Rumahweb Blog
banner journal - Antivirus Terbaik untuk Laptop dan Android Tahun 2024

Antivirus Terbaik Untuk Laptop dan Android Tahun 2024

Perkembangan teknologi yang pesat juga diiringi dengan semakin beragamnya kejahatan siber. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, ada berbagai antivirus terbaik yang dapat menangkal berbagai virus atau malware berbahaya di perangkat. Pada artikel ini, Kami telah merangkum daftar antivirus terbaik 2024 untuk laptop dan android.

Sebelum membahas lebih jauh tentang daftar antivirus terbaik di tahun 2024 ini, simak dahulu pengertian antivirus berikut!

Apa itu Antivirus

Antivirus adalah program yang diciptakan untuk melindungi seluruh data dan sistem pada perangkat dari berbagai serangan program jahat. Tidak hanya virus saja, melainkan juga malware, spyware, ransomware, trojan, dan program jahat lainnya yang berpotensi merusak data pada perangkat.

Program jahat tidak hanya berpotensi merusak sistem maupun data di perangkat saja. Tanpa lapisan keamanan yang baik, Anda pun rentan akan tindak kejahatan siber lain yang dapat merusak data melalui berbagai celah.

Sebagai contoh, virus atau malware yang bisa masuk ketika Anda browsing dan mengunduh file dengan sembarangan. Ancaman ini juga dapat datang dari USB atau flashdisk yang terinfeksi, dan masih banyak lagi.

Karena itulah, penting untuk menggunakan antivirus terbaik di perangkat Anda. Tak hanya menggunakan antivirus, Anda juga harus selalu mengupdate versi antivirus terbaru, untuk mengimbangi potensi perkembangan berbagai virus baru.

BACA JUGA : Tips Menghindari Kemungkinan Pencurian Data di Internet

Antivirus Laptop/Komputer Terbaik 

Komputer atau laptop tentu menyimpan berbagai data penting, baik data pribadi maupun pekerjaan. Antivirus adalah salah satu program yang wajib ada di komputer, untuk menghindari kerusakan data, sistem, hingga berbagai kejahatan siber.

Berikut kami paparkan lima antivirus terbaik 2024 yang dapat Anda gunakan untuk keamanan data perangkat laptop atau komputer Anda!

1. Bitdefender

Rekomendasi antivirus terbaik 2024 yang pertama adalah Bitdefender. Antivirus satu ini menerapkan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Bitdefender mampu mendeteksi, melindungi, dan mencegah malware atau virus dengan lebih efektif.

Selain itu Bitdefender juga mampu mendeteksi seluruh malware tanpa memberatkan kinerja sistem perangkat, meski penggunaan pada hardisk yang penuh dan intens sekalipun, Bitdefender mampu menghapus dan menemukan segala sistem yang berbahaya dalam sistem secara real time.

Beberapa keunggulan dari Bitdefender adalah sebagai berikut:

  1. Proteksi ransomware berlapis.
  2. Proteksi webcam.
  3. Proteksi anti-phishing.
  4. Layanan VPN.
  5. Pemindaian kustom dari sisi perangkat.

Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Namun, Bitdefender juga menawarkan versi premium atau berbayarnya. Cukup dengan harga mulai dari Rp 500 ribuan untuk satu tahun, Anda dapat menggunakan Bitdefender di tiga perangkat sekaligus.

2. McAfee

Antivirus terbaik 2024 selanjutnya adalah McAfee. Antivirus ini mampu melindungi perangkat dari serangan malware dan ransomware. McAfee juga memiliki berbagai fitur lain seperti proteksi website, proteksi anti-phishing, VPN, pengelolaan sandi.

Aplikasi ini juga mampu memonitor pencurian identitas dengan intuitif. Anda pun dapat memantau keamanan perangkat secara real-time, serta dapat menjadwalkan pemindaian atau scanning perangkat.

BACA JUGA : Tips Menjaga Keamanan Data Saat Kerja di Rumah

Tak hanya dapat digunakan di komputer atau laptop dengan OS Windows dan MacOS, McAfee juga kompatibel untuk perangkat Android dan iOS. Beberapa kelebihan lainnya dari McAfee, antara lain: 

  1. Scam Protection, untuk mendeteksi tautan berbahaya secara cepat.
  2. Wifi Protection, untuk memindai keamanan jaringan untuk enkripsi data yang diakses.
  3. Mengatasi issues pada perangkat secara remote.
  4. Memberikan jaminan 100% dan garansi penghapusan virus pada perangkat.
  5. Dapat digunakan di beberapa perangkat sekaligus, dengan berlangganan paket tertentu. Tersedia juga paket keluarga. 

McAfee dapat digunakan dengan membayar biaya berlangganan dengan harga mulai dari Rp300.000 per tahun untuk satu perangkat. Namun, Anda juga dapat mencoba aplikasi ini secara gratis dengan mendaftarkan free trial selama 30 hari.

3. Norton

Norton dapat menjadi opsi antivirus terbaik 2024 lainnya, untuk melindungi perangkat Anda dari malware dan virus yang berpotensi merusak sistem perangkat dan data. 

Aplikasi Norton menawarkan perlindungan optimal dari malware dan anti-phishing. Anda juga bisa mendapatkan firewall, pengelolaan kata sandi, hingga cloud storage 2GB. 

Beberapa kelebihan lain dari Norton adalah:

  1. Pemindaian cepat dan tidak memberatkan sistem.
  2. Pemindaian kustom, memindai lokasi dan folder khusus.
  3. Smart scan yang mampu memindai jaringan wifi.
  4. Mampu menjadwalkan pemindaian secara mingguan atau bulanan.
  5. Pemindaian otomatis tanpa mengganggu aktivitas akses, karena Norton tidak memunculkan pemberitahuan ketika melakukan scanning.

Anda dapat menggunakan Norton dengan membayar biaya berlangganan dengan harga mulai dari $14.99, atau sekitar Rp230.697 untuk satu tahun pertama. Selain antivirus berbayar, Norton juga menawarkan beberapa tools gratis. Anda juga bisa mendapatkan free trial antivirus Norton selama 7 hari di halaman ini.

4. Surfshark Antivirus

Surfshark antivirus adalah salah satu fitur yang disediakan oleh perusahaan cyber security Surfshark. Antivirus ini berfokus pada pengembangan solusi keamanan data di dunia online.

Surfshark menawarkan paket keamanan yang meliputi VPN, Antivirus, Search, dan Alert (sistem keamanan kebocoran data). 

Antivirus Surfshark berfokus untuk memberi keamanan data yang optimal kepada pelanggan dari berbagai sumber akses. Selain itu, Surfshark juga dapat digunakan untuk scan program yang baru saja diunduh, diinstall, maupun yang sudah digunakan. 

Keunggulan lain dari Surfshark antara lain:

  1. Memberhentikan malware secara real-time sebelum membahayakan perangkat.
  2. Menawarkan VPN dengan keamanan yang canggih, seperti fitur rotasi IP, koneksi multihop dinamis, dan CleanWeb dengan penggunaan yang mudah.
  3. Kecepatan akses beberapa server yang tergolong cepatm karena 3000 server tersebar di 100 negara.
  4. Proteksi terhadap perangkat dengan jumlah unlimited.
  5. Mengirimkan notifikasi ketika email, data personal, ID, atau kartu kredit bocor di internet.

Surfshark menawarkan berbagai fitur menarik ini dengan harga mulai dari $10.99, atau sekitar Rp168.137 per bulan. Surfshark juga memberikan jaminan jaminan 30 hari uang kembali apabila keamanan pelanggan tidak bekerja dengan optimal.

BACA JUGA : Apa itu Deface? Pengertian, Contoh dan Cara Menghindarinya

5. Panda Dome

Berbeda dengan beberapa antivirus sebelumnya yang kompatibel di berbagai OS perangkat, Panda Dome adalah antivirus yang hanya kompatibel di OS Windows, Android, dan Mac.

Panda Dome merupakan antivirus dengan layanan premium VPN (150MB/hari) untuk akses internet yang lebih private dan aman. Selain itu, antivirus ini mampu memberikan proteksi jaringan Wifi agar terhindar dari hacker. 

Keunggulan lain dari Panda Dome di antaranya:

  1. Dapat men-generate password yang unik dan kuat.
  2. Membersihkan dan menghapus file yang memberatkan kinerja perangkat.
  3. Perlindungan identitas untuk belanja dan akses informasi online
  4. Fitur kontrol orang tua, untuk membatasi penggunaan perangkat pada anak
  5. Pemindaian perangkat eksternal untuk mencegah infeksi

Memiliki kesamaan dengan Bitdefender, Panda Dome juga dapat digunakan secara gratis di perangkat. Namun, ada juga opsi premium dengan fitur yang lebih lengkap, dengan biaya berlangganan mulai dari $26.24 atau sekitar Rp406.218 per bulan untuk satu tahun pertama. 

Antivirus Android Terbaik

Pada dasarnya, Android sudah memiliki sistem keamanan bawaan. Namun, tidak ada salahnya dengan memberikan proteksi tambahan pada ponsel.

Sama seperti laptop atau komputer, ponsel juga menyimpan banyak data penting, terutama data-data pribadi Anda. Virus atau malware di ponsel tidak hanya dapat mencuri atau menghapus data Anda saja, namun juga membuat akses melambat, baterai cepat terkuras, hingga munculnya iklan bahkan aplikasi asing di ponsel.

Anda dapat menghindari berbagai serangan ini dengan menggunakan antivirus terbaik 2024 untuk Android, seperti berikut:

1. AVG Antivirus & Security

AVG Antivirus & Security merupakan salah satu antivirus terbaik untuk Android yang patut dicoba. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, degan mengunduhnya melalui Google Playstore.

AVG Antivirus & Security mampu memberikan keamanan kepada dengan pemindaian malware dan virus pada Android, penguncian aplikasi, anti-phishing, hingga perlindungan kata sandi untuk mengunci aplikasi di ponsel. 

AVG juga telah dilengkapi dengan fitur proteksi web untuk mengunduh file, layanan VPN dengan menyembunyikan alamat IP,  dan fitur pemindaian wifi untuk akses internet yang lebih aman.

2. Norton360 Mobile Security

Sama seperti versi desktop-nya, Norton Mobile Security juga masuk ke dalam daftar antivirus terbaik 2024 untuk Android. Menariknya, aplikasi ini juga bisa didapatkan dengan gratis melalui aplikasi Google Playstore. 

Norton360 akan memberikan lapisan keamanan yang kuat untuk ponsel Anda. Aplikasi ini juga menawarkan VPN dengan fitur antivirus Wifi Analyzer dan Ad Blocker.

Dengan fitur ini, ponsel akan terlindungi dari dari ancaman malware, spyware, dan ancaman online lainnya. Anda pun dapat mengakses ajb perbankan hingga belanja online dengan lebih aman. 

3. Trend Micro Mobile Security

Aplikasi terakhir dalam daftar antivirus terbaik 2024 untuk Android yang kami rekomendasikan adalah Trend Micro Mobile Security. 

Aplikasi ini mampu melindungi ponsel dari bahaya malware, ransomware, situs berbahaya, jaringan wifi yang tidak aman, dan masih banyak lagi. Keunggulan lain yang dari antivirus ini adalah mampu melindungi data privasi di media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. 

Itulah beberapa rekomendasi antivirus terbaik 2024 untuk perangkat PC atau laptop serta Android. Anda dapat memilih aplikasi dengan harga dan fitur yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Semoga membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb