Rumahweb Blog
Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps

Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps

Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.” (Wikipedia)

Google Maps menjadi andalan untuk pencarian cepat lokasi-lokasi yang terkait dengan keperluan harian, juga untuk eksplorasi banyak tempat baru tanpa perlu banyak bertanya kepada orang sekitar. Fiturnya termasuk membagikan lokasi-lokasi tersebut. 

Jika Anda memiliki bisnis offline dan ingin menarik orang datang, buatlah tempat usaha Anda eksis dan bisa dicari melalui GMaps. Bayangkan jika lokasi usaha Anda adalah salah satu yang dibagikan atau direkomendasikan oleh banyak orang.

Menaruh Alamat di Google Maps

Menampilkan lokasi usaha di Google Map membantu konsumen dengan cepat menemukan data-data bisnis Anda seperti petunjuk arah, jam operasional, alamat website, foto lokasi dan bangunan, nomor telepon, promo, deskripsi bisnis, event terbaru, produk yang dijual, dan testimonial dari para pelanggan yang bisa menambah nilai pada bisnis yang Anda tawarkan.

Menambahkan Lokasi di Google Maps

1) Buka aplikasi Google Maps di smartphone, klik ikon (contribute/kontribusi) pada menu di bagian bawah.

Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps 1

2) Kemudian pilih add place/tambahkan tempat.

Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps 2

3) Isikan nama tempat, kategori tempat usaha Anda, dan alamat lengkap. Lalu tandai lokasinya pada peta dan cari alamat yang tepat di Maps.

4) Tambahkan jam buka, nomor telepon, situs web jika ada, tanggal buka/pertama kali bisnis Anda berdiri, dan foto yang merujuk tempat usaha Anda.

5) Setelah lengkap, klik tanda kirim di pojok kanan atas, kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.

Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps 3

Anda juga bisa mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps melalui Google My Business dan tidak berbayar. Dengan menggunakan satu akun Gmail, Anda sudah bisa mendaftarkan bisnis Anda ke Google My Business.

Demikian artikel tentang menambahkan lokasi usaha di Google. Kami sarankan segera tambahkan lokasi bisnis Anda ke Google, untuk memudahkan konsumen menemukan bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Mita Kusnidar