Rumahweb Blog
banner blog - beberapa tips mendasar untuk meningkatkan customer service

Beberapa Tips Mendasar Untuk Meningkatkan Customer Service

Customer Service adalah komponen utama dalam operasional sebuah bisnis, yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada puncaknya, customer service yang baik akan mendatangkan pelanggan yang loyal sehingga bisa menjamin keberlangsungan bisnis Anda di masa depan.

Apabila bisnis Anda bergerak dalam bidang jasa, customer service adalah produk inti yang dijual. Tanpa customer service yang baik, pelanggan akan meninggalkan bisnis Anda. Kali ini, Rumahweb Indonesia akan berbagi tips dasar tentang bagaimana meningkatkan customer service.

1. Mendengarkan Dengan Baik

Setiap customer Anda adalah seorang manusia yang nyata, mereka bukan robot atau mesin. Ketika mereka mengubungi Anda melalui telefon, chat atau email, mereka ingin supaya Anda memahami dengan baik permasalahan yang mereka sampaikan.

Sebelum memberikan respon, dengarkan dengan seksama setiap keluhan dari pelanggan dan pastikan Anda memahaminya.

2. Tumbuhkan Empati

Setelah Anda mendengarkan dan memahami apa yang customer sampaikan, cobalah membayangkan diri Anda berada di posisi customer. Boleh jadi, mereka adalah orang yang benar-sekali awam tentang produk yang Anda jual. Customer membutuhkan ketulusan hati Anda untuk membimbing mereka, langkah demi langkah untuk mempergunakan produk yang Anda jual.

3. Gunakan Bahasa Yang Positif

Customer adalah raja. Pilihlah kosakata dan diksi terbaik yang bisa Anda pikirkan untuk berkomunikasi dengan customer. Memang tidak selalu mudah, karena tidak setiap customer mampu menyampaikan pertanyaan atau keluhannya dengan positif. Anda membutuhkan manajemen emosi yang baik untuk mampu berkomunikasi secara positif dengan customer.

4. Tingkatkan Kemampuan Anda

Customer akan selalu berpikir bahwa Anda mengetahui segala masalah terkait dengan produk yang Anda jual. Faktanya, boleh jadi Anda sama-sama awamnya dengan customer dalam satu dan beberapa hal.

Meningkatkan kemampuan teknis berkaitan dengan produk Anda adalah proses yang harus Anda jalani secara terus-menerus. Sangat tidak efisien, ketika Anda masih selalu membuka laman mesin pencari untuk membantu masalah yang dihadapi customer.

5. Product Knowledge

Setelah semua proses komunikasi Anda jalani dengan sebaik mungkin, poin paling mendasar yang harus Anda kuasai adalah pengetahuan tentang produk yang Anda jual.

Ketika Anda menjual produk suplemen kesehatan misalnya, maka Anda harus memahami secara komprehensif produk tersebut : bahan dasarnya, kandungannya, manfaatnya, dan seterusnya.

Pengetahuan yang purna tentang produk, akan menjadi pondasi paling mendasar dalam setiap customer service yang terbaik.

Kesimpulan

Pada intinya, customer service adalah proses komunikasi antara penjual atau penyedia jasa dengan customer. Komunikasi yang baik dilandasi oleh ketulusan, kemauan untuk mendengar dan kesamaan persepsi. Ketika Anda sudah mampu mengoptimalkan aspek-aspek mendasar tersebut, maka Anda akan mampu menghadirkan customer service yang terbaik.

Demikian artikel tentang beberapa tips mendasar untuk meningkatkan customer service. Semoga sedikit banyak bisa memberikan Anda wawasan dan inspirasi untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam proses customer service. Salam sukses selalu dari Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi