Rumahweb Blog
Banner - Apa Arti User Not Found dan Apa Penyebabnya

Apa Arti User Not Found dan Apa Penyebabnya?

Apakah Anda pernah menemui keterangan user not found  di media sosial seperti Instagram, padahal Anda merasa sudah mengetikkan username dengan benar dan tepat? Ada beberapa kemungkinan hal tersebut dapat terjadi.

Pada artikel ini, Rumahweb Indonesia akan menjelaskan tentang arti user not found hingga termasuk juga penyebabnya. Simak, ya!

User Not Found Artinya

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka user not found adalah susunan kata dalam bahasa inggris yang berarti “Pengguna Tidak Ditemukan”. Secara sederhana, user not found artinya keterangan dalam sebuah situasi ketika akun pengguna telah hilang atau mati karena alasan tertentu yang menyebabkan akun tersebut tidak bisa ditemukan di media sosial. 

Misalnya, pada media sosial Instagram, istilah ini kerap ditemui ketika Anda memasukan username di mesin pencarian Instagram. Namun keterangan yang ditemui justru “User Not Found”, yang artinya username pemilik akun tersebut gagal ditemukan oleh mesin pencari media sosial Instagram.

Keterangan user not found di Instagram pun dapat disebabkan karena beberapa faktor mulai dari username yang diganti hingga adanya pemblokiran.

Penyebab Terjadinya User Not Found

Munculnya istilah not found di database maupun media sosial tentu bukan tanpa sebab. Pada media sosial Instagram, keterangan user not found biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut:

1. Akun di nonaktifkan

Penonaktifan akun bisa terjadi sementara maupun permanen. Penonaktifan sementara di Instagram, merupakan tindakan untuk menonaktifkan akun untuk sementara waktu, yang bisa dilakukan dari sisi pengguna atau pemilik username karena alasan personal. 

Ketika akun dinonaktifkan untuk sementara, tentu username-nya juga tidak bisa ditemui oleh pengguna lain. Sehingga, ketika Anda mencari username pemilik akun tersebut, Anda akan menemui tampilan “User Not Found” atau keterangan seperti pada gambar berikut karena akun yang Anda cari sedang dinonaktifkan untuk sementara. 

user not found instagram

Namun, akun yang dimatikan sementara juga bisa menampilkan informasi seperti gambar berikut. Tampilan “Instagram User” tanpa menampilkan profil pengguna yang Anda cari bisa ditemukan ketika Anda membuka direct message pengguna, kemudian membuka profil pengguna tersebut.

arti user not found

Penonaktifan akun juga bisa dilakukan secara permanen oleh pemilik username karena alasan personal, atau bisa juga dari pihak Instagram langsung, atau dengan kata lain username telah diblokir dari Instagram.

Hal ini bisa terjadi karena bisa jadi pengguna media sosial telah melanggar aturan yang telah ditetapkan dan disetujui sebelumnya, hal ini juga bisa terjadi jika terdapat laporan dari pengguna lain yang melaporkan ke media sosial terkait terkait username yang mengganggu, sehingga hal ini bisa berpengaruh munculnya keterangan not found

Baca juga artikel : 10 Filter Instagram Terbaru yang Paling Hits di Tahun 2022

2. Penggantian Username

Username bisa menjadi identitas seseorang di media sosial, dan perubahan atau pergantian username akan sangat mungkin dilakukan setiap orang. Penyebab kedua munculnya keterangan user not found adalah perubahan username oleh penggunanya. 

Jika Anda mencoba memasukan username  lama dari pemilik akun, tentu akun tersebut tidak akan ditemukan, karena username tersebut sudah tidak digunakan. Oleh karena itu, Anda mungkin akan menemui keterangan user not found untuk akun yang dicari.

Maka, pastikan lagi bahwa username yang dimasukan sudah sesuai dengan username baru, agar tidak menjumpai keterangan not found seperti sebelumnya.

3. Akun Diblokir

Pemblokiran akun bisa dilakukan oleh pengguna lain atau dari Instagram. Pemblokiran akun pun bisa dilakukan karena alasan tertentu, entah itu alasan personal pengguna, atau ada ketentuan Instagram yang dilanggar oleh pengguna.

Apabila Anda mengakses suatu username namun tidak dapat menemukannya, maka ada kemungkinan Anda sudah diblokir oleh pemilik username. Cara mengetahui bahwa Anda diblokir atau tidak, Anda bisa mengonfirmasi kepada teman yang juga mengikuti pengguna yang dimaksud.

Jika teman Anda bisa menemukan akun tersebut, maka besar kemungkinan Anda diblokir oleh pemilik akun. Apabila teman Anda juga tidak bisa menemukan akun tersebut, bisa jadi akun tersebut diblokir oleh media sosial terkait. 

User Not Found pada WordPress

Selain terjadi pada sosial media, kendala user not found juga dapat terjadi ketika kita akan login ke suatu website. Ada beberapa kasus seperti di CMS WordPress, anda akan mengalami kendala ini.

Ada beberapa penyebab hal ini terjadi, namun alasannya hampir sama seperti user not found di sosial media. Namun pada kasus CMS WordPress, kendala ini bisa terjadi akibat permission pada table wp_usermeta keliru atau salah. Padahal, user Anda masih tersimpan pada table wp_user di database yang Anda gunakan.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab user not found pada website berbasis WordPress.

1. Database

Anda bisa melakukan pengecekan pada table user di database yang digunakan. Anda perlu memastikan bahwa user masih ada, serta ejaan nama user sesuai antara di database dengan user yang kita gunakan untuk login.

Pada CMS WordPress, cek juga di table wp_usermeta untuk memastikan permission usernya. Beberapa kasus permission di

2. Plugin Error

Kami pernah menemukan kondisi, dimana ada salah satu plugin error yang menyebabkan gagal login ke dashboard dengan pesan “user not found” atau “user does not exist“.

Untuk kendala ini, kami sarankan kepada Anda agar membaca file error_log yang bisa ditemukan pada directory website Anda. Jika anda menggunakan WordPress, cek di directory /wp-admin.

Anda bisa mencoba untuk mendisable all plugin WordPress melalui control panel hosting Anda, lalu coba kembali untuk login dengan username dan password Anda.

Sekarang, Anda sudah mengetahui pengertian dan penyebab user not found baik di media sosial hingga website? Semoga artikel ini membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.3 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )