Rumahweb Blog

Pengaruh Nama Domain Terhadap Hasil Pencarian Google

Domain adalah brand dan identitas dari bisnis Anda di dunia online. Memilih domain bukanlah hanya sekedar pesan dan bayar tetapi Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan nama yang pas. Pada artikel kali ini, Rumahweb akan membahas tentang pengaruh nama domain terhadap persaingan SEO di Google.

Ada dua pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan saat membeli nama domain:

  1. Apakah nama domain mempengaruhi SEO?
  2. Bagaimana cara domain baru membantu peringkat pencarian?

Dalam artikel kali ini, Rumahweb akan mengupas dua pertanyaan tersebut selengkapnya.

Sebuah website baru layaknya kertas kosong di mata Google dan mesin pencari lainnya. Website  ini diperlakukan dengan cara yang sama seperti website baru lainnya. Menurut Google, jika ada dua nama domain baru yang terdaftar, maka akan diberi bobot yang sama di peringkat pencarian, asalkan kedua website itu identik.

Misalnya, www.laptops123-new.com akan dianggap sama dengan www.laptop.store selama keduanya memiliki konten yang relevan, info asli, dan backlink yang kredibel.

 

Apakah nama domain mempengaruhi SEO?

Di satu sisi, ya. Sebuah studi tentang dampak domain baru pada SEO menunjukkan bahwa memilih nama domain yang kaya akan keyword membantu website mendapatkan backlink pada keyword tersebut. Proses ini merupakan kabar baik bagi mereka yang ingin ditemukan secara organik. Misalnya, jika www.kindle.store mendapatkan backlink pada anchor text “kindle store”, maka setiap saat nama domain itu membantu peringkat website untuk kata kunci “kindle store”.

Namun, penting untuk diketahui bahwa yang mempengaruhi SEO bukan hanya karena pemilihan nama domain. Mesin pencari mempertimbangkan beberapa faktor peringkat lainnya untuk menempatkan suatu website di atas yang lain dalam hasil pencarian. Selain itu, faktor-faktor ini hanya akan meningkat dengan adanya Artificial Intelligence and Voice Search yang mempengaruhi algoritma dan pencarian.

 

Bagaimana domain baru membantu peringkat pencarian?

Ekstensi domain baru seperti .tech, .store, .press, .fun, .space, .website, dll membantu bisnis mendapatkan nama domain yang kaya kata kunci, yang relevan dengan bisnis dan industri tempat mereka berada.

Misalnya, domain seperti www.emirates.store atau www.freedom.press mempermudah pengguna untuk menebak apa yang mungkin ditawarkan di dalam website sehingga membuat domain lebih mudah diingat dan dipercaya. Hal ini semakin membantu mereka mendapatkan klik ketika mereka mulai muncul di hasil pencarian organik.

Mari kita lihat lebih dalam tentang bagaimana domain baru dapat membantu peringkat website:

 

1. On-topic Backlinks

Sebuah studi dari Stone Temple menunjukkan bahwa backlink dari website terpercaya dan kredibel membantu pemilik dalam meningkatkan peringkat SEO. Salah satu aspek dari backlink yang membantu peringkat adalah anchor text (teks biru, digaris bawahi, dapat diklik dalam hyperlink). Semakin relevan anchor text ke tautan yang didukungnya, semakin baik untuk SEO.

Misalnya, jika anchor text ‘Halloween Store’ mengalihkan ke www.halloween.store, itu mengirimkan sinyal positif ke mesin pencari tentang keaslian website.

 

2. Persepsi Pengguna

Halaman web, misalnya www.smartphone-49.com dapat memperoleh peringkat yang bagus di hasil pencarian organik jika konten di website dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi SEO terpenuhi. Namun, jika www.smartphone-49.com muncul di hasil pencarian Anda, apakah Anda akan mengkliknya? Kemungkinannya adalah Anda tidak akan melakukannya karena mungkin dianggap sebagai spam. Di sisi lain, nama domain seperti www.smartphone.store akan tampak lebih kredibel dan akan mendorong pengguna untuk mengkliknya.

Kata kunci yang mengandung informasi nama domain membantu dalam membangun brand yang positif dengan pengguna. Mesin telusur sangat peduli terhadap pengguna. Jadi, jika pengguna menyukai suatu website, mesin telusur juga akan menyukainya

 

3. Pencarian Suara

Saat ini sudah jamannya penelusuran menggunakan suara. Ini artinya penting sekali memiliki nama domain yang mudah dicari, agar nama domain mudah dipahami oleh virtual search assistant seperti Alexa dan Siri. Ekstensi domain baru memberikan keuntungan bagi bisnis Anda jika memiliki nama domain yang pendek dan mudah dimengerti oleh para asisten buatan ini.

Misalnya, jika Anda meminta Siri (atau Alexa) untuk mengunjungi www.new-bagz.com, mereka mungkin tidak menemukannya. Tetapi jika Anda meminta mereka untuk pergi ke www.newbags.com, maka peluang mereka masuk ke website yang tepat akan sangat besar. Semakin banyak nama domain yang dicari, semakin mudah bagi pelanggan untuk menemukannya.

Ini berarti bahwa apapun nama domain yang dipilih oleh suatu bisnis, mereka tidak perlu menambahkan huruf, angka, tanda hubung, atau mengganti ss dengan zz. Buatlah ekstensi domain baru lebih sederhana karena inventaris  nama domain yang kaya kata kunci pada ekstensi baru mudah tersedia.

 

 

Demikian artikel Rumahweb tentang pengaruh nama domain terhadap persaingan SEO. Dengan membaca artikel ini, harapan kami bisa membantu Anda untuk mendapatkan nama domain yang prospek, sesuai dengan bisnis Anda, dan bisa bersaing di Google.  

Berikan Komentar

RumahWeb