Rumahweb Blog
banner blog - tips sukses menjadi penulis freelance

Tips Sukses Menjadi Penulis Freelance

Penulis lepas atau freelance writer merupakan profesi yang banyak ditekuni oleh generai milenial. Jam kerja yang fleksibel dan royalti yang lumayan menjadi alasan kenapa profesi ini diminati. Selain itu, akses pendidikan yang semakin membaik, mendorong banyak generasi milenial memiliki minat pada dunia kepenulisan.

Umumnya, profesi ini dilakoni sebagai pekerjaan sampingan untuk mengisi waktu luang kuliah atau mengisi waktu luang dari pekerjaan formal di kantor. Ada beberapa kata kunci untuk menjadi penulis freelance yang sukses, Rumahweb Indonesia akan mengulasnya di artikel blog kali ini.

1. Menentukan Niche

Niche adalah spesialisasi pada topik tulisan yang akan digarap. Setiap penulis memiliki minat yang berbeda dan spesial pada bidang-bidang tertentu. Ada penulis yang memiliki minat tinggi pada bidang sosial, agama, teknologi, otomotif, kuliner, dan seterusnya. Pilihlah niche pada bidang yang paling Anda kuasai untuk ditawarkan pada klien.

Penentuan niche yang tepat sesuai dengan bidang yang Anda kuasai, pada akhirnya akan menentukan mutu dari tulisan yang Anda buat. Anda tidak mungkin menulis sesuatu yang tidak Anda kuasai bukan?

2. Komunikasi Dengan Klien

Sebelum menerima pekerjaan, pastikan Anda dan klien sudah memiliki kesamaan pandangan tentang topik yang akan ditulis. Lakukanlah brainstorming dengan klien dan pahami apa yang mereka harapkan dari tulisan yang akan digarap.

3. Banyak Membaca

Anda hanya bisa menulis kalau Anda membaca. Selalu luangkan waktu untuk membaca buku, jurnal, wikipedia maupun artikel online. Membaca sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan kosakata. Semakin banyak Anda membaca, semakin terampil Anda menulis.

4. Bangun Jaringan Penulis

Berkenalan dan membangun jaringan dengan sesama penulis akan memberikan banyak benefit. Anda bisa bertukar wawasan, bertukar referensi, dan tidak mustahil, Anda akan mendapatkan informasi pekerjaan dari penulis yang lebih senior.

5. Belajar Bernegosiasi

Ketika Anda sudah merasa terampil dan memiliki kapabilitas yang layak sebagai penulis, jangan ragu untuk bernegosiasi dengan klien. Hargai kerja keras Anda secara layak. Lakukan riset untuk bisa mengukur, menilai dan menentukan harga yang tepat.

6. Mendapatkan Testimoni

Ketika pekerjaan Anda selesai dan klien merasa puas, tidak ada salahnya Anda meminta testimoni dari mereka, untuk kemudian Anda tampilkan dalam halaman portofolio di akun media sosial ataupun website pribadi.

Testimoni sangat penting untuk meningkatkan reputasi Anda sebagai penulis. Pada akhirnya, secara tidak langsung akan menaikkan nilai jual Anda kepada calon klien yang lain.

Penutup

Menjadi penulis freelance tidak mustahil bisa menjadi pekerjaan yang ideal bagi Anda. Waktu kerja yang fleksibel bisa Anda manfaatkan untuk menggeluti pekerjaan di bidang yang lain, sesuai dengan hobi dan minat. Semoga tips sukses menjadi penulis freelance ini bisa memberikan anda insiprasi dan motivasi, untuk terus berproses secara kreatif dan menjadi seorang penulis yang handal.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi