Rumahweb Blog
banner blog - Update Instagram Terbaru yang Wajib Anda Ketahui

Update Instagram Terbaru yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan rutin membuat konten untuk media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Agar dapat memanfaatkan media sosial dengan baik, Anda tentu harus selalu up-to-date mengenai perkembangan fitur-fitur terbarunya.

Instagram adalah salah satu media sosial yang rajin meng-update fiturnya. Tahun ini, Instagram mengenalkan beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pemasaran produk. Simak beberapa update instagram terbaru selama tahun 2020 berikut:

1. Reels

Reels - Update Instagram Terbaru yang Wajib Anda Ketahui

Reels adalah fitur baru di Instagram yang menyerupai TikTok. Pengguna dapat merekam dan mengedit video dengan durasi 15-30 detik, untuk kemudian diunggah ke feeds atau Instagram Story.

Pada bulan Agustus 2020, Instagram secara resmi merilis fitur Reels di lebih dari 50 negara. Sayangnya, hingga saat ini Reels belum bisa diakses di Indonesia.

2. Perpindahan Tab Activity dan Camera

perpindahan-tab-activity-dan-camera-Update-Instagram-Terbaru-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Instagram melakukan perubahan desain di mana tab Activity dan Camera digantikan oleh tab Shop dan Reels. Di Indonesia, perubahan ini baru mencakup tab Activity yang dipindahkan ke bagian kiri atas, dan digantikan oleh tab Shop.

3. Product Tag pada Iklan Instagram

product-tag-Update-Instagram-Terbaru-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Awalnya, product tag hanya dapat disematkan pada post. Namun kini tag tersebut dapat disematkan juga pada iklan di Instagram. Dengan demikian, pengguna yang melihat suatu iklan dan merasa tertarik dapat langsung melihat detail produk, menambahkannya ke wishlist, atau melakukan pemesanan.

4. Penambahan Durasi Maksimal Live

Setelah sebelumnya Instagram Live hanya dapat dilakukan selama maksimal 60 menit, sekarang Anda dapat melakukan live hingga 4 jam. Instagram menjelaskan, penambahan limit ini untuk membantu mengadakan kelas online di Instagram, atau melakukan konser virtual bagi para musisi.

5. Live Shopping

Fitur Baru Instagram, Bisa Berjualan via Live

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, Live Shopping adalah fitur yang memungkinkan para pemilik bisnis untuk menjual suatu produk pada saat melakukan live broadcast. Sayangnya, untuk saat ini fitur Live Shopping baru tersedia di Amerika Serikat saja.

6. Update Messenger

update messenger - Update Instagram Terbaru yang Wajib Anda Ketahui

Apakah Anda sudah pernah mendapatkan notifikasi untuk melakukan update Instagram DM? Mulai bulan Agustus, Instagram DM sudah mulai digabungkan dengan Facebook Messenger. Dengan penyatuan ini, Anda dapat mengirimkan pesan ke kontak Messenger melalui Instagram.

Jika Anda sudah melakukan update, maka ikon Instagram DM yang identik dengan pesawat kertas akan berubah menjadi ikon FB Messenger.

7. Stiker Gift Card dan Food Order

Sebagai dampak dari pandemi Covid-19, Instagram merilis sticker Gift Card dan Food Order yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis-bisnis berskala kecil. Bagi Anda yang telah memiliki akun bisnis Instagram, sticker ini dapat digunakan setelah melakukan setting.

Dengan kedua sticker ini, audiens yang mengklik sticker akan diarahkan ke website bisnis terkait untuk melanjutkan pemesanan.

Pada tahun 2020, Instagram melakukan cukup banyak update fitur yang memudahkan para pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran maupun penjualan. Untuk dapat memaksimalkan pemanfaatannya, maka Anda harus tahu apa saja fitur yang ditawarkan dan bagaimana cara menggunakannya. 

Demikian informasi update fitur instagram terbaru dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda