Rumahweb Blog
VPS dengan atau tanpa Control Panel?

VPS dengan atau tanpa Control Panel?

Control Panel VPS
Setidaknya ada 2 jenis control panel yang ditawarkan dalam paket VPS Rumahweb Indonesia yakni cPanel dan Plesk. Software yang ditujukan untuk memudahkan pengelolaan server dan akun hosting ini sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Perlu diketahui bahwa dengan menggunakan control panel, terdapat sejumlah memory yang secara konstan akan digunakan oleh proses-proses resident yang dijalankan oleh control panel tersebut.
cPanel misalnya, akan memakan sekitar 256MB RAM. Sedangkan Plesk akan memakan sekitar 200MB RAM.

Kapan Menggunakan Control Panel

Anda sebaiknya menggunakan Control Panel untuk alasan-alasan berikut :

  • Menjual Layanan Hosting
    Layanan hosting membutuhkan otomatisasi untuk beberapa aspek pengelolaan user. Sebagai contoh untuk provisioning akun pelanggan baru, akan lebih praktis jika Anda menggunakan control panel dibandingkan dengan jika Anda harus menambah user, mengkonfigurasi apache, FTP, DNS, dan berbagai fitur lain untuk pelanggan Anda.
  • Anda memiliki ratusan website dan email dalam satu VPS
    Untuk alasan yang sama dengan point sebelumnya, yakni kemudahan, akan lebih praktis jika Anda menggunakan control panel dalam VPS Anda.

Kekurangan Control Panel

Disamping penggunaan RAM yang tidak optimal, penggunaan control panel mengurangi fleksibilitas Anda dalam mengkonfigurasi VPS sesuai dengan kebutuhan.
Sebagai contoh Anda ingin mengkonfigurasi Apache dengan berbagai tambahan module, hal ini justru lebih susah dilakukan jika Anda menggunakan control panel.

Kapan Menanggalkan Control Panel

Anda sebaiknya menggunakan VPS tanpa control panel untuk alasan-alasan berikut :

  • High Load Website
    Jika Anda menggunakan VPS untuk mendapatkan performa maksimal untuk website, kami sangat menyarankan untuk tidak menggunakan control panel untuk memaksimalkan penggunaan resource hanya khusus didedikasikan untuk performa website tersebut.
    Selain itu tweaking pada Apache dan PHP menjadi lebih mudah dilakukan.
  • Kustomisasi
    Menggunakan control panel berarti membatasi tingkat fleksibilitas Anda dalam mengkonfigurasi VPS.

Managed Service VPS

Kami menyadari bahwa tidak semua dari pelanggan VPS memiliki keahlian mengelola server sendiri. Oleh karena itu kami menyediakan layanan Managed Service gratis untuk semua VPS.
Jadi tidak perlu ragu memilih layanan VPS tanpa control panel karena kami siap membantu dalam mengelola VPS Anda.

adminisasi