Rumahweb Blog
banner blog - 7 Alat Podcast Yang Wajib Anda Persiapkan

7 Alat Podcast Yang Wajib Anda Persiapkan

Apakah Anda siap untuk terjun ke dunia podcast? Sebelum mulai melakukan produksi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah mempersiapkan alat podcast yang dibutuhkan.

Tidak hanya berbekal konten yang menarik saja, untuk dapat menarik banyak pendengar untuk mengikuti podcast yang Anda buat, Anda juga harus menyajikan audio yang berkualitas agar pendengar tetap bertahan mendengarkan podcast hingga selesai.

Lalu, bagaimana agar dapat menghasilkan kualitas audio yang baik? Langkah pertama dapat dimulai dengan berinvestasi pada alat podcast yang tepat dan berkualitas. Berikut 7 rekomendasi alat podcast yang harus dipersiapkan sebelum mulai memproduksi podcast:

1. Microphone

Audio adalah aspek utama yang wajib diperhatikan dalam membuat podcast. Kualitas suara yang baik akan membuat audiens betah mendengarkan podcast Anda. Meskipun topik bahasan podcast sangat menarik, namun jika kualitas audio yang dihasilkan tidak maksimal maka audiens akan malas untuk mendengarkan.

Untuk menghasilkan kualitas suara yang baik, akan lebih baik jika Anda berinvestasi pada microphone berkualitas. Ada beberapa podcast microphone yang dapat digunakan dengan harga yang berbeda-beda. Simak artikel ini untuk mengetahui rekomendasi podcast microphone terbaik yang dapat Anda gunakan.

2. Tripod Microphone

Meskipun terkesan sederhana dan trivial, tripod microphone adalah salah satu alat podcast yang harus Anda dimiliki. Ada beberapa jenis microphone yang memberikan tripod kecil secara gratis sebagai bonus, namun ada juga yang tidak menyertakan tripod.

Sesuai namanya, tripod berfungsi untuk meletakkan microphone agar dapat berdiri dengan stabil. Selain dapat menghindari tangan yang pegal akibat memegang microphone terus menerus dalam waktu lama, tripod juga dapat mempengaruhi hasil rekaman yang lebih stabil karena akan mengurangi pergerakan pada microphone.

3. Pop Filter

Salah satu faktor yang menentukan kualitas hasil akhir audio podcast adalah kejernihan atau kejelasan hasil rekaman. Terkadang ketika narasumber atau podcaster berbicara di depan microphone, akan muncul suara berdesis mirip angin atau letupan yang berasal dari mulut pembicara. Suara ini dikenal dengan istilah noise.

Untuk meminimalkan noise yang tertangkap oleh microphone atau recorder, Anda dapat menggunakan alat podcast bernama pop filter. Pop filter adalah alat podcast yang biasanya berbentuk seperti saringan yang diletakkan di depan microphone. Fungsi utama pop filter adalah untuk menyaring noise dan memperpanjang masa hidup microphone dengan melindungi microphone tersebut dari kontak langsung dengan podcaster.

4. Headphone

Salah satu alat lain yang paling penting untuk dimiliki dalam membuat podcast adalah headphone. Headphone dapat digunakan untuk melakukan monitoring audio selama rekaman, mendengarkan hasil rekaman, serta monitoring audio selama proses editing audio.

Selain berbagai kegunaan tersebut, headphone juga sangat penting dimiliki ketika Anda ingin mengadakan remote interview atau wawancara jarak jauh via telepon atau platform lain dengan narasumber. Dengan headphone yang berkualitas, Anda tentu dapat mendengarkan suara narasumber dengan lebih jelas.

Ada beberapa rekomendasi headphone sebagai alat podcast yang dapat digunakan dengan harga yang bervariasi. Misalnya, Audio Technica ATH-M20x, ATH-M30x, dan sebagainya.

Satu hal yang perlu diingat dalam memilih headphone untuk alat podcast adalah disarankan menggunakan headphone tanpa microphone, karena kualitas suara yang didapatkan biasanya cenderung lebih buruk.

5. Audio Interface

Audio interface dibutuhkan sebagai salah satu alat podcast apabila Anda menggunakan menggunakan microphone analog, dan ingin merekam suara secara langsung ke komputer.

Alat podcast ini berfungsi untuk mengkonversi audio analog menjadi audio digital sekaligus sebagai penghubung antara microphone analog dan komputer, karena sebagian besar audio interface sudah dapat terhubung langsung ke komputer melalui USB atau Firewire.

Harga audio interface sangat bervariasi, tergantung dari merek dan spesifikasi. Beberapa audio interface dengan kisaran harga satu juta misalnya, Lexicon Alpha dan Focusrite Solo.

6. Komputer atau Laptop

Komputer atau laptop adalah alat podcast yang dibutuhkan selama proses produksi untuk merekam, mengedit, hingga mengunggah podcast. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan komputer atau laptop yang dapat berfungsi dengan baik. 

Sedikit berbeda dengan mengedit video, mengedit audio tidak membutuhkan banyak daya komputasi, sehingga Anda tidak perlu mempersiapkan perangkat dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. 

Selain mempertimbangkan daya komputasi, Anda dapat menyesuaikan komputer dengan proses perekaman podcast yang ingin dilakukan, apakah akan merekam langsung ke komputer atau melalui perangkat rekaman khusus terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan komputer memiliki port yang kompatibel dengan microphone yang digunakan. Misalnya, jika menggunakan microphone USB maka dibutuhkan port USB.

Atau jika menggunakan microphone analog dan alat podcast audio interface, dibutuhkan jack audio-in 3,5mm, port USB, serta dalam beberapa jenis audio interface, dibutuhkan juga port Firewire.

7. Digital Audio Workstation (DAW)

Untuk menunjang proses rekaman dan editing agar dapat menghasilkan audio podcast yang baik, Anda perlu memiliki digital audio workstation (DAW). Berbeda dengan alat podcast lainnya, DAW bukan perangkat fisik, melainkan software yang dapat digunakan untuk merekam dan mengedit audio.

Ada beberapa pilihan DAW yang dapat digunakan. Salah satu DAW dengan biaya berlangganan termurah adalah Adobe Audition, dengan harga sekitar $20 per bulan. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan layanan DAW gratis seperti Audacity, Reaper, atau Wavepad.

Berikut tadi beberapa rekomendasi alat podcast yang harus Anda persiapkan sebelum mulai memproduksi podcast. Perlu diingat bahwa Anda tidak harus memiliki berbagai alat podcast dengan harga paling mahal. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya dengan budget yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana