingga 30 hari. Lalu jika Anda ingin melanjutkan berlangganan, ada berbagai paket yang dapat dipilih dengan harga mulai $199 per bulan. 

Setelah pengertian backlink dan berbagai rekomendasi tools untuk cek backlink website. Selanjutnya Rumahweb Indonesia telah merangkum cara cek backlink pada website menggunakan UberSuggest versi gratis.

  1. Akses link berikut https://app.neilpatel.com/ > klik Sign In, masuk menggunakan email Anda.
  2. Klik menu Backlinks > Backlink Overview > input nama domain website klik Search.
cara cek backlink pada website di ubersuggest
  1. Tools akan bekerja menganalisis backlink dan keyword Anda. Tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul

Selain menggunakan UberSuggest, simak juga panduan cara cek backlink menggunakan Google Search Console.

Itulah penjelasan dari Rumahweb Indonesia mengenai backlink, tools, hingga cara cek backlink dengan mudah. Bagi Anda yang membutuhkan tools optimasi SEO pada website, RankingCoach adalah solusi terbaik yang bisa anda pertimbangkan.

Dengan RankingCoach, Anda akan dipandu melalui tugas-tugas yang perlu dikerjakan agar website Anda menjadi nomor 1 di Google sesuai keyword yang ditargetkan. Pelajari selengkapnya disini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner Pop Up - Hosting 99K