Rumahweb Blog
Situs Web Phising dan Bagaiman Menghindarinya

Situs Web Phising dan Cara Menghindarinya

Pernahkah secara tiba-tiba, Anda tidak bisa login ke akun media sosial milik Anda? Padahal Anda sudah yakin memasukkan informasi login yang valid. Atau yang lebih gawat, laman media sosial Anda berisi konten-konten yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, padahal Anda tidak mengunggahnya.

Kalau Anda pernah mengalami hal serupa, barangkali Anda baru saja masuk dalam jebakan web phising. Web phising adalah sebuah website penipuan, yang dibuat menyerupai halaman website tertentu dengan tujuan untuk mencuri informasi pribadi seseorang. Umumnya web phising dibuat menyerupai laman media sosial, yang dibuat untuk mencuri informasi login milik Anda. Dalam skala yang lebih besar, web phising bisa juga digunakan untuk mencuri informasi login (credentials) rekening bank dan sejenisnya, yang berpotensi merugikan Anda secara finansial dalam jumlah yang besar.

Website Phising sering kali berpenampilan dengan menyediakan kotak login username dan password, yang dimaksudkan untuk menjebak orang yang teledor login menggunakan halaman ini. Tujuannya adalah mereka akan mengambil detail login yang Anda inputkan, dan selanjutnya mungkin akun Anda tidak bisa dibuka lagi, diambil alih oleh pelaku phising.

Saat ini web phising sudah banyak sekali bertebaran di internet yang siap menunggu siapa saja yang teledor dan akan menjadi korbannya. Web phising sangatlah berbahaya. Bila Akun Anda terkena, maka tidak hanya akun itu akan hilang tidak bisa Anda gunakan lagi. Tapi yang paling parah, kemungkinan akun tersebut digunakan untuk spamming. Kalau sudah terjadi seperti ini, maka orang yang berteman dengan Anda mungkin saja akan berpikiran yang tidak tidak, berpikir mengapa Anda tega melakukan seperti itu. Lantas, apa saja sih ciri-ciri web Phising ? Bagaimana supaya kita terhindar dari Web Phising ? Berikut ini ciri-ciri web phising yang wajib Anda ketahui.

  1. Tampilan website yang sangat mirip dengan tampilan rujukannya.
  2. Alamat web / address bar tidak sesuai dengan alamat web asli yang dikunjungi. Sebagai contoh seharusnya Anda mengunjungi alamat www.facebook.com namun web phising menggunakan www.fatebook.com untuk mencoba mengecoh Anda , dll.
  3. Terdapat banyak link yang bila diklik akan mengarahkan Anda menuju ke halaman not found, atau mengarah ke halaman yang tidak berhubungan sama sekali dari artikel yang ada.
  4. Terdapat hal janggal lainnya yang tidak ada di alamat website Aslinya. Mungkin disana ada banyak animasi misal bintang jatuh, efek-efek lain di situs facebook, atau bahasa yang tidak biasanya seperti “Ayo Buat Akun Sekarang” yang pada website aslinya tertulis “Buat Akun Baru”.

Ciri-ciri web phising yang kami tuliskan diatas, adalah beberapa poin yang perlu Anda ketahui supaya Anda bisa nyaman ketika berselancar di internet. Bila Anda menjumpai beberapa ciri yang disebutkan diatas, dan Anda sempat memasukkan user dan password akun Anda, kami sarankan segera melakukan perubahan password akun Anda secepatnya melalui halaman web yang resmi. Selain itu tambahkan juga nomor telepon sebagai validasi untuk keamanan tambahan.

Namun bila Anda belum sempat login ke alamat website tersebut, Anda bisa juga tes apakah itu web phising atau tidak, dengan memasukkan user dan password yang asal-asalan. Bila ternyata bisa berhasil login dengan user dan password yang tidak sebenarnya, berarti bisa dipastikan web tersebut adalah web phising.

 

Cara Mengamankan Akun dari Web Phising

Bila kata Sandi sudah diganti oleh hacker web phising, Anda masih memiliki kesempatan untuk menyelamatkan akun Anda tersebut. Caranya :

  • Ingat-ingat terlebih dahulu user dan password asli Akun Anda.
  • Login ke alamat resmi situs dari akun Anda yang telah dicuri. Misalnya Anda kehilangan akun facebook. Silakan login ke www.facebook.com dan klik menu Lupa kata sandi.
  • Setelah itu Anda akan menerima link untuk mengubah kata sandi.
  • Silakan login ke email Anda, kemudian buka link reset kata sandi.
  • Dan akhirnya, Anda bisa mengubah kata sandi Anda kembali, dan akun tersebut bisa kembali lagi.

Demikian Artikel kami tentang cara mengetahui web phising. Semoga artikel kami bermanfaat untuk Anda dan Anda bisa lebih nyaman dan tenang ketika mencari informasi di internet. Tak lupa perlu kami ingatkan, untuk Anda yang ingin memiliki website dengan server yang aman, Anda bisa melakukan pemesanan domain dan hosting di Rumahweb Indonesia. Dengan biaya miring dan support bersahabat, Anda sudah bisa memiliki website yang keren.

 

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi