Rumahweb Blog
Tips menulis yang efektif di internet

Tips Menulis Yang Efektif di Internet

Komunikasi adalah hambatan paling fundamental dalam proses penyampaian informasi. Komunikasi yang tidak efektif seringkali menciptakan miskomunikasi, yang dalam jangka panjang, konsekuensi terburuknya bisa menyebabkan sebuah organisasi mengalami kegagalan.

Masalah komunikasi acapkali juga terjadi dalam media online. Banyak media online yang ditulis dengan tidak efektif, yang menyebabkan para pengunjungnya mengalami kesulitan untuk memahami informasi yang disampaikan. Yang lebih fatal, banyak pengunjung yang akhirnya tidak tertarik untuk mengeksplorasi media online milik Anda, lantaran konten-konten di dalamnya ditulis dengan buruk.

Apabila Anda sedang membangun website untuk bisnis, membangun website berita, blog dan sejenisnya, sangat penting untuk mengetahui konsep dan bagaimana menulis yang efektif di internet. Kali ini Rumahweb Indonesia ingin berbagi wawasan dan tips menulis yang efektif di internet.

 

1. Riset dan Pendalaman Materi

Mustahil Anda mampu menulis, jika tidak didahului dengan membaca. Apabila Anda ingin menulis artikel tentang makanan soto misalnya, maka Anda harus membaca terlebih dulu materi-materi tentang soto. Mulai dari sejarahnya, bahan baku, proses memasak, variasi rasa, dan seterusnya.

2. Keep it Simple

Pada prinsipnya, media online seperti website atau laman media sosial, tidak dirancang sebagai media yang berat dan panjang seperti jurnal ilmiah atau buku. Tulislah secukupnya, dan sesederhana mungkin. Contoh : ketika Anda menulis artikel tentang soto, fokus hanya membahas tentang soto, dan sampaikan dengan bahasa yang sederhana.

3. Keep it Short

Paragraf yang panjang akan membuat pembaca merasa lelah. Sebisa mungkin tulis artikel dengan singkat, namun tanpa menghilangkan esensi atau konten yang ingin disampaikan. Panjang tiap paragraf yang nyaman dibaca idealnya tidak lebih dari enam baris. 

4. Satu Halaman Cukup

Saat ini Anda mungkin sering menemukan artikel di internet yang dipecah-pecah menjadi beberapa halaman. Tujuannya supaya situs terkait mendapatkan klik yang lebih banyak dari tiap artikel yang ditulis. Pada kenyataannya, memecah artikel menjadi berhalaman-halaman tidak disukai pembaca, karena hal itu melelahkan dan juga membingungkan. 

5. Diksi Yang Tepat

Anda boleh menulis dengan diksi yang formal maupun informal, sesuaikan dengan target pembaca yang ingin Anda tuju. Jika Anda menulis artikel untuk situs profil perusahaan misalnya, maka gunakanlah bahasa yang formal dan sesuai dengan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia. Sebaliknya, apabila Anda menulis artikel tentang liburan, maka lebih tepat ditulis dengan diksi yang lebih santai dan pemilihan kata yang lebih kasual.

6. Kurangi Repetisi

Penggunaan kata, frasa atau kalimat yang terlalu sering diulang akan membuat artikel Anda terasa membosankan dan tidak menarik. Perbanyaklah membaca untuk menambah wawasan kosa kata, sehingga Anda mampu menulis dengan variasi yang lebih kaya dan indah. 

7. Pergunakan Jasa Content Writer

Kalau Anda merasa kurang terampil dalam hal menulis, atau mungkin tidak memiliki cukup waktu luang, jangan ragu untuk merekrut atau mempergunakan jasa penulis artikel. Anda bisa meminta beberapa portofolio dari jasa penulis artikel yang akan dipakai, supaya Anda bisa menakar dan menilai kemampuan dan kualitas kepenulisannya.

Demikian tips singkat tentang Tips Menulis Artikel Yang Efektif di Internet. Semoga sedikit banyak bisa memberikan Anda wawasan yang berguna, khususnya untuk memulai menulis di Internet. Salam sukses dari Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi