Rumahweb Blog
banner blog - tips-tips dasar pemasaran di media sosial untuk pemula

Tips Pemasaran Produk di Media Social Untuk Pemula

Media sosial secara de facto telah menjadi platform digital mainstream yang menjadi tempat di mana orang-orang di seluruh dunia bertemu dan saling mengenal satu sama lain. Media sosial kini menjadi media yang sangat efektif untuk menyebarkan gagasan, mengiklankan produk, dan bahkan membentuk opini publik.

Bagi Anda yang sedang merintis sebuah bisnis startup, media sosial bisa dimanfaatkan secara optimal untuk pemasaran online. Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia ingin berbagi tips pemasaran produk di media sosial untuk pemula.

1. Sebarkan Iklan Secara Masif di Semua Akun Media Sosial

Secara rutin lakukan posting produk ke semua akun media sosial yang Anda miliki secara bersamaan dan masif. Semakin banyak Anda memposting produk di berbagai media sosial populer, semakin besar kemungkinan posting Anda terindeks oleh mesin pencari dan menjadi viral.

2. Publish Ulang Posting Lama dan Update Konten

Apabila lini produk yang Anda miliki hanya itu-itu saja, jangan ragu untuk secara rutin melakukan publish ulang posting-posting lama supaya kembali terbaca oleh audience (relasi, follower dan publik).

Lakukan update, apabila ada konten yang memang perlu disesuaikan (harga, atau detil yang lain).

3. Lakukan Penjadwalan Post Untuk Malam Hari

Media sosial seperti Facebook memiliki fitur post terjadwal (schedule post) untuk pemilik fanspage. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan posting secara otomatis pada waktu-waktu yang ditentukan. Buatlah posting terjadwal untuk waktu malam hari, karena media sosial diakses oleh orang di seluruh dunia selama 24 jam.

4. Manfaatkan #Hashtagh

Hashtag adalah fitur canggih di media sosial, yang bisa Anda manfaatkan untuk menautkan posting iklan Anda di media sosial. Dengan membuat hashtag, posting Anda akan ikut terbuka di hasil pencarian hashtag media sosial yang dilakukan oleh pengunjung.

Jangan menulis hashtag yang tidak berhubungan dengan produk yang Anda jual, karena itu justru akan merugikan Anda apabila ada pengguna media sosial yang melaporkannya sebagai penyalahgunaan. Tulislah hashtag secukupnya dan hanya yang berhubungan dengan produk yang Anda jual.

5. Gunakan Visual Yang Mempesona

Apabila memungkinkan, pergunakan visual yang menarik dalam setiap posting di media sosial. Pergunakan gambar dengan kualitas yang baik dan mempesona. Visual yang baik akan mendatangkan cinta pada pandangan pertama.

Apabila memungkinkan, Anda bisa menggunakan jasa fotografer atau desain grafis profesional, untuk menciptakan visual dengan kualitas dan artistik yang terbaik.

Kunci utama dari pemasaran adalah konsistensi dan ketekunan. Apabila Anda jalani semua langkah-langkah di atas dengan berkelanjutan, media sosial bisa menjadi tempat yang efektif untuk pemasaran.

Demikian beberapa tips pemasaran di media sosial untuk pemula. Semoga bisa memberikan Anda pandangan dan inspirasi untuk meningkatkan pemasaran produk bisnis Anda. Salam sukses.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi