Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu Kanibalisasi Keyword dan Cara Mendeteksinya

Apa itu Kanibalisasi Keyword dan Cara Mendeteksinya

Keyword merupakan salah satu elemen penting yang dapat meningkatkan peringkat website di search engine. Meskipun demikian, Anda tidak boleh sembarangan meletakkan keyword pada website, karena dapat berakibat pada terjadinya kanibalisasi keyword.

Kanibalisasi keyword terjadi ketika dua atau lebih halaman di suatu website menggunakan keyword yang sama, dan berkompetisi satu sama lain untuk mendapatkan peringkat di mesin pencarian. Untuk membantu mendeteksi kanibalisasi keyword, Anda dapat memanfaatkan beberapa tools berikut:

1. Keylogs Keyword Cannibalization Checker

Dengan tool ini, Anda akan mendapatkan hasil tentang halaman mana saja di website Anda yang berkompetisi dengan keyword yang sama, dan strategi untuk memperbaikinya. Keylogs Keyword Cannibalization Checker memiliki versi gratis dan berbayar.

Pada versi gratis, Anda hanya dapat mengecek tiga keyword pada satu website. Sedangkan versi berbayarnya dapat digunakan untuk beberapa website tanpa  batasan jumlah keyword.

2. SEMrush Position Tracking Tool

SEMrush adalah salah satu SEO tool yang populer. Jika Anda menggunakan versi berbayar dari tool ini, maka Anda akan mendapatkan akses ke cannibalization report dan SEMrush Position Tracking Tool, yang akan menunjukkan skor kanibalisasi untuk setiap keyword yang digunakan.

Skor 100% artinya tidak ada kanibalisasi keyword yang terdeteksi, sedangkan semakin rendah skor maka semakin besar potensi adanya kanibalisasi.

3. Google Search Console

Manfaatkan Performance Report pada Google Search Console untuk melihat daftar query yang mendatangkan impression dan klik dari pencarian Google.

Caranya, klik tab Pages” atau “Halaman” untuk melihat daftar halaman yang diberi peringkat sesuai dengan keyword dan query tertentu. Jika Anda melihat lebih dari satu halaman dari situs Anda untuk keyword yang sama, maka halaman tersebut terindikasi mengalami kanibalisasi keyword.

Selain menggunakan bantuan berbagai tools di atas, cara paling mudah untuk mendeteksi dan menghindari kanibalisasi keyword adalah dengan membuat tabel berisi daftar keyword yang digunakan oleh masing-masing konten atau halaman di website Anda.

Sebelum mengunggah konten baru, cek kembali tabel tersebut untuk melihat apakah ada keyword yang sama. Jika ada, Anda dapat mengubah konten tersebut agar memiliki fokus pada keyword yang berbeda, atau pastikan konten baru tersebut memiliki perbedaan dengan konten sebelumnya.

Tidak kalah pentingnya dari keyword, Anda juga perlu mendalami On Page SEO pada website. Anda bisa menggunakan tools SEO terbaik dari Rumahweb, yang bisa Anda coba secara gratis.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda