Rumahweb Blog
banner blog - 6 langkah memulai beauty blog yang sukses dan mendatangkan uang

6 Langkah Memulai Beauty Blog Yang Sukses dan Mendatangkan Uang

Apabila mode dan kecantikan adalah dua bidang yang sedari dulu Anda gemari, maka mulai membangun beauty blog Anda sendiri merupakan langkah awal yang tepat untuk mengubah hobi menjadi ladang pemasukan. Meskipun kini tengah ramai digandrungi, tapi beauty blogging merupakan genre dengan audiens yang amat spesifik.

Dengan pemilihan tipe website yang tepat, ketekunan, dan keunikan dalam menyajikan konten, potensi untuk sukses di bidang ini amat terbuka lebar. Mungkin banyak orang yang sudah punya niat, tapi pertanyaan selanjutnya di benak mereka adalah: mau mulai dari mana?

Melalui artikel ini, kami akan membeberkan bagaimana caranya memulai dan menjalankan beauty blog yang sukses dan bisa mendatangkan pundi-pundi uang. Ikuti enam langkah kunci ini, dan mulai bangun kerajaan blog-mu!

1. Jangan salah pilih platform untuk website-mu!

Bagi yang masih awam dengan web design, dihadapkan dengan pilihan platform website yang beragam saat baru akan mulai membuat blog mungkin bakal bikin cukup kewalahan. Saran dari kami, Anda pilih saja paket WordPress Hosting dari Rumahweb. Karena sejujurnya, sejauh ini WordPress masih jadi opsi terbaik yang tersedia. Banyak alasan kenapa WordPress unggul dibanding platform lainnya, antara lain:

  • Gratis! — WordPress merupakan content management system (CMS) open source yang tidak dipungut biaya, menjadikannya pilihan yang cocok bagi blogger pemula. (Kendati demikian, Anda tetap harus menyisihkan bujet untuk membayar biaya langganan hosting dan domain. Hanya saja, software-nya memang gratis)
  • Mudah dioperasikan — Tak hanya ramah digunakan untuk pemula, WordPress juga memiliki komunitas berskala global yang siap sedia mendampingi dan membantumu dalam perjalanan menelusuri seluk beluk WordPress.
  • Luwes — WordPress punya sifat yang sangat fleksibel, memudahkan penggunanya untuk melakukan kostumisasi website dan membangun blog dengan spesifikasi yang diinginkan.
  • Hak milik website sepenuhnya ada di tangan Anda — Berbeda dengan hosted website builder platform lainnya, ketika Anda sudah membuat website dengan WordPress, maka 100% Anda lah pemiliknya.

Penting untuk dicatat, bahwa ketika kami menyebut kata “WordPress” di artikel ini, kami merujuk pada WordPress.org yang bersifat self-hosted, bukan WordPress.com. Kendati punya nama yang hampir serupa, keduanya adalah dua hal yang berbeda.

2. Tentukan nama domain yang sederhana, catchy, dan mudah diingat

Mencari nama domain yang sempurna untuk blog bukan lah perkara sepele. Anda harus bisa menerjemahkan esensi konten yang akan Anda sajikan, ke dalam sebuah frasa unik yang tak hanya sejalan dengan kepribadian dan style Anda, tapi juga mudah melekat di benak pembaca. Jangan tergesa-gesa memutuskan, luangkan waktu yang cukup untuk melakukan brainstorming beberapa pilihan yang potensial dijadikan nama domain.

Saat pembelian domain dan hosting plan sudah dilakukan, langkah selanjutnya yang dibutuhkan adalah meng-install tema WordPress yang paling sesuai untuk konsep blog Anda. 

3. Pilih-pilih tema yang cantik sebagai layout utama tampilan blog

Umumnya, WordPress bakal memberikan default theme di awal. Tapi tentu saja, karena blog Anda akan membahas segala sesuatu yang berbau mode dan kecantikan, tampilan dan tema website pun harus disesuaikan. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk menginstall tema yang memang dibuat spesifik untuk beauty blogging.

Beauty theme akan memastikan website Anda terlihat layaknya beauty blog yang sah, lengkap dengan elemen-elemen desain esensial yang pasti dibutuhkan oleh website semacam ini. Tapi tentu saja, Anda bisa menyesuaikan konten, gambar, warna, dan detail-detail lainnya, agar lebih sejalan dan mencerminkan konsep branding yang ingin Anda tampilkan

Tersedia sederet WordPress theme yang bisa Anda pilih, baik yang free maupun premium. Ashe dari WP Royal — yang bisa Anda unduh melalui WordPress repository — merupakan salah satu free WordPress beauty blogging theme yang punya pilihan fitur yang impresif. Di antaranya ada:

  • Full-screen slider
  • Pilihan page layout yang beragam
  • Theme Customizer
  • Promo boxes dan banner ad space
  • WooCommerce support

Tersedia pula versi Pro dari Ashe, yang memungkinkan Anda untuk melakukan upgrade pada tema di masa mendatang, ketika website sudah makin tumbuh dengan jangkauan yang lebih luas.

4. Mulai install WordPress plugin

Kalau themes/tema punya andil dalam membentuk tampilan keseluruhan dari blog Anda, plugins berfungsi untuk menambahkan tombol-tombol yang lebih bersifat fungsional. Saat pertama kali memulai beauty blog, ada beberapa WordPress plugins yang perlu Anda pertimbangkan untuk install, agar website Anda memiliki kegunaan yang ekstra, antara lain:

  • MetaSlider — hias blog Anda menggunakan gambar-gambar cantik dengan menambahkan sliders di pages atau posts pilihan Anda. Hal ini bisa berguna untuk mencuri perhatian pembaca di pandangan pertama.
  • Optin Forms — Perpanjang daftar email dengan menampilkan optin forms yang menarik baik di posts maupun pages.
  • Instagram Feed — Tingkatkan pengikut akun Instagram Anda dengan memampangkan sekelumit foto-foto indah dari Instagram Anda di laman beauty blog

5. Mulai isi konten dengan tips-tips dan info kecantikan yang menarik dan unik

Seperti yang sempat disinggung di atas, bahwa beauty blogging adalah ranah media yang nieche alias punya audiens yang  spesifik. Oleh karena itu, blog Anda harus bisa menonjol di antara banyaknya blog-blog lain dengan tema serupa. Beberapa upaya yang bisa Anda upayakan untuk mengoptimalkan performa beauty blog Anda antara lain:

  • Lakukan diferensiasi konten

Perlu disadari bahwa saat ini orang yang serius berkecimpung menekuni beauty blogging amat banyak jumlahnya. Sebagai pendatang baru, Anda perlu hadir dengan ide yang baru dan menggelitik. Mengingat topik bahasan yang tidak terlalu beragam (tren make up, kesehatan kulit dan rambut, fashion), sudut pandang yang segar dalam mengupas tema-tema tersebut akan memberikan Anda poin plus di mata pembaca. Tapi ingat, selalu lakukan riset sebelum menyampaikan informasi ke pembaca. Jadi lah pembuat konten yang tak hanya kreatif, tapi juga kredibel dan bisa dipercaya.

  • Biarkan personaliti Anda bersinar!

Selain informasi yang bisa dipercaya dan selalu terkini, salah satu faktor sebuah blog enak diikuti adalah kemampuan sang pengurus blog yang bisa menciptakan koneksi dengan pembacanya dalam level personal melalui konten-kontennya.

Kalau Anda punya kepribadian yang supel dan pandai melucu, bisa salurkan energi itu ke konten yang Anda buat, baik berupa tulisan, foto, atau bahkan video. Ketika Anda bisa membuat nyaman pembaca dan membuat mereka seolah-olah sedang ngobrol santai dengan teman dekat, kemungkinan besar mereka akan kembali ke blog Anda akan makin tinggi.

  • Sesekali diniatkan memproduksi konten video

Saat sudah rutin membuat konten reguler berupa tulisan-tulisan informatif, atau foto-foto artistik yang sedap dipandang, ada baiknya tetap diselingi dengan tipe konten yang mungkin butuh usaha lebih untuk membuatnya: video. Melalui medium ini, Anda bisa melakukan diskusi atau pembahasan tentang tema yang hendak disampaikan dengan lebih ringkas, menarik, dan elaboratif.

Melalui video pula, poin ke dua yang disebut di atas bisa makin ditonjolkan. Misalnya, Anda bisa membuat video yang mendemonstrasikan cara pengaplikasian produk make up keluaran terbaru, atau tips mix and match fashion untuk acara tertentu. Cara-cara ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat audiens. Jangan lupa untuk membuka kanal YouTube sendiri, dimana Anda bisa mengunggah konten-konten video di sana, untuk nantinya tinggal di-embed di beauty blog Anda.

6. Monetasi blog dan belajar perlakukan blog sebagai hobi-bisnis

Begitu beauty blog telah diluncurkan, ini waktunya untuk memonetasinya. Ada banyak cara yang bisa ditempuh agar blog Anda berubah menjadi sumber penghasilan. Coba kita bahas satu-satu, ya..

  • Praktik afiliasi pemasaran

Salah satu metode yang sudah banyak terbukti mampu mendatangkan keuntungan dari sebuah beauty blog adalah melalui afiliasi pemasaran. Gaet produk-produk yang relevan untuk bekerja sama, dan promosikan produk-produk mereka melalui blog Anda. Tiap kali Anda menyebutkan nama produk dari partner, tambahkan link di page atau post Anda. Saat ada yang melakukan pembelian produk melalui link yang diklik di blog Anda, Anda akan memperoleh persentase bagi hasil dari pembelian tersebut.

Amazon Associates merupakan salah satu program afiliasi yang paling mudah diakses dan berpotensi mendatangkan untung paling besar. Gunakan Amazon SiteStripe tool untuk menambahkan affiliate links untuk tiap produk yang Anda sebutkan di beauty blog Anda. Hanya saja, perlu dipastikan bahwa Anda memilih produk dengan kualitas yang menjanjikan dan yang bisa Anda jamin kualitasnya. Salah-salah, bukannya untung, malah bisa kehilangan pembaca setia.

  • Tampilkan ads di laman blog

Menjual space iklan yang ada di beauty blog Anda bisa jadi strategi yang dipilih jika Anda ingin memperoleh penghasilan yang sifatnya bulanan. Namun, hal tersebut baru bisa terjadi apabila beauty blog Anda sudah memiliki traffic yang tinggi.

Pastikan juga bahwa merk dan produk-produk kecantikan yang beriklan di blog Anda merepresentasikan branding yang tengah Anda jaga dan demografi audiens yang Anda miliki. Selain untuk mendatangkan keuntungan, Anda juga ingin bahwa iklan-iklan ini meningkatkan nilai plus blog, bukannya mengurangi user experience-nya.

Pelajari selengkapnya tentang Google Adsense pada artikel : Tips Supaya Website Diterima Google Adsense

  • Mulai pikirkan untuk menciptakan produk Anda sendiri

Jika kebetulan Anda juga punya bakat di bidang desain, maka membuat dan menjual produk Anda sendiri merupakan pilihan yang bisa dipertimbangkan selanjutnya. WooCommerce merupakan plugin eCommerce yang memberikan kesempatan untuk mengubah blog biasa menjadi online store.

Tapi sebelumnya, fokus dulu pada membangun audiens yang loyal. Dengan begitu, kelak Anda punya target pasar yang sempurna untuk menjual produk-produk buatan Anda.

Berikan Komentar

Catra Wardhana