Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu adware Pengertian dan Cara Menghilangkannya

Apa itu Adware? Pengertian dan Cara Menghilangkannya

Apakah Anda pernah menjumpai pop-up atau notifikasi iklan yang tiba-tiba muncul ketika mengakses sebuah website? Tentu iklan ini terasa mengganggu. Adware adalah jenis software yang bertanggung jawab atas munculnya iklan tersebut.

Lalu, apa itu adware, apakah memiliki dampak serius, dan yang paling penting, bagaimana cara menghilangkannya? Dalam artikel ini Rumahweb telah merangkum jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum yang muncul mengenai adware!

Apa itu Adware?

Adware adalah singkatan dari advertising supported software yang dikembangkan untuk mendistribusikan iklan secara online (banner, video, gambar bergerak, dll.) ke software milik pengguna. Kini, adware banyak dimanfaatkan sebagai salah satu cara mendapatkan penghasilan di internet. 

Adware memang terlihat tidak berbahaya. Namun faktanya, adware adalah salah satu golongan malware yang berbahaya! Adware dapat mengganggu dan mendistribusikan data pribadi milik pengguna, bahkan tanpa sepengetahuan pengguna tersebut. 

Tidak hanya data pengguna yang didistribusikan tanpa izin, dampak lain yang dapat ditimbulkan karena adware adalah dari segi user experience, produktivitas user, hingga aktivitas komputer yang terhambat karena kemunculan adware. Mengapa demikian?

Bayangkan saja, ketika Anda sedang mengakses sebuah situs untuk mencari informasi, tiba-tiba ada pop-up iklan yang muncul, dan Anda harus menghilangkan pop-up ini agar bisa melanjutkan aktivitas Anda di website tersebut.

Konten iklan yang ditampilkan pun beragam, mulai dari konten dewasa atau pornografi, platform judi, investasi, kartu kredit, dan masih banyak lagi. 

Salah satu bahaya kemunculan adware yang bisa terjadi adalah adlware tersebut akan mendownload dan menginstall software perangkat tanpa sepengetahuan Anda. Hal ini tentu berpotensi pada kerusakan perangkat hingga hilangnya data. 

Jenis-Jenis Adware

Setelah memahami tentang pengertian Adware, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis adware agar dapat lebih berhati-hati dan menjaga keamanan data pribadi yang dimiliki. Secara umum, adware dapat dibagi menjadi dua jenis, berdasarkan perangkat yang digunakan.

1. Adware Komputer

Pemilik laptop atau PC dengan sistem operasi Windows, Linux, maupun MacOS, tentu  sudah tidak asing lagi dengan berbagai situs ilegal tempat Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi secara gratis, bukan?

Kelalaian dalam mengunduh software atau aplikasi dari situs ilegal bisa menjadi awal mula kemunculan adware pada perangkat Anda. Adware akan tetap ditemui dan akan tetap merusak perangkat, meskipun Anda sudah menambahkan antimalware.

Beberapa tanda yang biasa muncul pada perangkat yang diindikasi terinfeksi adware adalah sebagai berikut:

  • Iklan muncul terlalu sering di tempat yang tidak semestinya, contohnya hingga menutupi layar Anda.
  • Muncul pop-up yang menawarkan update software palsu.
  • Link yang ketika di klik tidak mengarah ke website yang sesuai.
  • Terinstall aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna.
  • Tampilan website yang biasa dikunjungi berubah.
  • Halaman utama mesin pencarian berubah tanpa sepengetahuan pengguna. 

2. Adware Android

Tak hanya menyerang perangkat komputer saja, adware adalah jenis malware yang juga memiliki kemampuan untuk menyerang smartphone

Apabila Anda merasa performa smartphone melambat, muncul pop-up notifikasi iklan pada layar, atau bahkan tiba-tiba ada aplikasi baru yang tidak Anda download, maka kemungkinan besar adware adalah penyebabnya.

Hampir sama dengan adware komputer, adware pada smartphone Android bisa terjadi apabila Anda mengunduh aplikasi atau mengunjungi situs ilegal, menggunakan smartphone. Adware bisa menyusup karena kurangnya optimasi SSL pada sebuah website.

Beberapa contoh adware pada Android yakni aplikasi Babylon, Opencandy, Go.Mail.Ru, Lightsout, dan MyStart Search.

Oleh karena itu, Anda perlu lebih teliti sebelum mengakses atau mengunduh aplikasi dari laman website ilegal demi menghindari adware yang masuk ke dalam smartphone Anda.

Cara Menghilangkan Adware

Adware adalah salah satu jenis malware berbahaya yang dapat menyusup ke perangkat komputer atau smartphone yang dimiliki. Dampaknya pun terbilang serius dari sisi pengguna dan data yang dimiliki. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir! Rumahweb akan membagikan informasi mengenai cara yang bisa dilakukan untuk menghapus atau menghilangkan adware dari perangkat Anda!

1. Cara Menghilangkan Adware di Handphone 

Adware adalah jenis malware bisa dihindari dengan tidak mengunduh aplikasi secara ilegal. Oleh karena itu, salah satu cara sederhana untuk menghindari bahaya adware adalah dengan mengunduh aplikasi dari sumber yang kredibel seperti Play Store atau App Store.

Lalu, bagaimana jika smartphone Anda sudah terinfeksi adware? Pada langkah-langkah berikut, kami menggunakan android versi 9. Berikut cara yang bisa digunakan untuk menghapus adware pada Android versi 9:

  • Buka menu Settings (Pengaturan) > Security and location (Keamanan)
Cara Menghilangkan Adware di Handphone android - menu setting
  • Pilih Device Admin apps (Perangkat Admin)
Cara Menghilangkan Adware di Handphone android - pilih device admin apps
  • Ponsel akan menampilkan aplikasi yang administratornya aktif. 
Cara Menghilangkan Adware di Handphone android - menu device admin apps
  • Jika Anda mencurigai sebuah aplikasi tertentu yang terinstall dan administratornya masih aktif, segera menonaktifkannya. Gambar dibawah ini hanya contoh saja, deactivate applikasi yang anda curigai.
Cara Menghilangkan Adware di Handphone android - deactivate apps
  • Selanjutnya, silahkan clear cache dan data pada android anda.
  • Kemudian hapus aplikasinya. 

2. Cara Menghilangkan Adware di Browser 

Google Chrome merupakan salah satu browser yang banyak digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa adware adalah salah satu jenis malware berbentuk iklan yang akan menampilkan pop-up iklan ketika Anda mengakses sebuah situs. 

Tips bagi Anda pengguna Windows, Linux, Mac, maupun Chromebook untuk “menghilangkan” adware berupa pop-up iklan yang dirasa sudah sangat mengganggu adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser Chrome.
  2. Klik More pada pojok kanan atas tampilan Google Chrome dengan lambang titik tiga vertikal.
  3. Lalu pilih menu Setting (Pengaturan) > Advanced (Opsi lanjutan)
menu advance di chrome
  1. Pilih menu Reset and Clean Up (Setel ulang dan bersihkan)/
Reset and Clean Up
  1. Pilih Restore settings to their original defaults (Pulihkan pengaturan ke default aslinya).
Restore settings to their original defaults
  1. Klik Reset Settings (Reset Setelan).
Reset Settings

Demikian penjelasan dari Rumahweb mengenai adware. Pastikan Anda selalu teliti ketika mengakses sebuah website, dan mengecek aplikasi yang terinstall untuk menghindari adware pada perangkat Anda.

Untuk kebutuhan website yang aman, pastikan Anda menggunakan layanan domain dan hosting terbaik dari Rumahweb yang telah didukung dengan fitur imunify360 dan SSL gratis.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb