Rumahweb Blog
Opengraph - Traffic Website Turun, Tanda Terkena Penalti

Traffic Website Turun, Tanda Terkena Penalti

Jika traffic dan ranking website Anda tiba-tiba menurun secara bersamaan, bisa jadi website terkena penalti dari Google. Penjatuhan penalti ini dapat dilakukan secara manual oleh tim Google, atau secara otomatis berdasarkan perhitungan algoritma.

Traffic website yang turun akibat penalti bisa berakibat cukup fatal, karena audiens tidak bisa menemukan website Anda dengan mudah. Meskipun sulit, Anda masih bisa menyelamatkan website dari penalti Google. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya.

Penalti Manual

Cara untuk mencari tahu apakah website terkena penalti manual dari Google adalah dengan login ke Google Search Console dan lihat apakah ada pemberitahuan dari Google yang menjelaskan bahwa ada backlink berkualitas rendah yang mengarah ke website, misalnya paid link.

Jika Anda menerima pemberitahuan tersebut, maka selanjutnya Anda dapat mencari link yang dimaksud, memperbaikinya, dan meminta website agar ditinjau ulang oleh pihak Google.

Algoritma Google

Terdapat dua jenis penalti berdasarkan algoritma Google, yaitu Panda dan Penguin. Panda adalah penalti yang diberikan berkaitan dengan kualitas konten, contohnya jika website berisi konten hasil duplikasi dari website lain, atau hanya memiliki sedikit konten, maka website tersebut tidak akan mendapatkan peringkat yang baik di pencarian Google.

Penguin adalah penalti yang diberikan berkaitan dengan backlink atau inbound link. Karena persaingan SEO, bisa jadi sebuah website akan berusaha mendapatkan backlink yang tidak wajar. Anda perlu berhati-hati dalam memberikan backlink pada website Anda, agar website tidak terkena penalti penguin. Beberapa contoh website yang harus dihindari antara lain:

  • Website yang sudah mendapatkan penalti dari Google,
  • Website dengan isi konten yang mirip atau hasil duplikasi website lain,
  • Website yang tidak memiliki korelasi tema dengan website Anda,
  • Spam link website pada kolom komentar,
  • Website yang memiliki sedikit konten,
  • Link iklan, pastikan Anda menggunakan tag nofollow jika memiliki link iklan pada konten website.
  • Website yang menyembunyikan link pada script-nya.

Traffic website turun adalah sebuah mimpi buruk bagi setiap pemilik website, terlebih jika penyebabnya adalah terkena penalti. Memperbaiki website yang terkena penalti bukanlah hal yang mudah.

Pastikan Anda selalu memperhatikan peraturan yang dimiliki oleh Google agar terhindar dari penalti. Pastikan juga Anda mengunggah konten berkualitas dengan backlink yang tidak mencurigakan menurut Google.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda