Rumahweb Blog
banner blog - Tools Social Media Gratis yang Wajib Dimiliki Tiap Pelaku Usaha Kecil

Tools Social Media Gratis yang Wajib Dimiliki Tiap Pelaku Usaha Kecil

Seperti yang sudah banyak dibuktikan, media sosial memiliki segudang manfaat. Bila digunakan dengan cerdik, media sosial bisa memiliki peran penting dalam menghasilkan pengikut loyal untuk bisnis Anda, mendatangkan traffic ke website, hingga membantu meningkatkan penjualan.

Namun, dengan segala keuntungan tersebut, bagi pelaku usaha kecil, mengelola media sosial bisa sangat melelahkan dan membuat kewalahan. Mempertahankan feed selalu terlihat fresh dan up to date bisa memakan banyak waktu dan menguras pikiran, terlebih jika ada deadline yang harus dikejar.

Berikut ini adalah enam social media tools populer yang akan membantu memangkas waktu yang Anda gunakan untuk mengurus media sosial, dengan tetap memastikan memperoleh hasil yang diharapkan.

Tweetdeck

Meskipun masih terbilang sederhana, menangani Twitter tetap bisa terasa merepotkan jika ada banyak konten yang mengantri untuk dibuat. Tweetdeck akan memudahkan Anda dalam mengontrol dan memantau banyak hal dalam satu waktu.

Sekilas, Tweetdeck memang hanya terlihat seperti homepage Twitter biasa dengan tambahan tab yang lebih banyak. Namun, setelah menyadari bahwa Tweetdeck memungkinkan untuk menambah kolom ekstra, barulah kekuatan sesungguhnya platform ini terlihat.

Mau membuat tab untuk melacak kegiatan kompetitor? Anda bisa dilakukan dengan membuat Twitter list dan menampilkannya di satu kolom tersendiri di Tweetdeck. Ingin memantau hashtag tertentu secara real-time? Bisa juga dibuatkan kolom tersendiri agar mudah terlihat.

FollowerWonk

Dalam mengelola media sosial, terkadang Anda akan merasa tidak berhasil menarik perhatian audiens yang tepat. Di saat seperti ini lah FollowerWonk berguna. Platform ini memungkinkan Anda untuk memastikan konten yang telah dibuat terhubung dan bertemu dengan orang yang sesuai dan meningkatkan kemungkinan campaign yang telah Anda jalankan menjangkau audiens yang disasar.

Buzzsumo

Buzzsumo bukan hanya tools untuk social media saja, tapi masih cocok masuk dalam daftar ini. Seperti halnya FollowerWonk, Buzzsumo bisa digunakan untuk mengidentifikasi akun influencer di Twitter. Namun, fitur unggulan dari Buzzsumo adalah kemampuannya untuk mengidentifikasi artikel berdasarkan topik atau keyword.

Artinya, tool ini bisa dimanfaatkan untuk mencari inspirasi untuk konten-konten yang sudah Anda rencanakan untuk buat. Bahkan, Buzzsumo bisa melacak siapa saja pengguna Twitter yang membagikan artikel-artikel dengan topik yang telah Anda tentukan tadi. Sehingga, saat membuat konten dengan tema serupa, Anda sudah tahu siapa saja audiens yang harus Anda puaskan dengan konten Anda tersebut.

Buffer

Menjaga feed media sosial agar selalu update memanglah hal yang krusial untuk dilakukan. Namun, namanya juga manusia, kadang ada saja luputnya.

Jika Anda seharusnya meng-update feed media sosial beberapa kali dalam sehari, tapi seolah tidak punya waktu untuk melakukannya. Atau jika Anda seharusnya mengunggah konten secara berkala, tapi secara tidak sadar malah menghabiskan waktu scrolling dan membaca konten dari orang lain, maka Buffer adalah tool yang cocok untuk Anda.

Buffer memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pengunggahan konten media sosial. Artinya, Anda bisa menyisihkan waktu satu jam setiap minggunya untuk membuat jadwal konten untuk satu minggu kedepan, dan biarkan Buffer mengunggahnya untuk Anda.

Tapi tentu saja, bukan berarti Anda bisa sepenuhnya tidak mengecek media sosial selama satu minggu. Karena pada akhirnya, interaksi dengan audiens juga penting untuk meningkatkan engagement.

Sprout Social

adalah salah satu social media tools yang berguna bagi bisnis yang memiliki lebih dari satu akun sosmed, untuk mengelolanya secara efisien. Sprout Social menawarkan berbagai fitur yang sangat berguna, termasuk memonitor banyak akun dalam satu waktu dan menampilkan angka-angka metrik kunci dari tiap akun.

Tools social mediaini dibanderol dengan harga $99 per bulan, sepadan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Namun, ada juga free trial yang bisa dicoba sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan.

Drum Up

Satu lagi tool yang berguna untuk mengkurasi konten. Bahkan, dengan menggunakan tool ini, mereka mengklaim bisa menghemat waktu Anda dalam mengelola Twitter, Facebook, dan LinkedIn hingga 90%.

Salah satu fitur paling berguna dari Drum Up adalah kemampuannya untuk menghubungkan feed blog langsung ke akun media sosial. Artinya, Anda bisa secara otomatis menambahkan post apapun dari blog Anda (atau orang lain) langsung ke feed media sosial.

Untuk setiap bisnis, media sosial memang alat bantu yang bisa sangat menguntungkan untuk berpromosi dan menguatkan branding. Namun, terlebih untuk pelaku usaha kecil yang kemungkinan tidak memiliki staf khusus untuk mengelola media sosial, keenam social media tools ini bisa dimanfaatkan agar kegiatan digital marketing bisa berjalan lebih mulus.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Catra Wardhana