Rumahweb Blog
banner - Apa itu adware adalah

Apa itu Adware? Pengertian dan Cara Menghilangkannya

Pernah terganggu dengan pop-up iklan yang tiba-tiba muncul ketika Anda mengakses sebuah website? Ternyata, iklan ini termasuk dalam salah satu jenis malware! Adware adalah jenis malware yang bertanggung jawab atas munculnya iklan-iklan mengganggu tersebut.

Lalu, apa itu adware, apakah ada dampak serius, dan yang paling penting, bagaimana cara menghilangkannya? Dalam artikel ini Rumahweb Indonesia telah merangkum jawaban atas pertanyaan yang muncul mengenai adware. Simak selengkapnya!

Apa itu Adware?

Adware adalah singkatan dari advertising supported software. Adware dikembangkan untuk mendistribusikan iklan secara online, baik dalam bentuk banner, video, gambar bergerak, dan masih banyak lagi, ke software pengguna.

Dalam perkembangannya, adware banyak dimanfaatkan oleh blogger atau pemilik website sebagai salah satu cara mendapatkan penghasilan di internet. 

Meskipun mengganggu, banyak yang mengira bahwa adware tidak membahayakan. Namun faktanya, adware adalah salah satu golongan malware yang berbahaya!

Adware dapat mendistribusikan data pribadi tanpa sepengetahuan pengguna. Tak hanya itu, adware bahkan bisa mendownload dan menginstall aplikasi tanpa seizin pengguna! Mengerikan, bukan?

Adware juga dapat menimbulkan dampak lain, seperti menurunnya user experience, produktivitas user, hingga aktivitas komputer yang terhambat. Mengapa demikian?

Bayangkan saja, ketika Anda mengakses sebuah situs untuk mencari suatu informasi, tiba-tiba ada pop-up iklan yang muncul. Mau tak mau, Anda harus menghilangkan pop-up ini agar bisa melanjutkan aktivitas Anda di website tersebut.

Konten iklan yang ditampilkan pun beragam, mulai dari konten investasi, kartu kredit, hingga yang eksplisit, seperti konten pornografi atau platform judi.

Jenis-Jenis Adware

Setelah memahami tentang pengertian Adware dan bahayanya, Anda juga perlu mengetahui berbagai jenis adware agar dapat lebih berhati-hati dan menjaga keamanan data pribadi. Secara umum, adware dapat dibagi menjadi dua jenis, berdasarkan perangkat yang digunakan.

Adware Komputer

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengguna laptop atau PC, apapun sistem operasinya, sering menggunakan situs ilegal untuk menonton film atau mengunduh aplikasi secara gratis.

Berbagai situs ilegal ini memang tidak terlihat membahayakan, bahkan mungkin banyak yang merasa situs-situs ini justru menguntungkan, karena menghemat biaya berlangganan.

Sayangnya, ada banyak bahaya yang dapat mengintai Anda. Kelalaian dalam mengunduh software atau aplikasi dari situs ilegal bisa menjadi awal kemunculan adware pada perangkat.

Faktanya, adware akan tetap muncul dan merusak perangkat, meskipun Anda sudah menambahkan antimalware.

Beberapa tanda yang biasa muncul pada perangkat yang diindikasi terinfeksi adware adalah sebagai berikut:

  • Iklan muncul terlalu sering di tempat yang tidak semestinya, contohnya hingga menutupi layar.
  • Muncul pop-up yang menawarkan update software palsu.
  • Link yang tidak mengarah ke website yang sesuai.
  • Terinstall aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna.
  • Tampilan website yang biasa dikunjungi berubah.
  • Halaman utama mesin pencarian berubah. 

Adware Android

Tak hanya menyerang perangkat komputer saja, adware adalah jenis malware yang dapat menyerang smartphone

Beberapa tanda yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda merasa performa smartphone melambat, muncul pop-up notifikasi iklan pada layar, atau bahkan tiba-tiba ada aplikasi baru yang tidak Anda download. 

Hampir sama dengan adware komputer, adware pada smartphone Android bisa muncul ketika Anda mengakses situs-situs ilegal menggunakan smartphone. Beberapa contoh adware pada Android antara lain, aplikasi Babylon, Opencandy, Go.Mail.Ru, Lightsout, dan MyStart Search.

Penurunan performa perangkat, kebocoran data pribadi, bahkan hingga kehilangan data pribadi karena adware mengintai sewaktu-waktu. Oleh karena itu, Anda perlu lebih teliti sebelum mengakses atau mengunduh aplikasi dari website ilegal demi menghindari adware yang masuk ke dalam smartphone atau laptop dan PC.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Iklan Di HP Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Adware

Adware adalah salah satu jenis malware berbahaya yang dapat menyusup ke perangkat komputer atau smartphone. Dampaknya pun bervariasi, mulai dari menurunnya user experience, hingga menghilangnya data pribadi. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir! Berikut kami rangkum cara menghindari adware dari perangkat komputer dan handphone dengan mudah!

1. Cara Menghilangkan Adware di Handphone 

Cara paling mudah untuk menghindari adware adalah dengan tidak mengunduh aplikasi secara ilegal. Oleh karena itu, salah satu cara sederhana untuk menghindari bahaya adware adalah dengan mengunduh aplikasi dari sumber yang kredibel, seperti Play Store atau App Store.

Lalu, bagaimana jika smartphone sudah terinfeksi adware? Berikut cara yang bisa digunakan untuk menghapus adware pada Android:

  • Buka menu Settings (Pengaturan) > Security and location (Keamanan)
Cara Menghilangkan Adware di Handphone android - menu setting
  • Pilih Device Admin apps (Perangkat Admin)
Cara Menghilangkan Adware di Handphone android - pilih device admin apps
  • Ponsel akan menampilkan aplikasi yang administratornya aktif. 
Cara Menghilangkan Adware di Handphone android - menu device admin apps
  • Jika Anda mencurigai sebuah aplikasi tertentu yang terinstall dan administratornya masih aktif, segera menonaktifkannya. Gambar dibawah ini hanya contoh saja, deactivate applikasi yang anda curigai.
Cara Menghilangkan Adware di Handphone android - deactivate apps
  • Selanjutnya, silahkan clear cache dan data pada android anda.
  • Kemudian hapus aplikasinya. 

2. Cara Menghilangkan Adware di Browser 

Selain menginstall aplikasi tanpa izin pengguna, adware juga sering muncul dalam bentuk iklan yang mengganggu. Berikut tips bagi pengguna Windows, Linux, Mac, maupun Chromebook untuk “menghilangkan” adware berupa pop-up iklan yang dirasa sudah sangat mengganggu di browser Google Chrome.

  1. Buka browser Chrome.
  2. Klik More pada pojok kanan atas tampilan Google Chrome dengan lambang titik tiga vertikal.
  3. Lalu pilih menu Setting (Pengaturan) > Advanced (Opsi lanjutan)
menu advance di chrome
  1. Pilih menu Reset and Clean Up (Setel ulang dan bersihkan)/
Reset and Clean Up
  1. Pilih Restore settings to their original defaults (Pulihkan pengaturan ke default aslinya).
Restore settings to their original defaults
  1. Klik Reset Settings (Reset Setelan).
Reset Settings

Meskipun terlihat tidak membahayakan, adware adalah salah satu jenis malware yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda teliti ketika mengakses sebuah website, dan mengecek aplikasi yang terinstall untuk menghindari adware pada perangkat. Semoga membantu!

Untuk kebutuhan website yang aman, pastikan Anda menggunakan layanan domain dan hosting terbaik dari Rumahweb yang telah didukung dengan fitur imunify360 dan SSL gratis.

Demikian tadi artikel kami tentang apa itu adware beserta cara menghilangkannya pada HP Android dan laptop, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb